Kamis, 25 Juli 2019

Perpustakaan Bank Indonesia Sumsel: Tempat Asik Nongkrong Cantik


Ketika saya berada di masa-masa menulis tugas akhir yang begitu lama, tempat nongkrong selalu jadi daftar wajib yang pasti saya dan teman-teman saya datangi untuk sekadar diskusi atau tukaran film yang bikin refreshing. Tidak terhitung lagi rasanya tiap minggu kami loncat dari satu kafe ke kafe lain. Syaratnya hanya dua: punya wifi kencang dan colokan yang banyak. Kebiasaan itulah yang perlahan mulai menggerogoti isi kantong kami. Sering kali kami berkumpul dari pagi menjelang petang yang nggak mungkin kalau nggak pesan banyak makanan kalau berlama-lama di sana.

Nah, saat saya sedang menjelajah manja di akun media sosial saya, saya menemukan sebuah tempat yang asing bagi saya: Perpustakaan Bank Indonesia. Dahi saya mengernyit. Setahu saya, Bank Indonesia adalah kantor megah yang ada di tengah kota. Dan sekarang punya perpustakaan? Saya pun mulai mencari info. Rupanya, perpustakaan ini sudah dibuka cukup lama dan yang terpenting........ gratis buat para pengunjung!


Bermodal nekat, saya dan teman saya pun memutuskan untuk menjajal perpustakaan ini ketika berdiskusi membuat skripsi. Hasilnya sungguh di luar ekspektasi kami. Tempat ini ternyata mudah diakses, nyaman, AC yang dingin, colokan yang tersedia, dan tentunya koneksi internet gratis yang memanjakan para fakir kuota! It’s an heaven!

Jadilah, Perpustakaan Bank Indonesia Sumatera Selatan ini jadi markas baru bagi saya dan teman-teman untuk berdiskusi. Dan sepanjang bikin tugas akhir yang lama sekali itu, tempat inilah yang menemani hari-hari kami hingga akhirnya mengakhiri masa studi. Sebuah tempat bersejarah penuh memori.

Dan hari ini (25/7/2019) saya kembali mengunjungi tempat ini. Bermula dari ajakan Ara, teman sesama blogger yang pengin cari sebuah buku, saya langsung mengajak ke sini. Dan ternyata, semua memori itu kembali mengaliri isi kepala saya. Sudut-sudut yang penuh buku, bau parfum ruangan, hingga suasana sunyi yang...... ngangenin. Lama saya terdiam dengan arus kenangan yang menebal di pikiran. Dan sekarang, untuk merayakan ‘kepulangan’ saya kembali ke sini, saya ingin berbagi mengenai tempat ini. Sebuah tempat asik untuk nongkrong cantik bagi kita yang mungkin lagi cari tempat buat bikin tugas! So here we go!

Untuk mengakses tempat ini, kita hanya perlu datang ke gedung Bank Indonesia Sumatera Selatan. Gedung ini berdiri kokoh di persimpangan paling sibuk di Palembang (Simpang Charitas) tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman No. 510, Palembang. Pertama-tama, masuklah lewat pintu masuk utama di sisi seberang Rumah Sakit Charitas. Parkir kendaraan kita di sisi kanan gedung.
Tampak Depan Gedung Bank Indonesia Sumsel
Parkiran Luas Buat Kendaraan Anda
Setelah itu, kadang petugas keamanan yang ada di sana akan menanyakan maksud dan tujuan kita. Silakan sampaikan bahwa kita ingin mengunjungi perpustakaan. Para petugas itu dengan senang hati menunjukkan jalan kita menuju lobi utama. Ya, lobi utama. Karena perpustakaan ini berada di lain gedung, maka kita memerlukan kartu akses agar dapat masuk. Untuk itulah kita menuju lobi utama terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Setelah masuk lobi, kita akan diperiksa barang bawaan kita melalui mesin X-Ray. Pun dengan tubuh kita. Mirip-mirip bandara, lah. Bila sudah clear, kita akan menuju meja resepsionis. Petugas yang ada di sana akan meminta identitas diri kita untuk dititipkan dan sebagai gantinya mereka memberi kartu akses. Jangan lupa isi daftar kunjungan, ya!
Tangga Menuju Lobi Utama
Masuk Ke Lobi Utama
Setelah urusan selesai di gedung utama, sekarang waktunya menuju perpustakaan! Keluar dari lobi, lalu jalan menuju satu gedung yang terletak di sebelah kiri. Di pintu depannya suda tertulis tanda perpustakaan. Tempelkan kartu akses yang kita miliki di tempatnya dan voila... we’re in
Tampak Depan Pintu Masuk Gedung Perpustakaan
Tanda Perpustakaan
Tempel Euy!
Perpustakaan ini terletak di lantai satu, jadi kita harus naik tangga sedikit untuk mencapainya. Oh ya, bagi teman-teman yang disabilitas, ada lift kok di sini. Jadi tenang saja. Ada semacam sofa yang berjejer saat kita sampai. Di sisi kanannya, terdapat loker yang digunakan untuk menitipkan tas kita. Yap, tas di sini nggak boleh di bawa masuk, ya. Makanan pun nggak boleh. Cukup bawa peralatan seperti laptop dan buku yang diperlukan. Silakan taruh barang anda lalu berjalan menuju pintu perpustakaan.
Fasilitas Lift Buat Difabel.
Ruang Luar Biasanya Buat Persiapan Masuk atau Makan.
Loker Buat Penitipan
Sehabis membuka pintu, kita diharuskan kembali mengisi daftar tamu. Kadang, buku yang kita bawa sendiri juga didata agar nantinya tidak tercampur atau terbawa di perpustakaan ini. Bila selesai, selamat menikmati ruangan ini!
Pintu Masuk Perpustakaan
Isi Daftar Tamu
Ketika masuk, hal pertama yang menyita perhatian adalah sofa yang cukup luas yang ada di depan mata. Biasanya, di meja yang terletak di tengah sofa-sofa ini, berjejer koran-koran baru yang bisa dibaca. Sofa ini juga dapat digunakan buat kita yang pengin mengerjakan tugas dengan tempat duduk yang empuk. Hahaha.
Koran Baru Tersedia
Sofa Buat Duduk Nyaman Di Dalam
Ngomongin masalah buku, bila dibandingkan dengan perpustakaan lain, Perpustakaan Bank Indonesia ini memang tergolong mini. Hanya ada kurang lebih sepuluh rak buku yang berjejer rapi lengkap dengan keterangan masing-masing kategori. Buku-buku pun cukup lengkap apalagi yang berhubungan dengan BI dan ekonomi. Namun, jangan salah! Fasilitasnya pun cukup lengkap kalau hanya ingin membuat tugas dan nongkrong seharian baca buku!
Lorong Buku
Rak Sedikit Dibandingkan Perpustakaan Lain
Beragam Jenis Buku Tersedia
Fiksipun Ada
Selanjutnya, ada dua komputer yang tersedia di belakang meja resepsionis. Biasanya sih digunakan oleh para petugas atau anak magang yang ada di sana. Di sampingnya, ada komputer buat penelusuran buku yang ingin kita cari.
Komputer yang Dapat Digunakan
Buat bikin tugas bila sendiri tersedia meja-meja petak yang bisa digunakan untuk kondisi yang lebih privat. Kalau buat diskusi, ada satu meja dengan kapasitas empat orang yang terletak di sudut, lengkap dengan support colokan yang memadai. Dan satu lagi yang bikin diskusi lebih menyenangkan, ada ruang diskusi lengkap dengan papan tulis yang bebas kita pakai! Keren sekali bukan? Jadi makin nyaman. Bagi yang membawa anak pun, di sudut perpustakaan ada ruang bermain anak lengkap dengan mainan yang dapat digunakan. Pun dengan buku-buku anak yang tersedia di sana.
Meja Privat
Meja Diskusi Berempat
Ruang Diskusi
Ruang Bermain Anak
Colokan Is Lyfe.
Butuh ke kamar mandi? Keluar dari perpustakaan dan naik lagi ke lantai dua. Kamar mandi bersih terletak di samping kanan kita. Musala pun ada loh. Di lantai bawah ketika kita pertama kali masuk menggunakan kartu akses, ada dua musala—laki-laki dan perempuan—yang tersedia lengkap dengan tempat wudu di masing-masing ruangan.
Kamar Kecil Menyempil Di Sebelah Kanan
Ada Musala!
Puas menjelajahi, bila kita ingin meminjam buku, bisa banget, loh. Cukup kasih KTP atau kartu pengenal lain ke petugas yang kemudian akan mendata dan kita bisa membawa pulang buku yang kita mau. Dan ingat, jangka waktu pengembalian itu dua minggu. Jangan nggak dibalikin, ya!

Bila selesai mengunjungi perpustakaan, kita tinggal menuju lobi utama kembali untuk menyerahkan kartu akses dan mengambil tanda pengenal kita. Selebihnya, nggak ada. Kita bisa pulang begitu saja. Mudah bukan?
Tampak Samping Gedung Perpustakaan.
Jadi teman-teman, bila kalian pengin cari tempat nyaman buat bikin tugas kuliah atau proyek apapun itu, bisa banget mengunjungi Perpustakaan Bank Indonesia Sumatera Selatan ini. Selain karena mudah diakses, fasilitasnya pun bikin betah seharian. Perpustakaan ini buka sepanjang hari kerja dari pukul 07.10 hingga 17.00 ya. Pastikan menyempatkan berkunjung!

Cheers!



Previous Post
Next Post

post written by:

14 komentar:

  1. Duhh sayang kemarin pas ke palembang gak mampir ke tempat ini. Padahal pengen banget mampir

    BalasHapus
  2. Bagus dan lengkap ya..

    Sama , di suarabaya juga ada perpus BI.

    Ada pojok mendongengnya juga buat anak2

    BalasHapus
  3. Masya Allah, perpustakaanya lengkap banget ya sampai ada ruang bermain anaknya. Jadi kalau bawa anak ke perpustakaan nggak lagi ganggu yang lainnya.

    BalasHapus
  4. Asik untuk ngerjain tugas ini mah....tempatnya adem dan tidak berisik.....apalagi ditunjang dengan buku buku sebanyak itu, bisa jadi refrensi

    BalasHapus
  5. wah keren banget ada kartu tempelnya
    dan tempatnya luas pula bakal betah aku lama-lama di sini
    sayang jauh huhu

    BalasHapus
  6. yakin perpustakaan? Bagus dan lengkap, betah sudah kalau baca atau ngerjain laporan.

    BalasHapus
  7. gak jauh beda sama di Jogja. tapi kalau di jogja bisa dipastikan kapan jam ramai kapan jam sepi. aku paling seneng datang pas jam sepi

    BalasHapus
  8. Ada buat anak2 jg ya ? Lengkap ada wifinya buat pemburu gretongan kuota buat upload

    BalasHapus
  9. Baru tahu kalau BI punya perpustakaan khusus sendiri. Kalau di kotaku kayaknya nggak ada nih. Tapi pastinya lebih asyik ya kalau perpustakaan ada wifinya. Lumayan lebih menghemat pengeluaran plus gampang cari literatur

    BalasHapus
  10. wah..keren euy perpustakaannya...tiap kantor BI ada perpustakaan gini ya?Sukak banget apalagi yang menyediakan sarana buat anak-anak..gratis pula ya...

    BalasHapus
  11. Koleksi bukunya ada yang terbaru gak, kak Bimo?
    Novel-novel gitu...hehhe...
    Seneng banget yaa...lihat rak-rak penuh buku.
    Uwooo~

    BalasHapus
  12. Keren ya kak. Ruangannya asyik, bersih & pastinya banyak koleksi yang bisa kita cari disana. Nice info 😎

    BalasHapus
  13. Wah asik juga ni tempatnya. bagi mahasiswa seneng tu apalagi yang lagi skripsian

    salam
    kidalnarsis.com

    BalasHapus
  14. Wah, mengerjakan tugas di tempat yang nyaman dan tenang, dengan wifi yang kencang pasti jadi cepet selesainya.. Ramah di kantong pula.. Hihi..

    BalasHapus