Senin, 15 Juli 2019

Tips Mudah Jadi Content Creator dengan OPPO Reno 10X Zoom


Selepas kuliah, sering sekali orang-orang menanyakan kepada saya apa pekerjaan saya sebetulnya. Kebanyakan dari mereka menebak-nebak dari kegiatan yang saya sering lakukan lewat media sosial. Beberapa mereka temui saya sedang hinggap dari satu kota ke kota lainnya. Mereka kebanyakan mengira bahwa saya sedang liburan dan bersenang-senang. Itu sama sekali nggak salah, memang. Namun, di sela-sela kegiatan ‘liburan’ saya itu, terselip satu kegiatan lain yang nggak kalah bikin pusing: mencari konten.

Di era digital seperti sekarang, industri dapat dengan mudahnya berubah hanya dari dunia maya. Pun dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Beberapa tahun lalu, saya mencoba untuk terjun ke dalam bidang industri kreatif ini setelah bersenang-senang bermain dengan ranah fiksi. Dan ternyata, saya jadi jatuh cinta. Meski pada kenyataannya hingga saat ini saya masih terus belajar, namun menjadi seorang ‘pengabdi konten’ cukup membuat hidup saya berubah.


Nah, berikut cara-cara saya buat jadi content creator yang dapat saya bagi. Dan sampai saat ini saya terapin. Catatan: sampai saat ini pun saya masih terus belajar.




Sering kali, kita dituntut untuk jeli terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Saya selalu percaya kalau setiap hal yang ada di sekitar kita dapat menjadi sebuah cerita jika kita mampu mengolahnya dengan baik. Lagi makan? Restoran atau menu makanan yang unik dapat dijadikan sebuah tayangan menarik. Atau lagi berada dalam satu kegiatan? Apa yang didapat dan suasananya dapat Anda beri tahukan kembali kepada para pengikut Anda. Yang harus kita lakukan hanyalah jeli melihat peluang yang ada. Dan bisa jadi, apa yang Anda lihat saat ini adalah bahan bagi Anda nanti.


Saya mengambil gambar di atas ketika tanpa rencana teman-teman saya mengajak untuk mencoba tur baru yang akan mereka lakukan untuk para pelancong. tidak ingin menyiakan kesempatan, saya pun memutuskan untuk ikut. Jadilah, sepanjang hari itu saya banyak memotret sebagai bahan yang akan saya pakai nanti. Jalan-jalan tapi tetap bikin konten, kan?




Pepatah bilang, nggak ada kejadian yang bakal terjadi dua kali dalam hidup. Meskipun ada, itu tak akan lagi sama. Nah, prinsip inilah yang selalu saya pakai. Dalam momen-momen tertentu, kadang konten yang bagus ditentukan dengan timing yang pas pula. Apalagi yang erat hubungannya dengan human interest. Manusia dalam hal ini bertindak tidak akan sama dalam menanggapi sebuah kejadian. Atau pada saat Anda berada di sebuah tempat untuk menangkap matahari terbit dan tenggelam, semuanya memerlukan waktu. Semakin lama Anda diam, maka semuanya jadi sia-sia. Untuk itulah kita harus bergerak cepat menangkap momen tersebut agar tidak hilang begitu saja di depan mata.


Foto di atas adalah gambaran bagaimana  sebuah momen yang pas dapat menghasilkan foto yang baik. Dengan komposisi tiga anak kecil yang lagi berjalan di dermaga ditambah bingkai dari petak besar yang tidak terpakai dapat menyajikan cerita yang baik.




Kata orang, tidak ada yang baru di dunia ini. Yang ada hanya yang lama namun dikemas dengan nuansa baru. Saya sependapat dengan anggapan itu. Seperti yang Anda tahu, mencari sebuah konten itu sulit. Apalagi bila sudah sering diulas oleh orang lain. Untuk itulah kita memerlukan sebuah pandangan baru terhadap konten yang kita buat. Bisa jadi dari narasi yang kita sampaikan, atau media berupa gambar atau video yang kita ambil. Kebaruan-kebaruan seperti ini dapat membuat cerita atau konten yang kita sajikan jadi lebih menarik untuk disimak. Cara untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda pun cukup mudah. Anda hanya perlu melihat dan memahami objek yang Anda ingin ceritakan lalu cari yang kurang atau jarang dieksplor. Atau kita dapat menggali dari masyarakat lokal.


Serupa saat saya ke Shanghai beberapa waktu lalu. Banyak sekali orang yang berfoto di menara jam Disney ini. Namun, untuk mencari sesuatu yang unik, saya memutuskan hanya mengambil ujung-ujung bangunannya saja. Sebagai pendukung, saya menyertakan foto ujung bangunan lain seperti di The Bund dan Oriental Pearl Tower. Berbeda bukan?




Nah, kita masuk ke bagian yang paling penting dari ini semua. Sebuah momen yang baik, situasi yang cantik, dan sudut pandang yang unik sama sekali nggak penting jika kita nggak punya alat buat ‘menangkap’ itu semua. Dulu waktu ke Shanghai, saya rela membawa kamera DSLR yang beratnya bikin sakit leher demi memotret sisi-sisi yang ada di Shanghai, Minusnya, gambar yang saya ambil ternyata banyak yang berembun sebab tidak sesuai dengan musim dingin yang ada di sana. Saya pun beralih ke kamera mirrorless saya. Sejujurnya ini cukup membantu saya dalam membuat konten selama ini. Minusnya hanya karena kadang, baterai yang ada itu cepat habis dan mode yang saya pakai hanya auto sehingga hasilnya kurang maksimal. Belum lagi ribetnya untuk mengeluarkan dan menyimpan kamera bolak-balik bila akan digunakan.

Namun sekarang, fungsi kamera tersebut sudah dapat digantikan dengan keberadaan ponsel pintar. Saat ini para produsen smartphone berbondong-bondong memberi pengalaman memotret yang maksimal. Bahkan fungsi-fungsi yang kurang baik dari kamera konvensional dapat digunakan dengan baik dan mudah hanya dengan ponsel saja. Seperti halnya OPPO Reno 10X Zoom dari OPPO Indonesia. Ketika kemarin saya berkesempatan untuk mencoba langsung varian ini, saya membatin. Ini adalah smartphone yang amat cocok bagi para pencipta konten seperti saya.


Sabtu, tanggal 6 Juli 2018 kemarin, saya berkesempatan untuk menghadiri secara langsung acara yang diadakan oleh OPPO Indonesia dengan tajuk OPPO Reno: Zoom-Indonesia Wonderfull Journey. Acara ini adalah lokakarya fotografi sekaligus pengenalan seri baru dari OPPO Series yaitu OPPO Reno Series. Jadilah, siang itu, saya bersama para blogger dan media yang ada di Palembang berkumpul bersama di Area Erafone Store di Palembang Square Mall.
Ramainya Peserta untuk Mengetahui Varian Baru OPPO.
Para Peserta Lokakarya yang telah hadir.
Penuh, uey!
Sejujurnya, saya sama sekali tidak mempunyai bayangan apapun tentang smartphone ini. Sejak dulu mengulas OPPO F1S di acara serupa beberapa tahun lalu, satu yang ada di benak saya: in pasti kamera selfie lagi. Selama ini, trademark  OPPO adalah adanya kamera depan yang memiliki resolusi tinggi dengan fitur beauty sehingga menggaet banyak sekali wanita-wanita yang menomorsatukan tampilan foto yang apik. Namun, ternyata ara ini membuat mata saya terbuka lebar bahwa OPPO telah berkembang sangat jauh lebih dari yang saya kira.





Adalah Mas Stiffen dari OPPO Indonesia yang memberikan penjelasan mengenai OPPO Indonesia secara umum kepada semua yang telah hadir. Tepat pukul satu, Mas Stiffen mengambil tengah panggung lalu memberitahu bahwa OPPO Indonesia sekarang tidak hanya bermain dari aspek selfie. Beberapa seri OPPO ke belakang hingga seri teakhir yaitu seri F dari OPPO mulai memasuki ranah cameraphone yang memang lagi gencar saat ini. Puncaknya, baru-baru ini OPPO Reno Series diluncurkan. OPPO Reno Series ini pula lah yang menandakan keseriusan OPPO Indonesia menjadi bagian dari gaya hidup yang menunjang segala kebutuhan para penggunanya.
Mas Stiffen dari OPPO Indonesia di Panggung.
Nah, untuk mengetahui secara pasti bagaimana OPPO Reno Series ini mampu menjawab tantangan itu, Mas Herlan selaku Gold OPPO Trainer Palembang mengambil tempat. Beliau mulai menjelaskan bahwa sejatinya penamaan OPPO Reno Seriess ini diambil dari inisial dua kata yang menggambarkan kondisi anak muda sekarang khususnya: KREATIF dan INOVATIF (creative and innovative). Keren bukan?
Mas Herlan, Gold OPPO Trainer Palembang Memaparkan tentang OPPO Reno Series.
Dengan mengambil tema Further Your Vision, maka OPPO Reno Series ini dibuat dengan spesifikasi yang menunjang performa smarphone flagship. Selanjutnya, Mas Herlan juga memperkenalkan dua varian OPPO Reno Series yaitu OPPO Reno dan OPPO Reno 10X Zoom. Keduanya memiliki spesifikasi yang serupa tapi tak sama. Namun yang pasti, keduanya memiliki kemampuan yang dapat digunakan sebagai alat pembuat konten kreatif. 
Perbedaan OPPO Reno dan OPPO reno 10X Zoom. (pic by: OPPO)
Yang menarik perhatian tentunya dengan keberadaan OPPO Reno 10X Zoom. Saat diperkenalkan pertama kali oleh Mas Herlan, mata saya langsung membelalak. Ada terbersit pikiran 'Ini yang saya cari!' ketika melihat spesifikasi yang ditampilkan. Apalagi dalam pembuatan konten kreatif yang sering saya lakukan OPPO Reno 10X Zoom ini sangat memudahkan dalam mengambil gambar atau video. Rupanya, yang berpikiran demikian tak hanya saya, tapi juga teman-teman lain yang terjun langsung di industri kreatif. Tengok saja antusias mereka menyimak dan bertanya mengenai varian ini!
10X Zoom dengan Antusias Para Peserta.
Salah seorang Peserta sedang Bertanya.
Menjelaskan Lebih Detail Keunggulan OPPO Reno 10X Zoom.

Dan, tibalah saat yang ditunggu-tunggu! Para peserta yang hadir diberikan waktu untuk...... mencoba secara langsung OPPO Reno 10X Zoom ini! Horray! Kesempatan ini nggak disia-siakan oleh para blogger dan media yang hadir. semuanya langsung menajajal keunggulan dari OPPO Reno 10X Zoom ini!
Mencoba Kamera Belakang OPPO Reno 10X Zoom nih!
Nggak Ketinggalan Menjajal Kamera Depan!
Saya Juga Mencoba OPPO Reno 10X Zoom Ini.
Setelah merasakan sensasi OPPO Reno 10X Zoom, keyakinan saya atas anggapan di awal tadi bahwa smartphone ini cocok sekali bagi para pencipta konten kreatif terbukti benar. Setidaknya ada lima alasan mengapa aku berpendapat demikian.




Tak hanya mengandalkan kamera, OPPO Reno 10x Zoom ini dilandasi spesifikasi yang nggak main-main. Prosesor Qualcomm Snapdragon 855 yang saat ini terbaik di kelasnya disematkan di varian ini. Keberadaan prosesor ini sebagai dapur pacu menjadikan OPPO Reno 10X Zoom berjalan mulus tanpa lag meski menjalankan banyak aplikasi. Dan lagi, dengan Snapdragon 855 maka penggunaan daya baterai pun dapat efisien dan maksimal hingga 45%.
Dapur pacu terbaik di kelasnya.
Kadang, untuk mendukung kualitas konten yang lebih baik, entah foto maupun video, kita mendapatkannya melalui banyak aplikasi edit foto dan video. Dengan adanya prosesor yang mumpuni ini, kita jadi nggak perlu khawatir. Jalan mulus tanpa takut terputus. 




Sebagai pencipta konten, kita akan berkutat dengan objek yang dapat menghabiskan waktu seharian. Dapat dibayangkan bila kita sudah keluar dari pagi, namun malam hari ternyata masih banyak yang harus kita ambil. Belum lagi kebutuhan lain yang menunjang di sela-sela waktu pengambilan konten seperti main game atau nonton streaming. Untuk itulah diperlukan baterai ponsel yang besar. Nsh, OPPO Reno 10x Zoom ini telah dipasang baterai 4.065 mAh yang dapat tahan seharian tanpa perlu was-was kehabisan daya baterai. Dan nggak hanya itu, ada pula VOOC 3.0 yang telah mendukung pengisian daya cepat (fast charging) yang dapat digunakan bila memang pada akhirnya baterai ponsel sekarat. Tinggal colok sebentar dan voila... baterai terisi banyak.
Dipakai main atau memotret pun bakalan tahan seharian.




Dalam prakteknya, untuk mendapatkan gambar atau video yang baik, maka resolusi yang besar pun jadi barang wajib. Hal ini berimbas dengan semakin besarnya memori sebuah file gambar atau video tersebut. Belum lagi, saat mengambil gambar, para pencipta konten nggak hanya sekali klik. Shoot yang berkelanjutan menjadi senjata utama. Dan pada saat akan ditampilkan ke publik, biasanya hanya satu yang terbaik dari sana. Hal inilah yang memicu perlunya kapasitas memori yang besar. OPPO Reno 10X Zoom ini dibekali penyimpanan sebesar 256 GB dengan RAM 8GB. Sangat cocok bukan? Tak hanya itu, dengan memori yang besar pula, kita dapat memungkinkan untuk mengunduh segala aplikasi yang berguna bagi diri kita sehari-hari tanpa perlu khawatir.
Dari 'Tentang Ponsel' kita bisa mengetahui segala informasi perangkat.


Semenjak booming dengan samrtphone ‘berponi’, perusahaan smartphone pun berlomba-lomba menciptakan poni yang tidak mengganggu aktifitas pemakai. Namun belakangan, tren itu berubah menjadi layar yang tanpa batas (infinity). Hal ini dikarenakan poni tersebut kadang menjadi risih bagi sebagian orang. Untuk mendukung tampilan yang bersih tanpa poni, OPPO Reno 10X Zoom menerapkan teknologi baru: Pivot Rising Camera.
Kamera akan terbuka dengan sudut 11 derajat saat diaktifkan mode selfie.
Pivot Rising Camera ini adalah kamera depan berbentuk segitiga kecil yang akan muncul ketika kita mengaktifkan kamera depan. Beresolusi 16MP dengan kemampuan merekam hingga full HD, kamera ini cocok bagi para konten kreator yang ingin nge-vlog. Ada pula soft light camera yang membantu bila sedang berfoto di keadaan yang gelap.

Untuk membukanya pun hanya dibutuhkan waktu 0.8 detik tanpa suara apapun. Jika kalian beranggapan bahwa tipe kamera yang motorik seperti ini rawan rusak, jangan salah. Ada proteksi Free Fall yang memungkinkan kamera langsung menutup jika merasakan gravitasi yang cepat/jatuh. Dan lagi proses naik turunnya ini sudah diuji coba sebanyak lebih dari 200.000 kali!
Kamera Depan 16MP Bikin Cerah.




Ini adalah bagian paling menarik dan bikin ponsel OPPO Reno 10X Zoom ini menjadi a-must-have bagi para konten kreator. Nggak cukup satu! Ada tiga kamera langsung yang terletak di bagian belakang dari ponsel pintar ini. kamera utama dibekali resolusi sebesar 48MP yang mampu menangkap gambar dengan lebih baik. Ada pula kamera wide 8MP yang digunakan untuk memotret dengan range yang lebih luas. Dan lensa teleskoptik 13MP yang disematkan untuk memfoto objek dari jarak yang jauh hingga perbesaran 10 kali! Gila nggak tuh!

Ketiganya menyajikan kombinasi yang tanpa batas saat membuat konten. Sebut saja lensa teleskoptik dapat digunakan saat kita ingin mencari sudut pandang baru terhadap objek. Dengan perbesaran yang besar, maka detail-detail foto akan lebih terlihat. Bukaan penuh 16-160mm terbukti efektif untuk menjangkau fokus yang lebih baik. Ada pula mode malam yang disokong lensa Sony IMX 586 dengan sensor ½.0”, bukaan lensa f/1.7 yang memungkinkan kita memotret dalam keadaan rendah cahaya.
Hasil Standar Foto OPPO Reno 10X Zoom.
Foto Standar dari OPPO Reno 10X Zoom.
Perbesaran 2X.
Perbesaran 6X.
Perbsaran 10X.
Wide Angle.
Wide Angle + Zoom
Potrait Pun Nggak Masalah.
Kemampuan untuk merekam video pun saat ini sudah amat tinggi. OPPO Reno 10X Zoom ini dapat merekam hingga resolusi 4K! Jernih sekali. Ada pula autofocus yang mendukung pengambilan gambar atau video secara lebih maksimal!
Merekam dengan jernih hingga resolusi 4K.
Ini adalah contoh video yang saya ambil dengan resolusi 4K. Namun pada saat diupload di media streaming, maksimal resolusi yang didapat adalah Full HD. Tapi, masih jelas, dong!






Semua keunggulan yang ada di atas kemudian dirangkum dengan bodi yang futuristik. Layar infinity display dengan panoramic scene 6.6” menjadikannya tampil dengan lebih berkelas. Tidak ada lubang atau ornamen pada layar sehingga rasio screen-to-body dapat mencapai 93,1%. Dan juga pemindai sidik jari yang ada di bawah layar menjadi standar ponsel yang futuristik. Dua warna yaitu Ocean Green dan Jet Black dihadirkan sebagai warna yang kalem namun tetap tegas. Di belakang pun ada o-dot yang melindungi bagian belakang agar tidak tergores. Yang tak kalah penting, Dolby Atmos hadir di ponsel ini! Jadi menghasilkan suara yang lebih baik. Mantul!
Tampilan Belakang OPPO Reno 10X Zoom varian Ocean Green. Keren, ya!
Nggak Ada Notch yang Mengganggu. Full Display!
Setelah puas mencoba, para peserta yang terdiri dari blogger dan media pun berfoto bersama! Tentunya pakai OPPO Reno 10X Zoom, loh.
Para Blogger Berfoto Bersama. 
Bagi saya, pekerjaan sebagai konten kreator atau pencipta konten ini merupakan pekerjaan yag tidak begitu sulit asal kita dapat memaksimalkan apa yang kita punya, melihat lebih jeli, mendengar lebih banyak, dan cepat bereaksi terhadap apapun. Nah, di lokakarya OPPO Reno Zoom Indonesia: Wonderful Journey ini saya menemukan smartphone yang cocok bagi kalian yang ingin terjun menjadi konten kreator. Dengan harga Rp 12.999.000,-, OPPO Reno 10X Zoom ini memiliki segala hal yang kalian butuhkan mulai dari kameranya yang mampu menangkap lebih jauh dan lebih lebar, memori yang besar, baterai yang kuat dan tahan lama, dan kamera depan yang motorik hingga tidak mengganggu tampilan layar. Semuanya dibungkus dengan bodi mewah nan futuristik dengan dapur pacu terbaik saat ini. Jadi, nggak ada alasan untuk menunda membuat konten, kan? Sekarang tinggal kalian apakah ingin mencobanya?

Cheers!

Oh, ya. Untuk lebih tahu tentang OPPO Reno 10X Zoom sekaligus pengalaman saya mencoba varian ini saat lokakarya OPPO Reno Zoom Indonesia: Wonderful Journey tanggal 6 Juli 2018 kemarin, berikut vlog saya. Di sini kalian bisa melihat langsung suasana pada saat acara hingga contoh foto dan video saat menggunakan OPPO Reno 10X Zoom ini! Check this out!




Previous Post
Next Post

post written by:

50 komentar:

  1. OPPO Reno emang keren dan wajib punya bagi pejuang konten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bu. Memudahkan dalam mencari dan membuat konten kreatif.

      Hapus
  2. Butuh banget nih kamera yang kece, biar menangkap moment dengan cepat, trus upload ke sosmed πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe Iya! Dengan kameranya yang bagus bikin cepat buat dibagi ke pengikut. Hehe

      Hapus
  3. Pas banget sdg cari referensi smartphone ni, tengkyu kaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. OPPI Reno 10X Zoom cocok banget buat para konten kreator. Aku merekomendasikan! :)

      Hapus
  4. Alat jepret tambahan buat yang suka cari tempat instagramable. Aku loh IGnya isinya qoute semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhe bisa dimulai diaplikasikan tips-tipsnya. :) Dan yaaaaa pake OPPO Reno 10X Zoom biar bikin lebih keren. :)

      Hapus
  5. Wah klo ada oppo ini, g perlu beli camdig ya,

    Buat content creator pemula seperti saya, baikknya pakai ini dulu da ok bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap. Jadi smartphone sekaligus cameraphone. Lebih ringkas dan enak dibawa-bawa! :)

      Hapus
  6. Mantuuullll banget deh OPPO Reno 10X Zoom ini. Apalagi spesifikasi nya dapat merekam hingga resolusi 4K ya. Mupeeeng saking jernih hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu yang aku suka juga adalah perekaman 4K! Beneran jernih loh. Hasilnya udah kucoba nonton di TV dan sama sekali nggak pecah! :)

      Hapus
  7. iya banget, cepat tanggap nangkep moment tuh penting banget karena ngga kembali lagi.

    Terlebih pake oppo reno, mau dong :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Timing adalah segalanya. Makanya kalau ada alat yang bisa nangkep momen kayak OPPO Reno 10X Zoom ini, pekerjaannya jadi lebih mudah. :)

      Hapus
  8. infonya menarik banget ini, kadang aku malas buat ambil gambar atau momen padahal banyak tempat dan momen yang aku lewati. Tapi semenjak pakai oppo ambil gambar jadi lebih mudah dengan hasil yang baik, btw abis baca tentang oppo reno aku jadi pengen ganti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kadang kita terlalu malas buat ambil kamera, ribet setting, dan berat dibawa ke mana-mana. Kalau ada smartphone yang bisa itu semua yaaa pasti lebih rajin bikin kontennya. :) Yuk #GantiReno10XZoom hehe

      Hapus
  9. Pengen ganti hp baru lagi, pasca baca artikel iniπŸ₯ΊπŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. OPPO Reno 10X Zoom emang menggoda buat dibawa pulang. πŸ˜€

      Hapus
  10. mau eksis di dunia maya emang yang penting itu konten dan toolsnya sih bim. kalau liburannya oke tp toolsnya kurang oke, kualitas kontennya jd ga maksi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Alat emang bukan jadi penentu. Tapi, kalau punya tools bagus pasti bikin kontennya jadi maksimal. Hehe

      Hapus
  11. Baguss bangett kaka.huaaa jadi pen beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk beli yuk. 😎 Bisa ditemui di toko ponsel terdekat di kotamu.

      Hapus
  12. Mantul, gajian beli ah 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iyaaaap. Kalau beli sekarang ada cashback hingga 1.5 juta loh.

      Hapus
  13. woww, mantull kameranya 😎😎

    BalasHapus
  14. mantep ni kameranya, wajib punya ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Bagi yang suka traveling juga jadi barang wajib nih. πŸ˜€

      Hapus
  15. Gawat upil aq bsa keliatan ini ��
    Kereenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena zoom 10x OPPO Reno 10X Zoom yaaa. Hehehe.

      Hapus
  16. Wah makin seru aja nih fitur nya.

    Salam
    Kidalnarsis.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Jadi memudahkan bikin konten kreatif. Hehe

      Hapus
  17. Pengeeeennnnnn ...
    Berguna banget ini emang untuk pengabdi konten πŸ˜‚

    BalasHapus
  18. Apa aku resign dr pabrik aja ya? Jadi pengabdi konten kayak Bimo, biar bisa ke sana ke situ ke sono. Anyway ada juga hp oppo yg gak cuma ngandelin camera dpn buat selfie ria ya, hmmmmm oke jg buat pendukung kegiatan ya Bim. Good luck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. OPPO udah mulai merambah kamera utama yang 'dijual'. Hehe. Makasih banyak udah mampir.

      Hapus
  19. Dari segi harga gimana bim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya untuk OPPO Reno biasa itu kurleb 7 juta sedangkan OPPO Reno 10X Zoom kurleb 13 juta. Ada cashback hingga 1.5 juta loh. Buat harga segitu dikasih keunggulan seperti ini, sangat worth menurutku.

      Hapus
  20. Wow Kak Bimo bener bener panutan nak muda kota Palembang πŸ‘
    Sukses terus, kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha inilah pengabdi konten sesungguhnya, Kak. Wkwk

      Hapus
  21. Wow 10x zoom.
    Mantap banget perkembangan Oppo.Dengan harga segitu worth it juga nih buat ganti hape baru. Makasih infonya, Bim. Kini kutau mau beli hape apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Harga segitu sangan worth kok buat HP ini. Apalagi keunggulan lain yang 'ikut'. Dan ada cashback juga ini! :D

      Hapus
  22. enak banget buat travelling kalau yang males bawa kamera. cakep.
    sukses terus, bim. makasi infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Memudahkan banget. Tinggal keluarin hp dan klik. Konten bagus buat diupload. Gahaha

      Hapus
  23. Emang enak banget sih kerja sambil jalan-jalan :D
    Aku sendiri udah 10 tahunan deh dikomen "enak banget ih weekdays bisa jalan-jalan". Hehe...kagak tau die, pas orang2 libur aku malah lembur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya. Kadang mereka nggak tahu ya, Mbak kalau kita itu harus sediain waktu kapan aja. Dan kebanyakan acara di weekend eh kita yang kerja cari konten ke mana aja. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  24. wah, bakalan jadi 'toolkit' wajib nih!! bisa foto landscape dari jauh lagi.

    #rajinmenabung
    #biarbisajajanhapebaru

    BalasHapus
  25. Ternyata mudah bikin konten dengan OPPO Reno 10X Zoom.. Thanks yaa tipsnya sangat bermanfaatπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus