Sia-sia?

"Tidak ada yang sia-sia di muka bumi ini, kecuali kau yang dengan sengaja mensia-siakannya.."



Dannnnn... gye balik lagi. Kini, gue bakal cerita pengalaman gue tadi siang. Menurut gue sih menarik. Let's check this out !!! :)


Tadi siang UTS Algoritma dan Pemrograman.. Soalnya lumayan sulit. Haha. Tapi ada satu hal yang buat menarik.. Saat ngerjain UTS tersebut, 10 menit awal, temen gue ngajak ngumpul ke depan. Dia bilang, dia udah selesai. Padahal soal kedua itu sulit lit lit.. -__- Gue hanya bisa geleng-geleng kepala ngeliatnya. Dengan muka berseri-seri gue pikir dia n mengerti soal. Dan selama UTS berlangsung, dia cuma nunggu, trus diem ga ngapa-ngapain.


Pas udah selesai ngumpul, gue penasaran dan nanya dia gimana jawabannya. Dia hanya tersenyum dan berkata "Gue gak ngisi nomor dua". Gue lumayan shocked karena kan soalnya cuma dua. Kalo ga ngisi berarti nilai yang dia dapet cuma 20. Setelah dilihat dan diperiksa oleh dosen, ternyata hampir semua dari mahasiswa jawabannya salah. Belum sempet gue berpaling, dia kembali bilang "Gimana hasilnya sama saja kan? Mendapat nilai kecil di kelas ini, itu mah namanya biasa. Tapi kalau dapet nilai besar baru luar biasa. Gimana kalian? Udah capek-capek nulis jawaban selembar full terus berfikir keras, ternyata hasilnya sia-sia kan? Sama saja nilainya dengan gue."

Gue terhenyak, bergeming. Bener juga, batin gue bicara. Gue yang sedari tadi sibuk mecahin rumus, trus nulis ini-itu, kepala pusing, ternyata hasilnya sama saja dengan dia yang sedari tadi juga cuma diam, duduk santai, ketawa, dan lainnya. Saat itu, gue merasa sia-sia.


Tapi sekarang, gue sadar. Ada dua hal yang ngebedain gue sama temen gue. Meskipun hasil yang kami peroleh itu sama. Hal pertama itu ialah USAHA. Dalam kasus ini, dia yang setelah melihat soal, merasa tidak mampu mengerjakan, sedang gue masih mencoba untuk memecahkan. Gue masih ingin berusaha karena gue merasa tidak ingin dikalahkan. Gue gak ingin menyerah. Dan hal itulah yang ngebuat gue seperti itu.


Hal kedua adalah PENGALAMAN. Menurut gue, sukses itu bukan hanya karena kita memiliki ilmu yang cukup, tapi pengalaman juga memiliki andil besar dari kesuksesan. Dengan diberi soal seperti itu, gue bakal dipupuk untuk berpikir kritis, tidak mudah nyerah, apapun hasilnya. Pengalaman seperti ini yang bakal ngebentuk gue jadi lebih baik ke depannya.


Jadi gue simpulkan, apa yang gue lakuin itu gak sia-sia. Justru kesia-siaan adalah ketika kita diberi KESEMPATAN untuk mengerjakan sesuatu tetapi TIDAK MEMANFAATKAN kesempatan tersebut. 


1 desember 2011 \ 21.26
terima kasih telah menyadarkanku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar