Jumat, 26 April 2019

Duel Skutik Perkotaan Palembang: Honda Vario dan Yamaha FreeGo



Sebagai pengangguran banyak acara seseorang yang kadang memiliki kegiatan di luar rumah, mau nggak mau saya selalu mengandalkan kendaraan bermotor untuk berkendara dari satu tempat ke tempat lainnya. Alasannya sih simple: sepeda motor selalu dapat menerobos kemacetan Palembang dengan lebih cepat.

Nah, seiring perkembangan zaman, kendaraan bermotor pun ikut berubah. Sekarang, banyak motor matic yang kita kunjungi di jalan-jalan perkotaan. Kendaraan ini menggantikan ‘motor bergigi’ yang sebelumnya jadi daily driver bagi masyarakat. Di tengah gempuran motor matic tersebut, mana yang lebih unggul?


Bisa dibilang Honda Vario menjadi favorit di kalangan pengguna perkotaan. Dibekali dengan mesin 125cc, Honda Vario series sudah melekat bagi masyarakat. Namun, jangan salah. Yamaha tak mau kalah. Peluncuran series FreeGo 125cc menjadi ancaman terberat bagi Vario di kelas skutik. Dari segi desain sendiri, Honda Vario masih mengusung tema sporti sedangkan Yamaha FreeGo lebih mengusung tampilan yang lebih dinamis. Dengan sama-sama mengusung panel digital yang canggih untuk speedometer pastinya bikin jadi lebih futuristik. Keduanya pula menghadirkan LED Lighting System sebagai pencahayaan. Jadi nggak ada istilah lampu yang kusam. Dari segi warna, saya lebih suka Yamaha FreeGo karena empat warna yaitu Metalic White, Metalic Blue, Metalic Red, dan Matte Black memberikan kesan lebih modern.

Yamaha FreeGo (Dok. Yamaha)

Honda Vario (Dok. Honda)

Dari segi fitur, Yamaha FreeGo unggul dengan hadirnya bagasi motor dengan volume 25 L. Honda Vario masih memakai formula lama yaitu 18 L. Dengan volume besar setara motor NMAX, kita dapat menaruh barang apa saja, bahkan satu helm full face. Ini penting mengingat kebanyakan segmen motor skutik adalah anak muda yang bawa barang banyak jika pergi ke satu tempat. Jadi, cukup simpan di bagasi motor dan nggak ribet buat berpergian. Fitur ini juga amat penting saat hujan melanda. Nggak mau kan barang bawaan seperti smartphone, laptop, berkas-berkas penting malah bahasa karena hujan. Masukin semuanya ke dalam dan voila... aman sampai tujuan.

Kebutuhan pengguna yang beragam juga bikin pengembang motor jadi berpikir kritis menghadirkan inovasi. Saya sih sangat terbantu dengan adanya Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai ponsel. Nggak mau kan misalnya jadi mati gaya ketika lupa men-charge ponsel? Dengan electric power socket kita dapat mengisi daya gadget dengan praktis di saat-saat yang kritis. Di beberapa skutik, fitur ini pun hadir. Sayangnya di Honda Vario ini tidak ada dan digantikan dengan hadirnya Double Inner Rack. Sementara Yamaha FreeGo tampil lebih berani dan ‘kekinian’. Motor ini menghadirkan electric power socket yang dapat digunakan untuk mengisi gawai. Cukup colok dan baterai terisi. Tepat di saat-saat darurat.  

Electric Power Socket (Dok. Yamaha)

Dari segi bahan bakar, kapasitas Honda Vario ternyata lebih besar yaitu 5.5 L sementara Yamaha FreeGo hanya 4.2 L. Perbedaan ini cukup signifikan bila kita memiliki mobilitas yang tinggi. Namun, seolah ‘membalas’ kekurangan volume tangki bahan bakarnya, Yamaha FreeGo tidak tinggal diam. Hadirnya fitur menarik ‘Smart Front Refuel’ menjadi fitur andalan motor ini yang jarang ditemukan di skutik lain. Fitur ini memungkinkan kita mengisi bahan bakar tanpa perlu membuka jok! Keren! Nggak ada ceritanya lagi pas antri isi bensin kita turun dan buka jok. Cukup membuka tutup tangki di bagian bawah kiri stang. Praktis. Tapi, fitur ini mengeliminasi satu inner rack yang biasa ada di motor skutik.

Double Inner pada Honda Vario. (Dok. Honda)

Smart Front Refuel (Dok. Yamaha)

Dari segi mesin, keduanya dibekali mesin 125cc yang sama-sama mumpuni untuk melaju di jalanan ibukota. Keduanya pun sama-sama memiliki tipe transmisi Otomatic. Pembedanya hanya pada tipe starter. Honda Vario hanya memiliki starter elektrik, sementara Yamaha FreeGo masih mempertahankan kick starter sebagai pendamping starter elektrik. Plusnya, jika estarter elektrik tidak dapat digunakan, masih ada kick starter untuk menyalakan kendaraan. Minusnya, kendaraan terlihat nggak terlalu ringkas di bagian bawah. Hahaha.

Selebihnya, kedua motor ini adalah motor perkotaan yang baik di kelasnya. Namun, melihat banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Yamaha FreeGo, Anda patut mempertimbangkan skutik ini sebagai opsi lain motor Anda.


Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar: