Rabu, 23 September 2015

[Review] Diary Life of Clumsy Tomoko - Suzuki Tomoko

Gambar diambil dari dokumentasi pribadi.
Judul : Daily Life of Clumsy Tomoko
Penulis : Suzuki Tomoko
Penerjemah : Norma Gesita
Penerbit : Haru
Harga : 
Tebal : 134 Halaman
Terbit : Cetakan Pertama September 2015

Blurb :

Meskipun penakut, Tomoko punya sifat yang kuat dan nekat.
Hal itu membuat kehidupan sehari-harinya menjadi sebuah petualangan seru. 
Dia sebenarnya ingin mencoba tester makanan di supermarket, tapi takut mengulurkan tangan.
Dia juga takut mempersilakan orang tua untuk duduk di kereta. 
Dia lemah kalau harus membuat panggilan telepon.
Apa kamu pernah seperti itu? 
Yuk, nikmati keseharian Tomoko yang penuh warna dan petualangan ini!

*
Pernah nggak baca sebuah buku terus kepikiran, "Kok tokohnya mirip aku, sih?" atau "Duh, aku pernah nih mengalami kejadian kayak gini. Persis."? Bisa dibilang itulah hal yang kurasakan saat membaca komik Jepang (J-Toon) terbitan Penerbit Haru ini.

Daily Life of Clumsy Tomoko adalah sebuah komik Jepang karya Suzuko Tomoko yang dialihbahasakan oleh Penerbit Haru. Komik ini menceritakan tentang sang tokoh utama, Tomoko 'Si Penakut' yang menghadapi berbagai situasi dalam kehidupannya sehari-hari. 

Walaupun komik Jepang, akan tetapi gambarnya nggak setipe dengan komik Jepang lain, kok. Sekilas aku pikir ini tipe-tipe webtoon. Layout-nya pun mendukung isi gambar. Nggak monokrom (hitam dan putih) tetapi ada warna-warna lain yang memanjakan mata.

Selain itu, jalan ceritanya juga sangat asik, menghibur, dan lucu. Dan yang terpenting menurutku adalah realistis. Daily Life of Clumsy Tomoko memiliki semua itu. Setiap sektor cerita dibagi-bagi dengan baik sehingga kita membacanya teratur sesuai dengan tema besar tiap chapter. ^^ Terlebih lagi selipan peribahasa si Penakut yang menurutku juara banget. Out of the box!

Dengan tebal 134 halaman, aku seakan dibuat melihat diriku sendiri dalam Tomoko. Meski, Tomoko adalah cewek (walaupun dari sampul depan kelihatan seperti cowok, tapi Tomoko cewek tulen loh!), dan aku cowok, namun beberapa sifatnya dan bagaimana ia menghadapi situasi tertentu di dalam hidupnya membuatku berkaca. Seperti melihat jalan hidup sendiri yang dibuat komik. Jangan heran saat kamu baca komik ini, kamu akan bilang, "Ini aku banget." bahkan mungkin kamu akan menertawakan kejadian-kejadian yang ada di dalam komik ini seperti kamu menertawai hidupmu sendiri. Seperti aku.

Kekurangan dari komik ini menurutku hanya satu: kurang tebal. I WANT MORE TOMOKO! 134 Halaman nggak cukup! T.T Semoga Penerbit Haru menerbitkan lanjutan komik ini. :p

Terakhir, aku sangat suka sama komiknya! ^^ Rekomen #bukubagus buat kalian yang suka cerita yang gak ribet dan ngena di kehidupan sehari-hari kalian. Menghibur, lucu, dan nggak membosankan! Selamat menertawakan Tomoko (dan diri kalian sendiri)! ^^

"Si penakut itu, selalu lari lebih dulu. Karena selalu mengambil tindakan untuk masalah yang belum terjadi! (hlm. 124)"

Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar:

  1. Kirain nembus dua ratus halaman ><
    Penasaran sama komiknyaa..
    Pengin baca yang Majo Sady dulu sih sebenernya. *wishlist udah lama, belum kesampaian baca sampai sekarang*

    BalasHapus