Kamis, 02 Mei 2019

SPOTS, Aplikasi Kasir Wajib Bagi Pelaku UMKM


Kalau ditanya bisnis apa yang nggak pernah mati, semua pasti akan kompak menjawab: makanan. Keberadaan makanan sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia selalu membuat ladang bisnis sektor ini terus berkembang. Selalu ada kuliner-kuliner baru, menggantikan yang lama. Tengok saja Donat Mi yang viral beberapa waktu lalu. Atau Es Kepal yang bikin antre berjam-jam buat menyantapnya. Dan juga makanan sama sekali nggak mengenal waktu. Kita dapat memesan makanan kapan saja. Apalagi, saat ini semua dipermudah dengan layanan pesan antar makanan seperti GO-FOOD. Makin seringlah kita mengunyah. Nah, demi mendukung pesatnya usaha kuliner saat ini, GOJEK mengeluarkan teknologi keren bernama SPOTS.

SPOTS Hadir Buat Pelaku Usaha Kuliner (Dok. SPOTS)
MENGENAL SPOTS, YANG BARU DARI GOJEK

Apa sih yang paling sulit saat mulai menjalankan sebuah usaha? Kalau saya sih ‘Pencatatan’. Beberapa waktu lalu, saya memiliki sebuah usaha penjualan tas. Memang usaha saya dalam skala yang kecil, namun pencatatan laporan uang yang masuk itu sangat sulit. Sering kali saya malah salah mengenali uang-uang yang masuk. Padahal jenis barang yang saya pasarkan itu dapat dibilang sedikit.

Nah, hal ini mungkin juga berimbas kepada para pengusaha makanan. Saya nggak bisa bayangkan dengan banyaknya menu yang ada, belum lagi promo-promo, dan menu-menu baru bagaimana pencatatan itu dapat dibuat. Pasti bikin pusing. Di situlah, GOJEK memberi solusi.

SPOTS adalah teknologi baru yang diperkenalkan oleh GOJEK untuk para pelaku UMKM yang ada di Indonesia. SPOTS adalah perangkat multifungsi yang menjawab semua kebutuhan dalam berwirausaha seperti menerima pesanan GO-FOOD, bayar pakai GO-PAY, lalu yang paling penting sih dapat mencetak laporan harian dan resi secara instan! Mudah dan praktis bukan? Dan yang gak kalah kerennya, SPOTS juga bisa menerima semua tipe pembayaran, loh!

SPOTS Memudahkan Proses Bisnis (Dok. SPOTS)
SPOTS bekerja dengan sistem Point of Sale yang mempermudah para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Dan saat ini di Indonesia sudah lebih dari 15.000 outlet yang menggunakan SPOTS sebagai aplikasi kasir mereka yang tersebar di 50 kota.


SPOTS, APLIKASI KAYA FITUR YANG BIKIN UNTUNG

Melihat kepopuleran SPOTS sebagai aplikasi baru bagi para pelaku usaha di Indonesia, tentunya tidak terlepas dari fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur SPOTS inilah yang memberi kemudahan bagi UMKM untuk menjalankan proses bisnis. Pengguna aplikasi SPOTS dapat menemukan fitur-fitur keren seperti mengatur menu, terima pesanan GO-FOOD, terima pembayaran GO-PAY, mencatat ragam tipe pembayaran, cetak resi instan, dan mendapatkan laporan harian.

Mengatur menu memungkinkan para pelaku usaha untuk mengisi menu-menu dagangan yang nantinya langsung terintegrasi dengan GO-FOOD. Di sini, pengguna dapat mengatur jumlah menu, memberi foto, menempel harga, serta jenis kategori menu yang akan dijual dengan mudah dan praktis.

Atur Menu GO-FOOD dengan Mudah melalui SPOTS. (Dok. SPOTS)
Ada satu nilai plus bagi para pelaku UMKM yang telah menjadi partner GO-FOOD dari GOJEK. Saat menggunakan SPOTS dan mendapat pesanan GO-FOOD, akan ada notifikasi secara real time sehingga pelaku usaha dapat langsung menyiapkan pesanan tanpa perlu menunggu lama mitra GOJEK. Hal ini dapat menghemat waktu transaksi GO-FOOD.

Tak hanya itu, pelanggan dapat pula membayar dengan GO-PAY dengan cara memindai kode barcode yang ada dan voila, dana akan otomatis masuk ke saldo GO-PAY kita. Nggak ada GO-PAY? SPOTS juga dapat mencatat tipe pembayaran lain yang sering digunakan. Dan saat melakukan pembayaran pun, SPOTS dapat mencetak resi dengan instan.

Mau Bayar Praktis dengan Pindai Barcode. (Dok. SPOTS)
Yang paling keren sih SPOTS dapat memberikan laporan harian bagi para pelaku usaha. Jadi, kita dapat memantau perkembangan menu yang kita jual seperti omzet hanya lewat aplikasi. Nggak cukup? Laporan yang dikirim itu tiap hari! Nggak ribet!

Nah, dengan memakai SPOTS, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha seperti:

  • Nyamannya memonitor usaha dengan satu aplikasi saja.
  • Praktisnya dalam melihat pesanan baik GO-FOOD atau makan di tempat.
  • Cepatnya dalam menerima pembayaran seperti GO-PAY dan metode lainnya.
  • Mudahnya melakukan perhitungan karena sudah tidak manual.
  • Enaknya memantau omzet dengan rekap transaksi yang dikirim tiap hari.

Dengan adanya fitur dan keuntungan seperti itu, maka SPOTS dapat dibilang sebagai esensi wajib yang harus dimiliki para pelaku UMKM agar dapat menjalankan bisnis dengan mudah, nyaman, dan praktis! Hanya dengan satu aplikasi!


GAMPANGNYA MENGGUNAKAN SPOTS

Udah tahu kan fitur-fitur terus keuntungan SPOTS? Nah, pasti banyak yang tanya: gimana sih cara mendapatkannya? Biayanya berapa? Jadi, SPOTS bisa didapatkan dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 290.000. Ini udah termasuk dengan perangkap lengkap seperti printer resi. Murah bukan? Nah, untuk pemeliharaan sistem, SPOTS juga memberi harga gak kalah murah: Rp 2.900 per hari! Beli es krim aja bisa dapat kembalian banyak.

Pendaftaran aplikasi ini dapat dilakukan dengan mengisi formulir yang ada di website SPOTS. Cukup isi data diri dan usaha, dan perangkat aplikasi kasir online ini bisa dapat dinikmati. Mudahnya dalam pendaftaran dan penggunaan SPOTS dapat dirasakan langsung oleh pelaku usaha, loh.

Hilmy Fauzy, pemilik Thaiyo booth 18, Warakas menuturkan bahwa SPOTS terbukti mampu memperlancar usaha Thaiyo. Fitur pembukuan otomatis bikin dana yang keluar masuk dapat tercatat dengan jelas. Dari segi support pun, SPOTS sangat tanggap. Ada kendala pada mesin, petugas pemeliharaan datang dengan cepat. Nah, jadi nggak ragu kan buat ikutan?

SPOTS hadir di antara pelaku usaha yang ingin menjalankan usaha dengan mudah dan nyaman. Aplikasi ini membantu menjalankan peran vital dalam kegiatan usaha sesuai dengan zaman yang terus berkembang. Jadi, jika kalian memiliki usaha atau lagi merintis usaha, SPOTS dapat menjadi perangkat wajib yang harus kalian miliki. Sebab dengan SPOTS, segala terasa lebih praktis dan otomatis!



Latest
Next Post

post written by:

4 komentar:

  1. Keren ya ini aplikasi kasir, jadi memudahkan para pemilik usaha untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan mereka, jadi tahu kan ya untung rugi dari penjualan juga. Selain itu, memudahkan juga para pelanggan yang menganut budaya cashless, cukup bayar pakai Gopay, bisa jajan apa saja, selama penjualnya punya aplikasi kasir SPOTS ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Sekarang nggak bawa dompet nggak khawatir lagi. Budaya cashless bisa bikin praktis tanpa ribet.

      Hapus
  2. Harga terjangkau, tapi fiturnya lengkap banget. Pilihan banget nih buat jadi solusi pengusaha kuliner berbagai ukuran agar usaha maju tanpa pusing mikir pembukuan. SPOTS keren karena segala bentuk pembayaran bisa tercatat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener sekali. Harga yang terjangkau itu banyak sekali manfaatnya.

      Hapus