Sabtu, 31 Agustus 2019

Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri dengan Modal Jari



“Mas, ada keperluan mendadak nih. Bisa nggak kirim uang sekarang?”

Pesan itu masuk ke ponselku ketika aku baru saja tiba di Shanghai, Tiongkok untuk berlibur tahun lalu. Saat itu, posisiku berada di bandara setelah menempuh perjalanan kurang lebih enam jam dari Jakarta. Satu-satunya akses internet yang kupunya hanyalah wifi bandara. Dan saat aku mendapatkan pesan seperti itu, mau tidak mau cukup bikin aku kelimpungan. Satu-satunya yang kupikirkan adalah mencari mesin ATM secepatnya untuk mengirimkan uang agar dapat digunakan dengan cepat. Namun, belum sempat aku menemukannya, pesan itu datang lagi.

“Mas. Jangan transfer ke rekening. ATM tertelan kemarin.”

Dang. Kata-kata itu serupa petir di siang bolong yang bikin kepalaku sakit. Tengok saja baru saja sampai di negeri orang yang jauh dari Indonesia untuk berlibur, namun sudah dibikin pusing dengan perkara mengirim uang. Jika lagi di Indonesia, mungkin akses buat mengirimnya itu lumayan gampang. Lah, kalau dari luar negeri? Akses terbatas, bahasa terbatas, dan sumber daya terbatas pula? Bisa-bisa bikin liburan yang menyenangkan jadi menegangkan.

Alhasil, sebagai solusi yang bukan solusi aku mengirimkan pesan balik, “Coba cari pinjaman dulu. Nanti Mas ganti saat pulang.”

Kejadian itu masih membekas jelas di ingatanku sebagai peristiwa yang memalukan sekaligus mengerikan. Keadaan yang helpless karena nggak bisa kirim uang dari luar negeri bagi keluarga yang membutuhkan secepatnya jadi momok yang menakutkan bagiku hingga saat ini. Nah, mungkin kejadian ini juga pernah menimpa bagi sebagian orang yang memang memiliki frekuensi untuk ke luar negeri lebih sering untuk liburan atau bahkan para pekerja dan pelajar yang menetap.

Mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri sama ribetnya dengan mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Apalagi bagi orang-orang seperti tenaga kerja Indonesia yang mungkin telah memiliki rekening tabungan bank lokal negeri sebarang, pasti banyak pretelan lainnya yang bikin malas. Belum lagi jika orang yang kita kirimi ternyata tidak memiliki akun bank? Wah, bisa berabe urusan. Seharusnya sih kita bisa merdeka kirim uang, nggak ribet ngurusin apapun yang bikin terhalang. Namun tenang saja. Sekarang ada TrueMoney loh.

Nama TrueMoney mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang, namun kiprah layanan keuangan ini sudah ada sejak 2016 lalu, loh. Dimulai dari ekspansi Thailand terhadap produk layanan keuangan lewat PT. Witami Tunai Mandiri, TrueMoney berada di Indonesia dan langsung menarik perhatian masyarakat. Jika kalian sering lihat logo merah-oranye di kios-kios pinggir jalan, mungkin itu adalah agen dari TrueMoney . Saat ini, TrueMoney terkenal di kalangan para pengguna yang tidak memiliki rekening bank sebagai sebuah solusi untuk mengirim uang. Dengan menggandeng jaringan Alfamart/Alfamidi, para penggunanya dapat dengan dengan mudah mengirim uang ke mana pun yang ada di Indonesia. Jaringan agennya pun tersebar luas di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Dengan begitu, akses untuk mengirim dan menerima uang jadi lebih beragam.


Nah, salah satu fitur plus dari TrueMoney yang membedakannya dengan layanan keuangan lain adalah fitur kirim uang mudah ke luar negeri! Ya, kalian nggak salah baca. TrueMoney adalah cara mudah kirim uang ke luar negeri! Hanya dengan modal satu jari kita bisa Merdeka Kirim Uang ke mana saja. Menarik bukan?


Keberadaan pelajar dan pekerja Indonesia yang menetap di luar negeri menjadi pasar baru yang dilirik oleh TrueMoney . Tiap tahun, jumlahnya meningkat seiring dengan semakin pesatnya kemajuan. Dalam satu tahun terakhir, TrueMoney menghadirkan layanan keuangan untuk mempermudah segala transaksi untuk pengiriman uang, baik ke rekening bank maupun tunai dari/ke dalam/luar negeri. Melalui aplikasi TrueMoney semuanya jadi mungkin loh. Berikut 3 langkah mudah bagi kalian agar bisa menikmati fitur ini!

1. Download Aplikasi TrueMoney di Google Play

Tahapan pertama yang paling penting tentu mengunduh aplikasi TrueMoney di Google Play Android kalian. Sayangnya, untuk Ios, masih belum tersedia, ya. Aplikasi ini nggak berbayar sama sekali jadi praktis digunakan.

2. Registrasi Akun

Setelah aplikasi terunduh, silakan buka lalu kalian akan masuk ke menu log in. Di bagian bawa menu ini, kalian akan menemukan tulisan registrasi. Silakan klik dan isi data diri seperti negara, nomor telepon, nama lengkap, dan password bagi kalian untuk masuk ke menu utama. Bila selesai, tinggal tunggu kode OTP yang masuk ke ponsel kalian lalu masukkan.

3. Verifikasi Data Diri

Silakan log in kembali dengan akun yang telah kalian buat dan kalian akan masuk ke menu utama. Di sini, terdapat banyak sekali pilihan pembayaran dan fitur yang bisa kalian gunakan gratis. Namun, bila untuk mengirim uang, kalian harus memverifikasi data diri terlebih dahulu. Silakan masuk ke menu akun yang terletak di bagian bawah menu utama lalu klik verifikasi akun. Di sini kalian bisa memasukkan data diri seperti KTP, alamat lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, dan email. Tak lupa sertakan foto identitas diri dan selfie dengan memegang kartu identitas. Setelah berhasil di-submit­, kita tinggal menunggu pihak TrueMoney untuk mencocokkan datanya. Dan bila benar... voila akun sudah terverifikasi.
Verifikasi itu penting! (Dok. TrueMoney)

4. Top Up! Top Up!                

Yap. Buat kirim-kirim ke luar negeri, kita harus mengisi saldo TrueMoney kita. Kalau di Indonesia, buat top up bisa pakai bank atau top up langsung di Alfamart! Kalau dari luar negeri, bisa transfer bank Indonesia, kok. Bila selesai bisa langsung digunakan buat kirim-kirim uang.

Nah, saat mentransfer uang, ada dua pilihan yang bisa kita pilih, loh. Kita bisa kirim ke akun bank penerima langsung atau cash untuk diambil di agen-agen TrueMoney yang ada di Indonesia atau negara-negara yang sudah bekerja sama. Untuk biayanya sendiri dapat dilihat pada laman transaksi nanti sebab harganya bervariasi.

Rekening Bank
Untuk kirim ke akun bank penerima, kita cukup pilih menu transfer, terus Kirim Uang ke Luar Negeri. Nantinya, akan ada formulir yang harus diisi seperti negara penerima, pilih ‘Bank’, dan personal data lainnya. Bila selesai, masukkan jumlah uang yang akan kita kirim dan konfirmasi. Uang langsung diproses. Mudah sekali bukan?
Cash Pick Up (Tunai)
Kirim buat cash pick up pun mudah. Sama seperti kirim ke bank. Kita pilih menu transfer, pilih Kirim Uang ke Luar Negeri. Pilih negara penerima, dan pilihan ‘Tunai’, lalu isi personal data. Sehabis itu, masukkan jumlah uang yang akan dikirim lalu konfirmasi. Transaksi pun diproses! Bagi yang ada di Indonesia, bila uang dikirim dari luar negeri lewat aplikasi, uang tunai tersebut bisa diambil di jaringan Alfamart terdekat. Namun, untuk uang tunai yang diambil di luar negeri dari Indonesia, maka uangnya dapat ditarik di akun bank yang telah bekerja sama. Atau dapat pula dengan uang elektronik TrueMoney yang bisa ditarik di agen tertentu di luar negeri.



Nah, saat ini fitur kirim uang ke luar negeri dari Indonesia baru efektif di empat negara nih yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, dan Nigeria. Dan untuk tunai baru dapat di Filipina dan Pantai Gading. Namun, TrueMoney berjanji bakal ekspansi ke lebih banyak negara, loh. Sedangkan kalau dari luar negeri ke Indonesia itu bisa semua! Mau ke rekening bank atau diambil tunai ke Alfamart. Semua bisa!


Saat ini, dunia berputar amat cepat. Satu per satu negara mulai beralih menjadi negara maju. Revolusi industri 4.0 yang perlahan mulai menghantui tiap negara mau nggak mau bikin negara ikut mencari solusi untuk menghadapinya. Dengan semua yang serba digital, maka cara-cara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Orang-orang tak lagi terbatas pada batas-batas negara, bahasa, dan lingkungan mereka. Semuanya melebur jadi satu atas nama jagat maya. Termasuk Indonesia.

Saat semakin banyak orang ke luar negeri untuk tinggal dan menetap maupun untuk jalan-jalan, maka berimbas pada mobilitas yang jadi semakin tinggi. Dan untuk mengimbanginya, semua harus serba cepat, praktis, dan mudah. Namun, itu saja tidak cukup. Semuanya harus dibalut dengan tingkat keamanan yang juga memadai. Termasuk dalam transaksi. Kepopuleran uang elektronik sebagai alat pembayaran menggantikan uang fisik saat ini sedang tinggi-tingginya. Akan tetapi, sedikit yang menjamin proses transaksi yang aman. Apalagi saat ingin kirim uang dari/ke luar negeri.

Meski bank cukup banyak memberi kemajuan teknologi, namun di berbagai kondisi, itu tak dapat sepenuhnya diandalkan. Pengalamanku tahun kemarin membuktikan betapa susahnya untuk mengirim uang karena akses yang terbatas. TrueMoney memberi jembatan dengan fitur transaksi kirim uang tanpa bank ke luar negeri yang baru pertama di Indonesia. Dengan TrueMoney, batasan negara, metode kirim, hingga bentuk yang akan diterima oleh penerima tidak terasa. Kita bebas memilih. Cukup sekali klik lewat aplikasi, semua bisa terjadi.

Bagiku itulah Merdeka Kirim Uang sesungguhnya.

TrueMoney di Taiwan (Dk. Pribadi)
TrueMoney di Malaysia (Dok. Pribadi)
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: