Minggu, 29 Desember 2019

Pertamina Enduro: Oli Andalan yang Bikin Motor Awet


Bisa dibilang selama aku berkegiatan, motor selalu jadi temanku. Ya, sudah puluhan tahun aku mengandalkan motor sebagai alat mobilitas aku bekerja. Aku masih ingat dulu pamanku yang setia meminjamkan motornya padaku untuk belajar mengendarai motor. Setiap minggu pagi, ia akan mengajakku ke lapangan rumput di dekat rumah. Ia pun duduk di belakangku sementara aku berusaha untuk menyeimbangkan pengendali motor. Yang kami lakukan hanya berputar-putar hingga akhirnya kendaliku mantap. Satu waktu, motor yang kukendarai jatuh dan ya, bikin kepala benjol ditambah luka bakar kena knalpot. Namun itu sama sekali tidak menghalangi langkahku untuk belajar.

Tepat di umur 17 tahun, aku dihadiahi sebuah motor Honda Karisma X warisan punya Papa tahun 2005 sebagai kendaraanku untuk mobilitas ke sekolah. Saat itu rasanya kayak kejatuhan dunia runtuh. Hasil belajar mengendarai motor dulu bisa langsung diaplikasikan langsung! Ya, meski pada kenyataannya motor itu tetap hanya digunakan untuk bolak-balik ke sekolah, namun aku sama sekali tidak protes. Itu adalah motorku yang pertama dan seharusnya aku bahagia, bukan?



Nah, tahun-tahun berlalu, namun motorku Karisma X masih setia menemaniku. Banyak momen-momen lucu nan seru yang kulewati bareng motor ini. Boncengin gebetan? Sudah tentu. Bahkan sampai jadi mantan pun motor ini yang jadi saksi. Yang paling kuingat tentu ketika motor ini membawaku menaiki gunung Tangkuban Perahu di Bandung beberapa tahun silam. Keren kan? Motor dengan usia lebih dari satu dekade ini masih mampu dibawa menanjak jalan gunung yang berkelok dengan tanjakan yang bisa bikin mengelus dada. Dan ketika ketemu teman-teman SMA pun semuanya pada kaget. Kok bisa motor ‘sakti’ ini awet sampai bisa kupakai hingga saat ini?

Rahasia Motor Awet

Orang bilang bahwa sesuatu yang dirawat pasti memiliki umur yang panjang pula. Dan aku setuju. Selama ini motor yang kugunakan bisa dibilang dirawat dengan baik. Meski kenyataannya karena motor tua, ada bagian rusak yang harus diganti, namun buktinya motor yang kupakai bisa awet sampai saat ini. rahasianya pun hanya satu: rutin merawatnya.

Untuk perawatan Si Biru, aku pun nggak macam-macam, kok. Cukup dibawa ke bengkel resmi untuk dicek apa saja yang perlu diperbaiki. Dan tak lupa, satu proses yang selalu kulakukan: ganti oli! Yap, ganti oli! Banyak yang beranggapan bahwa mengganti oli kendaraan cukup dilakukan lima bulan sekali atau selama motor masih menyala dan jalannya masih santai. Namun, tahukah kalian kalau oli mesin  itu sangat penting bagi kendaraan dan salah satu rahasia kendaraan kita bisa jadi awet?

Oli mesin adalah satu cairan yang ada di ruang mesin. Saat kita menghidupkan kendaraan cairan ini dialirkan ke seluruh komponen mesin kendaraan oleh pompa oli. Dilansir dari berbagai sumber, banyak sekali fungsi dari oli mesin. Yang paling utama tentu sebagai pelumas. Pada saat mesin dihidupkan oli ini akan menyebar ke komponen mesin dan pergerakan inilah yang melapisi komponen tersebut. 

Dan pada saat digunakan, oli mesin ini melindungi komponen dari kerusakan. Komponen motor yang bergerak secara simultan tersebut kadang membuat mesin menjadi cepat aus sebab saling bergesekan dan peran oli mesin sebagai pelumas inilah yang dibutuhkan. Panas komponen akan diserap sehingga menjaga temperatur mesin.

Gerakan itu pun kadang membuat mesin jadi cepat panas. Dan dengan adanya pelumas yang berada di antara komponen, suhu dapat diturunkan. Hal ini pula yang jadi fungsi lainnya dari oli mesin. Dengan adanya lapisan itu, maka celah antara dua bagian yang bergerak seperti pistn dan silinder saat menghasilkan tenaga buat mesin. Dengan adanya perapatan ini, maka pembakaran akan jadi lebih maksimal sehingga motor jadi lebih bertenaga.

Oli juga dapat digunakan sebagai pembersih partikel-partikel yang dapat membuat motor cepat rusak seperti kotoran sisa pembakaran maupun partikel-partikel logam yang tergerus akibat gesekan. Oli mesin akan membawanya kemudian menyaringnya melalui filter oli sehingga kotoran tidak akan mengendap.

Mesin yang halus pun akibat dari oli yang ada. Biasanya gesekan saat motor dihidupkan menghasilkan suara yang bising dan oli pun dapat meredam suara yang mengganggu tersebut. Dan tentunya, terakhir oli dapat mencegah karat. Karat terjadi akibat oksidasi dari mesin yang terbuat dari logam. Nah, oli melapisi komponen mesin tersebut sehingga proses oksidasi dapat dicegah. Keren kan?

Untuk itulah, Si Biru selalu aku ganti oli secara rutin. Dengan mengganti oli performa dari kendaraan bermotor kita jadi jauh lebih prima. Mesin-mesin dapat terjaga dari kerusakan. Pun bagi kita yang mengendarainya, semuanya jadi serba mulus dan enak untuk diajak ke mana saja.

Pertamina Enduro 4T Oli Terbaik Pilihanku

Kalau ditanya oli apa yang aku pakai sekarang, jawabannya hanya satu: Enduro 4T. Yap, sejak kemunculannya, oli ini selalu jadi andalan utama bagi Si Biru. Enduro 4T kupilih sebab motor Honda Karisma X-ku adalah motor 4 tak. Enduro 4T ini adalah oli motor terbaik yang memiliki nilai SAE 20W-50 yang cocok dengan motorku. SAE atau The Society of Automative Engineering adalah kemampuan suatu oli dalam menjaga stabilitas kekentalannya terhadap pengaruh suhu lingkungan.


Dan SAE 20W-50 mengindikasikan bahwa oli mampu menyesuaikan kekentalannya pada suhu rendah hingga suhu tinggi. Dengan begitu suhu yang dihasilkan itu stabil sehingga membuat mesin jadi bekerja lebih baik. Oli ini pun terbuat dari bahan dasar mineral yang memiliki kualitas yang tinggi dan aditif pilihan yang didesain khusus bagi motor 4-Tak.


Selain itu, oli ini juga memiliki standar JASO alias Japanese Automative Standard Organization yang memungkinkan kendaraan aman dan baik digunakan. Menurut klasifikasi dari GHS pun, oli ini tidak menimbulkan bahaya dalam kondisi normal. Dalam pemakaianku selama ini, oli ini terbukti mampu membuat mesinku terjaga. Jalan di medan apapun mulus begitu saja. Tarikannya mantap tanpa suara bising yang mengganggu. Pokoknya TOP deh! Dan lagi harga oli motor ini murah loh. Hanya Rp 30.000-an! 

Nah keunggulan lain dari oli motor ini adalah:
  • Memiliki stabilitas shear yang sangat baik yang memudahkan sirkulasi pelumas saat mesin kendaraan dinyalakan.
  • Memberikan efek pendingin dan pelumasan yang opitimal.
  • Memiliki stabilitas oksidasi sehingga mencegah kontak langsung dengan air dan udara yang menyebabkan karat.
  • Menjaga kebersihan mesin.
  • Memberikan perlindungan yang optimal sehingga mencegah mesin aus.
  • Memberikan akselerasi yang optimal sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.


Jadi, nggak salah bukan kalau motorku awet sampai sekarang? Rahasianya hanya satu: rutin dirawat dan selalu pakai Pertamina Enduro 4T: Oli Terbaik Saat Ini!



Latest
Next Post

post written by:

3 komentar:

  1. enduro memang bikin mesn awet dan tangguh
    saya juga pakai lo!

    BalasHapus
  2. Iya tarikan mesin jadi halus emang 🤩

    BalasHapus
  3. Saya jadi pengen pakai Enduro nih buat sepeda motor saya biar awet dan irit bahan bakar

    BalasHapus