Pertamina Enduro: Oli Andalan yang Bikin Motor Awet

Bisa dibilang selama aku berkegiatan, motor selalu jadi temanku. Ya, sudah puluhan tahun aku mengandalkan motor sebagai alat mobilitas aku bekerja. Aku masih ingat dulu pamanku yang setia meminjamkan motornya padaku untuk belajar mengendarai motor. Setiap minggu pagi, ia akan mengajakku ke lapangan rumput di dekat rumah. Ia pun duduk di belakangku sementara aku berusaha untuk menyeimbangkan pengendali motor. Yang kami lakukan hanya berputar-putar hingga akhirnya kendaliku mantap. Satu waktu, motor yang kukendarai jatuh dan ya, bikin kepala benjol ditambah luka bakar kena knalpot. Namun itu sama sekali tidak menghalangi langkahku untuk belajar.

Tepat di umur 17 tahun, aku dihadiahi sebuah motor Honda Karisma X warisan punya Papa tahun 2005 sebagai kendaraanku untuk mobilitas ke sekolah. Saat itu rasanya kayak kejatuhan dunia runtuh. Hasil belajar mengendarai motor dulu bisa langsung diaplikasikan langsung! Ya, meski pada kenyataannya motor itu tetap hanya digunakan untuk bolak-balik ke sekolah, namun aku sama sekali tidak protes. Itu adalah motorku yang pertama dan seharusnya aku bahagia, bukan?


Nah, tahun-tahun berlalu, namun motorku Karisma X masih setia menemaniku. Banyak momen-momen lucu nan seru yang kulewati bareng motor ini. Boncengin gebetan? Sudah tentu. Bahkan sampai jadi mantan pun motor ini yang jadi saksi. Yang paling kuingat tentu ketika motor ini membawaku menaiki gunung Tangkuban Perahu di Bandung beberapa tahun silam. Keren kan? Motor dengan usia lebih dari satu dekade ini masih mampu dibawa menanjak jalan gunung yang berkelok dengan tanjakan yang bisa bikin mengelus dada. Dan ketika ketemu teman-teman SMA pun semuanya pada kaget. Kok bisa motor ‘sakti’ ini awet sampai bisa kupakai hingga saat ini?

Rahasia Motor Awet

Orang bilang bahwa sesuatu yang dirawat pasti memiliki umur yang panjang pula. Dan aku setuju. Selama ini motor yang kugunakan bisa dibilang dirawat dengan baik. Meski kenyataannya karena motor tua, ada bagian rusak yang harus diganti, namun buktinya motor yang kupakai bisa awet sampai saat ini. rahasianya pun hanya satu: rutin merawatnya.

Untuk perawatan Si Biru, aku pun nggak macam-macam, kok. Cukup dibawa ke bengkel resmi untuk dicek apa saja yang perlu diperbaiki. Dan tak lupa, satu proses yang selalu kulakukan: ganti oli! Yap, ganti oli! Banyak yang beranggapan bahwa mengganti oli kendaraan cukup dilakukan lima bulan sekali atau selama motor masih menyala dan jalannya masih santai. Namun, tahukah kalian kalau oli mesin itu sangat penting bagi kendaraan dan salah satu rahasia kendaraan kita bisa jadi awet?

Oli mesin adalah satu cairan yang ada di ruang mesin. Saat kita menghidupkan kendaraan cairan ini dialirkan ke seluruh komponen mesin kendaraan oleh pompa oli. Dilansir dari berbagai sumber, banyak sekali fungsi dari oli mesin. Yang paling utama tentu sebagai pelumas. Pada saat mesin dihidupkan oli ini akan menyebar ke komponen mesin dan pergerakan inilah yang melapisi komponen tersebut. 

Dan pada saat digunakan, oli mesin ini melindungi komponen dari kerusakan. Komponen motor yang bergerak secara simultan tersebut kadang membuat mesin menjadi cepat aus sebab saling bergesekan dan peran oli mesin sebagai pelumas inilah yang dibutuhkan. Panas komponen akan diserap sehingga menjaga temperatur mesin.

Gerakan itu pun kadang membuat mesin jadi cepat panas. Dan dengan adanya pelumas yang berada di antara komponen, suhu dapat diturunkan. Hal ini pula yang jadi fungsi lainnya dari oli mesin. Dengan adanya lapisan itu, maka celah antara dua bagian yang bergerak seperti pistn dan silinder saat menghasilkan tenaga buat mesin. Dengan adanya perapatan ini, maka pembakaran akan jadi lebih maksimal sehingga motor jadi lebih bertenaga.

Oli juga dapat digunakan sebagai pembersih partikel-partikel yang dapat membuat motor cepat rusak seperti kotoran sisa pembakaran maupun partikel-partikel logam yang tergerus akibat gesekan. Oli mesin akan membawanya kemudian menyaringnya melalui filter oli sehingga kotoran tidak akan mengendap.

Mesin yang halus pun akibat dari oli yang ada. Biasanya gesekan saat motor dihidupkan menghasilkan suara yang bising dan oli pun dapat meredam suara yang mengganggu tersebut. Dan tentunya, terakhir oli dapat mencegah karat. Karat terjadi akibat oksidasi dari mesin yang terbuat dari logam. Nah, oli melapisi komponen mesin tersebut sehingga proses oksidasi dapat dicegah. Keren kan?

Untuk itulah, Si Biru selalu aku ganti oli secara rutin. Dengan mengganti oli performa dari kendaraan bermotor kita jadi jauh lebih prima. Mesin-mesin dapat terjaga dari kerusakan. Pun bagi kita yang mengendarainya, semuanya jadi serba mulus dan enak untuk diajak ke mana saja. 

Pertamina Enduro 4T Oli Terbaik Pilihanku

Kalau ditanya oli apa yang aku pakai sekarang, jawabannya hanya satu: Enduro 4T. Yap, sejak kemunculannya, oli ini selalu jadi andalan utama bagi Si Biru. Enduro 4T kupilih sebab motor Honda Karisma X-ku adalah motor 4 tak. Enduro 4T ini adalah oli motor terbaik yang memiliki nilai SAE 20W-50 yang cocok dengan motorku. SAE atau The Society of Automative Engineering adalah kemampuan suatu oli dalam menjaga stabilitas kekentalannya terhadap pengaruh suhu lingkungan.


Dan SAE 20W-50 mengindikasikan bahwa oli mampu menyesuaikan kekentalannya pada suhu rendah hingga suhu tinggi. Dengan begitu suhu yang dihasilkan itu stabil sehingga membuat mesin jadi bekerja lebih baik. Oli ini pun terbuat dari bahan dasar mineral yang memiliki kualitas yang tinggi dan aditif pilihan yang didesain khusus bagi motor 4-Tak.


Selain itu, oli ini juga memiliki standar JASO alias Japanese Automative Standard Organization yang memungkinkan kendaraan aman dan baik digunakan. Menurut klasifikasi dari GHS pun, oli ini tidak menimbulkan bahaya dalam kondisi normal. Dalam pemakaianku selama ini, oli ini terbukti mampu membuat mesinku terjaga. Jalan di medan apapun mulus begitu saja. Tarikannya mantap tanpa suara bising yang mengganggu. Pokoknya TOP deh! Dan lagi harga oli motor ini murah loh. Hanya Rp 30.000-an! 

Nah keunggulan lain dari oli motor ini adalah:

  1. Memiliki stabilitas shear yang sangat baik yang memudahkan sirkulasi pelumas saat mesin kendaraan dinyalakan. 
  2. Memberikan efek pendingin dan pelumasan yang opitimal. 
  3. Memiliki stabilitas oksidasi sehingga mencegah kontak langsung dengan air dan udara yang menyebabkan karat. 
  4. Menjaga kebersihan mesin. 
  5. Memberikan perlindungan yang optimal sehingga mencegah mesin aus. 
  6. Memberikan akselerasi yang optimal sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat. 
Jadi, nggak salah bukan kalau motorku awet sampai sekarang? Rahasianya hanya satu: rutin dirawat dan selalu pakai Pertamina Enduro 4T: Oli Terbaik Saat Ini!

23 komentar

  1. enduro memang bikin mesn awet dan tangguh
    saya juga pakai lo!

    BalasHapus
  2. Iya tarikan mesin jadi halus emang 🤩

    BalasHapus
  3. Saya jadi pengen pakai Enduro nih buat sepeda motor saya biar awet dan irit bahan bakar

    BalasHapus
  4. Jadi pengen coba deh suatu saat mudah-mudahan bisa dicoba.

    BalasHapus
  5. Wah lengkap banget tulisan nya, jadi makin tahu tentang oli mesin
    Makasih ya

    BalasHapus
  6. Wah oil yang rekom juga nih untuk mesin motor. Bisa jadi pembanding nantinya.

    BalasHapus
  7. Oli enduro bikin motor lama pun tetep awet dan mesin jadi halus ya

    BalasHapus
  8. Motorku udah agak aus nih mesinnya, tiba-tiba mati pas lagi berhenti sebentar, padahal mesinnya bukan kayak mesin motor terbaru yang otomatis itu. Kayaknya memang sudah harus beli pelumas yah

    BalasHapus
  9. Saya membuktikan sendiri pake oli Enduro. Akselerasi mesin makin enteng, dan mesin jadi lebih halus.

    BalasHapus
  10. Selain rutin mengecek kondisi motor, pilihan oli yang tepat juga membuat motor tetap sehat ya, Kak.

    BalasHapus
  11. keunggulannya menarik nih kak, apalagi motoku juga udah jadul jadi mesinnya perlu dirawat supaya tetap awet. Ntran aku saranin kakakku buat pakek Pertamina Enduro 4T

    BalasHapus
  12. oalah jadi selama ini oli enduro ini toh yang bikin motor suami awet dan jarang mogok hehe. saya tuh gak paham sama beginian, abis baca tulisan ini jadi sedikit ngerti. makasih infonya.

    BalasHapus
  13. Enduro emang bikin awet ya..
    Motor revo ku bisa bertahan satu dasawarsa ya karena pake enduro

    BalasHapus
  14. Enduro emang oli motor yang top markotop ya mas banyak keunggulannya. Dan konon motor pakai gigi itu lebih awet asal dirawat dg benar. Beda dg motor matic yang katanya juga gampang rusak...tapi kayaknya semua itu tergantung pemiliknya ya bagaimana dia merawat mesin motornya dg baik. Barangkali Enduro lah yang bisa membuat mesin motor awet.

    BalasHapus
  15. ngebantu performa motor biar tetep gasken dan awet ya kak, hihi. sungguh lo kirain mahal sampai 70 atau 80rb ternyata hanya 30rb, ketauan aku kudet banget soal oli krn pasti nyerahinnya ke bengkel servisan aja hihi

    BalasHapus
  16. Bener banget ini, sesuatu bakalan awet kalo dirawat. Aku juga rutin nih ganti oli untuk motor, secara setiap harinya dipake untuk jarak yang lumayan jauh. Nah memilih oli yg berkualitas seperti ini emang penting bgt

    BalasHapus
  17. Ngeri banget ih kalo beneran kejatuhan dunia runtuh. Typo kali ya. Mungkin maksudnya kejatuhan durian runtuh.

    BalasHapus
  18. Aku tuh gak ngerti per oli an. Ganti oli tuh biasanya sama bapak. Aku ngertinya per minyak gorengan, hahaha.. sesuatu banget nih baca postinganmu Mas. Dapat info banyak aku. Thanks

    BalasHapus
  19. Meskipun motornya sudah tua tapi kalau dirawat dengan baik peformanya tetap bagus ya. Apalagi ada oli andalan seperti Enduro

    BalasHapus
  20. Oli memang salah satu komponen penting sih, aku baru mulai rutin make motor sejak kerja, masih sambil cari-cari ilmu gimana sih ngurus motor, sejauh ini sih yang kutau emang oli itu penting banget. Enduro ini udah banyak yang ngerekomendasiin, aku jadi pengen ngeerasain sendiri

    BalasHapus
  21. Sesungguhnya aku nggak ngerti soal oli hahaha aku kasih tau anak2ku deh, soalnya yang pakai motor ya mereka bukan aku :)

    BalasHapus
  22. wah jadi mau coba pakai oli enduro, kebetulan kendaran saya matic, jadi cocok nih dengan kendaran yang saya pakai

    BalasHapus
  23. stamina motornya makin prima dan tarikannya gesit ya, saya juga pakai oli enduro buat mobil

    BalasHapus