Selasa, 10 September 2019

#PucukCoolinaryFestival : Makan, Cerita, dan Jajan di Satu Tempat


Palembang adalah kota kuliner, begitu yang orang-orang bilang. Sebutan ini bukannya tanpa alasan. Sejak dahulu, jika wisatawan baik lokal maupun mancanegara bertandang ke sini, yang pertama mereka cari tentu kekayaan kulinernya. Ada banyak sekali makanan yang ada di kota ini seperti pempek dan turunannya hingga makanan basah manis seperti maksuba hingga delapan jam. Semua tersedia, tinggal pilih yang mana.

Nah, melihat potensi kekayaan kuliner tersebut, Pucuk Harum pun menjadikan kota ini sebagai persinggahan ketiga acara dengan tajuk #PucukCoolinaryFestival. Pada tanggal 5 September 2019, bertempat di Hotel Harper Palembang, Pucuk Harum memperkenalkan gelaran kuliner terbesar di Indonesia ini kepada awak media. Saat itu aku pun termasuk yang diundang untuk melihat apa saja persiapan yang telah dilakukan.

Acara dimulai dengan makan siang bersama, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari Pak Kitto Kristanto selaku Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum dan Kak Dina Oktaviany pemilik akun kuliner di Palembang yaitu makanpakereceh.plg. Pak Kitto menjelaskan bahwa setelah Yogyakarta dan Medan, kota Palembang dipilih karena perkembangan usaha kuliner di kota Palembang sedang berkembang pesat. Ada banyak pelaku usaha kuliner yang menjamur sehingga memberikan banyak pilihan bagi masyarakat untuk mencoba.

Dengan tagline Temukan Rasa Favoritmu, Pak Kitto ingin memberikan tempat bagi masyarakat Palembang untuk dapat mencicipi semua kuliner yang legendaris hingga kekinian dalam satu tempat saja. Gelaran ini diadakan tanggan 7-8 September 201, di Lapangan Parkir PTC Mall Palembang. Yang menjadikannya yaitu adanya tiga zona: Manis, Pedas, dan Gurih yang bisa masyarakat pilih dengan lebih dari 100 tenant yang berpartisipasi. Pembagian zonasi ini memudahkan penikmat kuliner untuk mencicipi rasa favoritnya. Dan yang paling penting, tiket masuknya gratis!

Kegiatan ini juga disambut baik bagi foodies kota Palembang. Kak Dina dari @makanpakereceh.plg mengatakan bahwa dengan festival kuliner ini, kita dapat mengetahui dan mencicipi kuliner dengan beragam pilihan rasa yang mungkin belum kita ketahui. Selain itu, Pucuk Coolinary Festival juga mendorong para UMKM makanan untuk unjuk gigi untuk menyajikan makanan terbaik.

Dalam paparannya juga Pak Kitto mengatakan selain dapat mencicipi makanan yang banyak di lebih dari 100 tenant, ada banyak promo dan acara juga yang diberikan seperti Spicy King Noodle Contest, Happy Hour, hingga Bagi-bagi 10.000 porsi pempek GRATIS! Keren nggak tuh!
Dari paparan tersebut, rasanya sudah nggak sabar buat ke #PucukCoolinaryFestival Palembang, kan?


IT’S D-DAY!

Tanggal 7 September 2019, aku sudah bersiap pagi-pagi sekali untuk menuju Lapangan Parkir PTC Mall Palembang. Ketika sampai, aku sudah disambut oleh para blogger yang ikutan datang untuk memriahkan #PucukCoolinaryFestival Palembang ini. dari luar aku sudah dapat melihat sebuah gerbang berwarna merah menyalak tinggi menjulang di tengah-tengah lapangan. Dari tempat berdiriku, ada tenan-tenan makanan yang tak berujung. Rasanya seperti lorong merah penuh kenikmatan.

Pukul sepuluh, acara pembukaan pun dimulai.  Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Hj. Ernila Rizar, MM mewakili Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, H. Isnaini Madani, dan National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie, bertempat di Lapangan Parkir Palembang Trade Center (PTC) Mall sebagai bentuk apresiasi terhadap penyelenggaraan festival kuliner terbesar ini. Bertepatan dengan sirine yang berbunyi nyaring, akhirnya #PucukCoolinaryFestival resmi dibuka! Nggak afdol kalau nggak potong pita kan? Jadilah para pejabat terkait memotong pita lalu mulai berkeliling. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, aku dan teman-teman bloggerku yang datang pun ikut antusias.

Pertama kali masuk, kita akan disambut dengan Zona Gurih. Di sini kurang lebih ada 30 tenan yang berpartisipasi sebut saja makanan legendaris seperti Pindang Burung Bu Romlah hingga makanan kekinian Cilor Jolly! Pempek pun nggak ketinggalan. Untuk yang hobi makanan berat ada pecel lele juga loh. Tak lupa ada Mie Ayam Sari Mulia yang sudah terkenal seantero Palembang. Semuanya kumpul jadi satu!


Berdampingan dengan Zona Gurih, ada Zona Manis yang bikin ngiler. Sajian lengkap sebagai pencuci mulut tersusun rapi di kanan kiri. Mau kue kombinasi khas Palembang? Ada Makojo dari Bunda Rayya yang bisa dicicipin. Atau mau kekinian? Queen Moza ahlinya. Antrian pun panjaaaaaaaaaaaaang sekali. Dan psst.. ada Sang Pisang juga loh di sini!


Sebelum beranjak ke zona terakhir di tengah venue terdapat panggung besar dengan puluhan bean bag berwarna hijau merah yang terhampar. Ini sih pasti bakal jadi tempat favorit buat sore menunggu senja hingga malam saat menonton hiburan. Di sini juga ada Pucuk Harum Centre. Kalian bisa beli pucuk harum di sini loh! Dan surprise! Ada pucuk harum 1,5 Liter!


Zona selanjutnya adalah zona paling menantang. Bagi para pecinta makanan yang panas dan menggelitik, bisa banget ke Zona Pedas. Puluhan tenan menyajikan makanan dengan cabai yang berlimpah. Sebuk saja tahu bakso pentol, hingga asinan. Pedas dari level satu hingga sepuluh ada semua. Cicipi satu per satu menunya.


TEEEEEEEEEET!

HAPPY HOUR DIMULAI!

Eh apa ini? Rombongan berseragam merah Pucuk Harum berkeliling sambil memainkan alat musik serupa drum. Tak ayal aksi itu menyita perhatianku dan pengunjung sekitar. Rupanya ini adalah bagian dari promo Happy Hour yang dicanangkan. Untuk memanjakan para foodies yang datang, #PucukColinaryFestival juga ngadain promo-prmo menarik seperti Happy Hour ini. Jadi, bila pengunjung membeli paket Pucuk Harum tertentu akan ada potongan Rp 10.000 di semua tenan yang ada! Keren kan ya? Bisa belanja dan makan puas!



Eits tak hanya itu. Menggandeng dompet digital Indonesia DANA, Pucuk Harum memberikan cashback hingga 50%! Kenyang-kenyang tuh! Bisa dipakai di mana saja asal dibayar menggunakan DANA. Untuk top up pun mudah. Ada banyak petugas DANA yang tersebar di sekitar venue. Gak mau menyia-nyiakan kesempatan semuanya pun langsung kuserbu!






Saat berjalan mencari makanan lain, mataku mengekori antrian panjang orang-orang di satu tempat. Rupanya pembagian pempek gratis 10.000 porsi dimulai! Wah! Ini adalah acara menarik sekali. Selain memperkenalkan kembali pempek bagi yang belum tahu, acara ini juga bikin semua bersatu. Atas nama pempek. Hahaha.

Tak hanya bagi para foodies, di #PucukCoolinaryFestival ini para tenant pun ikut diajak berpartisipasi loh. Jadi, bila kita membeli di satu tenant struk yang dikasih bisa kita tukarkan dengan hak voting tenant favorit. Kita dapat memilih tenant yang kita sukai. Selain itu, kita juga berkesempatan memenangkan GRAND PRIZE 1 MOTOR NMAX SETIAP HARI! Wuih! *langsung belanja banyak*

Satu hal yang aku sukai dari acara ini adalah tersedianya fasilitas yang mendukung seperti medis yang setia memantau, tempat cuci tangan, hingga WC virtual. Hal ini memudahkan para pengunjung untuk menikmati acara ini lebih lama. Dari pagi hingga malam. Benar saja dalam dua hari, ratusan ribu pengunjung tercatat hadir loh. Gils!

Pada malam terakhir, pengumuman pemenang pun dirilis. Hadiah uang tunai senilai Rp 15,000,000,- diberikan masing-masing kepada tenant RM Samo Raso dari Zona Gurih, Bella Cakes dari Zona Manis, dan Giant Snacks dari Zona Pedas sebagai apresiasi dari Teh Pucuk Harum agar ke depannya bisa mengembangkan bisnis kuliner mereka. Ketiga kuliner tersebut berhasil menjadi tenant terfavorit Pucuk Coolinary Festival di Palembang karena memiliki totalitas rasa pedas, gurih, dan manis yang pastinya disukai oleh para pengunjung. 15 juta! Selesai? Belum dong. Hadiah Rp 3.000.000 juga diberikan kepada pemenang tantangan makan mi pedas dari Pucuk Harum! Masih ada lagi. Undian NMAX menjadi penutup yang manis!

Dua hari aku berkunjung ke #PucukCoolinaryFestival ini dua kali pula aku merasakan atmosfer kebahagiaan. Ya bagiku bahagia emang sesederhana makan, ketemu teman-teman lalu bertukar cerita. Dan di sini, semuanya ada. #PucukCoolinaryFestival adalah festival kuliner yang memberikan pengalaman yang menyenangkan. Dan semoga tahun depan, acara ini dapat mampir lagi ke sini!

Cheers!

Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: