4 Korean Variety Shows That Blown My Mind




Setelah teracuni oleh teman sekelas empat tahun lalu, sekarang aku jadi terbiasa dengan segala hal yang berhubungan dengan negeri ginseng, Korea Selatan. Bukan, bukan karena nge-fans sama boygroup/grilgroup-nya seperti para K-Addict kebanyakan, tapi aku lebih menyukai ranah industri kreatifnya.

Drama? Tentu.

Variety Show? Tunggu dulu.

Untuk hal yang satu ini, sejujurnya dalam dua tahun awal, aku tidak menonton variety show selain Running Man—sebuah city urban variety yang dibalut konsep misi. Sedangkan untuk yang lainnya itu jarang. Amat jarang malah. Aku pernah mencoba beberapa namun tidak terlalu cocok dengan seleraku.

Lalu, tibalah suatu ketika aku lagi bosan di kantor magang, aku menemukan sebuah variety show yang ‘aku banget’! Bermula dari sini, aku mulai mencari variety show sejenis. Variety show yang membuat mindblowing.

Nah, inilah datar empat variety show yang masih aku nikmati sampai sekarang.


1. The Genius Game



Jika kalian pernah menonton drama atau anime yang berjudul The Liar Game besutan Jepang dan menyukainya, maka kalian akan menyukai acara ini. Berkonsep yang sama dengan Liar Game, pada The Genius Game, semua kontestan yang berjumlah 13 orang harus survive setiap babaknya untuk masuk ke final di episode ke-12. Kontestan ini akan dibekali Garnet—sebuah benda berbentuk kubus yang bernilai $10.000, yang harus mereka kumpulkan hingga akhir permainan. Genius Game terbagi atas dua babak tiap episodenya yaitu Main Match dan Death Match. Para kontestan akan memainkan Main Match yang dapat berupa permainan aritmatik, sosial, dan sebagainya untuk memperebutkan garnet dan Token of Life—sebuah bandage yang membuat mereka aman dari pilihan Death Match. Satu kontestan yang kalah (atau dua orang dalam beberapa kondisi) akan menunjuk satu pemain lainnya untuk bertanding dalam Death Match. Saat ini, The Genius Game sudah memiliki 4 season dengan 1 season final.

Things I Like :

Permainannya! Permainannya didesain untuk memunculkan berbagai intrik bagi setiap pemain. Aliansi rahasia, pengkhianatan, kejeniusan pemain, intuisi, semuanya dapat kalian saksikan di sini.
Thins I Hate:

Season Two! Haha! Selera pribadi sih. Ada dua orang dari season 1 yang kembali main dan cukup mendominasi. (Tidak berlaku di S4 karena season final.)

Favorite Season : 3

Favorite Player : Oh Hyun-Min

Where You Can Watch : GOD BUMDI, KShowonline


2. Crime Scene



Crime Scene adalah variety show yang berkonsep role player di mana beberapa orang akan diberikan peran dalam sebuah kasus pembunuhan dan salah satu di antara mereka adalah pembunuhnya. Di sini, para pemain akan beradu alibi, mengumpulkan petunjuk di TKP yang sudah disediakan, dan melakukan deduksi untuk menentukan siapa yang akan mereka masukkan ke dalam ‘penjara’. Jika orang yang mereka masukkan ternyata adalah pembunuh sesungguhnya, maka semua yang menebak benar akan mendapatkan sejumlah uang yang dibagi rata pada mereka. Sebaliknya, jika bukan, maka pembunuh aslinya akan mendapatkan semua uang untuk dirinya sendirian. Saat ini, Crime Scene sudah berjalan sebanyak 2 season.

Things I Love:

Aku sangat menyukai cerita misteri atau pembunuhan. Pada season awal, semua kasus yang ada di dalam acara ini adalah nyata dan benar-benar terjadi. Semuanya terkesan nyata tentang bagaimana alibi dapat dibuat dan dipertahankan. Semuanya bikin stres, penasaran, tapi candu. Seru! Two thumbs up buat para staf yang membuat set megah dan sesuai sama kasusnya. :D

Things I Hate:

Beberapa episode awal di season one mungkin bagi sebagian orang akan berjalan amat lambat karena kasus yang ada dibagi menjadi dua episode. Tapi, tenang, di paruh keduanya sudah jadi satu kasus satu episode. :D

Favorite Season : 1

Favorite Player : Hani EXID

Where You Can Watch : GOD BUMDIKShowonline


3. Trick & True


Acara ini berbeda dari dua acara di atas. Trick & True besutan KBS ini menyajikan tontonan pertunjukkan teatrikal yang mana kita diminta menerka apakah pertunjukkan tersebut adalah science atau tipuan sulap. Akan ada tiga pertunjukkan tiap episodenya dan setiap selesai satu pertunjukkan, panelis akan beradu argumen apakah Trick or True. Saat ini, acara ini masih tayang karena baru saja rilis.

Things I Love:

Pertunjukkan yang disajikan selalu menghibur dan bikin kening berkerut!

Things I Hate:

NOOOOOTHING! Sejauh ini masih enjoy!

Where You Can Watch : GOD BUMDIKShowonline, Ikshow


4. Society Game


Acara ini merupakan acara terbaru yang dibuat oleh PD Genius Game. Memiliki konsep yang cukup berbeda dengan Genius Game di mana 24 kontestan akan dikurung di dalam desa buatan dan terbagi menjadi dua wilayah society. Satu adalah demokrasi [Napdong] dan satu adalah monarki [Madong]. Perbedaan dua daerah otonom ini adalah cara pemilihan ketua. Pada daerah demokrasi, ketua dipilih berdasarkan voting tiap harinya sedangkan pada daerah monarki, ketua dipilih di awal untuk selama periode bermain bila tidak ada yang membelot dan membunyikan gong. Kedua daerah ini akan beradu di daerah netral untuk memainkan sejumlah permainan yang berhubungan dengan ketangkasan, kekuatan, dan kepintaran hingga pada akhirnya akan tersisa tiga orang tiap tim yang akan melaju ke final. Saat ini masih tayang di TvN.

Things I Love:

EVERYTHING! Beda dengan permainan Genius Game, acara ini menyajikan permainan yang lebih beragam. Intriknya sangat terasa.

Things I Hate:

Mungkin waktu permainan yang hanya sepertiga dari keseluruhan tayangan. Karena yang ditonjolkan dalam acara ini adalah keadaan wilayahnya yang bergejolak.

Favorite Player: Han Byul

Where You Can Watch : GOD BUMDIKShowonline


#BONUS

Secret Room

Inti dari acara ini sih ada kode yang bertebaran dalam ruang terkunci. Para kontestan harus mencari kode itu lalu keluar dari ruangan. Sisa pemain lainnya akan menghadapi babak eliminasi. Aku sangat pengin nonton ini. Tapi, masih belum ada subtitle. Padahal sudah 2 season. :(






4 komentar:

  1. KNOWING BRO dan RUNNING MAN doonngggg *capslock sengaja dijeboin*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Running Man selalu nomor satu. Hahha. Tapi kalau mau cari variety yang 'mikir', empat ini boleh dicoba. Hahaha

      Hapus
  2. crime scene sih juaraaaa!! akting pemerannya keren sih, masing-masing bisa beralibi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap! Crime Scene tiap pemerannya menghayati sih. Kita juga diminta menebak. Jadi pusing sendiri. Hehehehe

      Hapus