Senin, 08 Juli 2019

Rekomendasi Drama China yang Harus Kalian Tonton


Bisa dibilang saya ini adalah seorang maniak drama Korea. Sejak mengenal segala hal yang berhubungan dengan drama ini di tengah pusingnya saya menjalankan kuliah, saya seperti menemukan dunia lain. Keberadaan drama Korea ibarat oase di tengah gurun yang menyegarkan dahaga saya terhadap tontonan yang sifatnya majemuk. Tema-tema yang dieksplor di drama-drama itu pun beragam.

Namun, makin ke sini, saya cenderung bosan. Saya masih menontonnya, tentu. Akan tetapi tidak sesering dulu. Nah, di saat-saat genting seperti ini, muncullah alternatif lain. Lewat seorang teman, saya diperkenalkan dengan C-Drama.

Wait, what?

Yap! C-Drama atau Chinese Drama memang terdengar kalah populer dibandingkan dengan dorama Jepang atau drama Korea. Tapi, penggemarnya pun tidaklah sedikit. Kendala yang paling utama dalam mengakses drama dari Tiongkok (Mainland, Hongkong, dan Taiwan) ini biasanya karena tidak tersedianya subtitle yang mumpuni. Lain halnya dengan drama Korea atau Jepang yang biasanya cepat update bagi para penggemar di negara yang tidak familier dengan bahasanya.

Kendala itu sepertinya sedikit demi sedikit mulai teratasi. Hail all the streaming platform dan revolusi industri 4.0. Tampaknya di era serba digital seperti ini, asupan konten yang universal menjadi jaminan untuk meluasnya persebaran informasi. Termasuk di dalam drama. Saat ini, makin banyak akun-akun resmi membuka channel di platform streaming video baik yang gratis seperti Youtube atau berbayar seperti Netflix.

Balik lagi ke topik awal, kali ini saya pengin membagikan tontonan C-Drama saya yang mungkin bakal kalian suka. Rata-rata, drama yang saya tonton ini adalah drama ringan yang nggak perlu pakai mikir. Dan catatan, mungkin kalau saya ketemu drama baru, saya akan update daftar ini.

So, here it is!




1. LOVE O2O

Jika dilihat dari namanya, pertama kali saya pikir ini drama tentang unsur kimia. Ya, saya kira itu H2O, nama senyawa buat air. Etapi, ini sama sekali beda loh. Love O2O adalah drama yang bercerita tentang satu mahasiswa jenius jurusan komputer yang jatuh cinta dengan seorang adik tingkatnya dengan jurusan yang sama lewat..... game online! Yap, permainan daring! Keren nggak tuh. Pertemuan pertamanya pun terjadi di jejaring maya hingga akhirnya dibawa ke dunia nyata. Yang saya suka dari drama ini adalah suasana yang dibangun dalam cerita.

Sebagai anak Teknik Informatika atmosfer yang ditunjukkan oleh drama ini terkesan dekat dengan saya. Meski memiliki jumlah episode yang terbilang banyak yaitu 30 episode, namun jalan ceritanya terkesan effortless. Kemistri yang dibangun oleh Yang Yang dan Zheng Shuang sebagai Xiao Nai dan Lu WeiWei bikin gregetan.

Bagi kalian yang menyukai drama yang berputar di sekitar game online dan komputer, kalian bisa banget nonton drama ini!  Drama ini bisa diliat di KissAsian dan NewAsianTv



2. METEOR GARDEN 2018

Yap, kalian nggak salah baca. Sudah pada tahu kan kalau serial favorit kita semua semasa kecil yang melejitkan Jerry Yan dan Barbie Shu ini dibikin ulang dengan nuansa kekinian? Meteor Garden 2018 menurut saya adalah antitesis dari drama terdahulunya. Meski masih memakai formula yang sama, namun kemasan 2018 ini terlihat lebih colorfull dan fun.

Bercerita tentang seorang gadis miskin bernama Shan Cai yang diperankan Shen Yue dan Dao Ming Si yang diperankan Dylen Wang hubungan love-hate relationship ini harus berjuang di antara banyak cobaan. Paling besar sih dari keluarga. Yang aku suka, drama ini terlihat nggak berusaha buat menyama-nyamakan kesuksesan drama terdahulunya. Para cast, tempat, bahkan jalan ceritanya itu dibuat sedemikian rupa agar berbeda namun tetap mempertahankan core-nya. Ini adalah langkah penting untuk membuat satu karya remake agar tetap menggaet para penonton baru.

Meteor Garden 2018 berhasil membuktikan diri sebagai drama yang utuh. Bahkan untuk ukuran drama yang memiliki total 50 episode, tidak ada kata bosan yang terlintas. Yang ada hanya penasaran yang melanda. Two thumbs up!

Nah, drama ini bisa kalian tonton di layanan berbayar Netflix atau platform streaming online seperti Kiss Asian dan NewAsianTv.



3. PUT YOUR HEAD ON MY SHOULDER

Drama ini baru saja saya temui secara nggak sengaja di Youtube lewat channel resmi mereka WeTV. Dan seketika itu saya langsung jatuh cinta. Bercerita tentang si peneliti jenius di kuliah. Gu Wei Yi yang baru pertama kali suka dengan seorang cewek yang patah hati karena di-friendzone-in sahabatnya Si Tu Mo. Dinamika cerita antara si jenius yang canggung dan cewek patah hati sangat menarik untuk disimak. Iya, seseru itu.

Saya bisa merasakan awkward moment dan lovely moment lewat layar yang disajikan oleh mereka dan berhasil bikin saya senyum-senyum sendiri dan mengingat kembali zaman-zaman dulu pertama jatuh cinta. Hahahah. Sel abu-abu saya jadi berontak menontonnya. Dengan 25 episode, drama ini menyajikan kisah klasik namun tetap menarik. Kalian bisa menontonnya gratis loh di channel youtube WeTV. Ada versi Indonesia dan Inggris!

Nah, itulah tiga drama Tiongkok rekomendasi dari saya. Sebenarnya ada beberapa drama lagi yang masuk dalam kategori watchlist. Saya bakalan update kalau selesai menontonnya, ya! Selamat menonton dan kasih tahu drama favorit kalian di kolom komentar, ya! Atau ada C-Drama yang kalian rekomendasikan? Please lemme know!

Cheers!

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: