Cara Mudah Rapid Test di RS. Hermina Palembang


Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis saat menjalani rapid test. Tidak banyak dokumentasi dibuat sebab rumah sakit tidak memperbolehkan.

Rasanya sudah hampir enam bulan Covid-19 melanda Indonesia. Dan selama itu pula kita seperti berada dalam lingkungan yang mengerikan. Namun seiring himbauan pemerintah untuk menerapkan new normal, maka semakin lama semakin kembali kehidupan ‘baru’. Tentunya meski bayang-bayang Corona masih dekat protokol kesehatan jadi hal wajib dilakukan. 

Nah kemarin, aku mendapatkan sebuah tawaran yang mengharuskanku untuk berpergian. Tentunya sesuai dengan prosedur dari pemerintah, aku diminta melakukan rapid test. Sejujurnya banyak sekali orang-orang di sekitarku yang mulai berpergian dan melakukan prosedur yang sama. Akan tetapi sebagai makhluk yang overthinking, beragam pikiran berkecamuk Rasa cemas dan takut melanda. 

Berdasarkan saran dari beberapa teman akhirnya aku memilih untuk rapid test di RS. Hermina Palembang. Alasannya, RS. Hermina Palembang yang terletak di Jalan Basuki Rahmat ini lumayan dekat dengan rumah dan hasilnya dapat dikirim lewat email. Jadi, nggak perlu lama-lama menunggu. Nah, beginilah pengalamanku pertama tes rapid di RS. Hermina Palembang. 


Hal-Hal yang Dibutuhkan untuk Rapid Test di RS. Hermina Palembang

Uang 

Rapid test di RS. Hermina Palembang memakan biaya yang cukup standart: Rp. 150.000. Mau yang murah? Coba pantengin lini masa media sosial RS. Hermina Palembang. Aku kemarin selama Agustus mendapatkan promo potongan 10% sehingga aku hanya membyar Rp 135.000. 

Identitas 

Sediakan KTP atau kartu identitas lain biar mudah diverifikasi. Kalau yang memiliki medical record di RS. Hermina Palembang, jangan lupa catat nomornya. 

Alur Rapid Test di RS. Hermina Palembang 

Ada dua cara sebenarnya untuk mendaftar rapid test di RS. Hermina Palembang. Pertama, cukup melakukan sambungan dengan kontak yang terdaftar di flyer RS. Hermina Palembang, melakukan pendaftaran, hingga langsung tes baik drive thru atau ke laboratorium. Nah, kemarin aku memilih langsung datang ke RS. Hermina Palembang. Dan prosedur yang kujalani: 

  • Ke bagian informasi dan beritahukan tujuan ingin rapid test. Nah di tahap ini, kita akan diminta menyerahkan kartu identitas sementara pihak rumah sakit akan memberikan form OTG yang harus diisi yang meliputi data-data perjalanan dan gejala. 
  • Setelah selesai, petugas informasi akan menyerahkan form transaksi yang harus dibawa ke laboratorium di lantai dasar atau drive thru di parkiran lantai satu. Silakan kalian pilih. Aku memilih tes di laboratorium. 
  • Sehabis menyerahkan berkas, kita akan diberikan form transaksi biaya oleh petugas laboratorium. Bawa ke kasir di sebelah meja informasi tadi, kemudian bayar. 
  • Bawa kembali bukti bayar ke laboratorium, lalu tinggal menunggu dipanggil deh.
  • Bila nama sudah dipanggil, persiapkan diri. Jangan gugup sepertiku. Hahaha. Oh ya, beberapa bilang di tempat lain, darah yang diambil untuk rapid test itu dari ujung jari. Namun, di RS. Hermina Palembang, darah yang diambil dari lipatan siku, ya. Jangan terkejut jadi.

Di siku!
  • Bila selesai, bilang sama petugas bahwa ingin dikirimkan hasil lewat surel. Proses pengecekan berlangsung kurang lebih satu jam. Kalian juga boleh menunggu kok. Kalau aku... mending pulang.
  • Selesai! 

Nah, hasil yang akan diperoleh nanti berupa scan lembaran hasil laboratorium. Lembar ini bisa dicetak warna kemudian digunakan untuk berbagai keperluan contohnya untuk berpergian. Gimana mudah, bukan? Itulah tahapan rapid test di RS. Hermina Palembang. Next, aku bakal ceritain apa saja yang harus disiapkan saat berpergian di tengah pandemi seperti saat ini, ya!

Contoh Hasil Laboratorium.



Cheers!

Tidak ada komentar

Posting Komentar