Jumat, 23 Agustus 2019

TrueMoney: Solusi Tepat Mengirim Uang Tanpa Bank


Pernah nggak berada dalam keadaan harus kirim uang namun mager sekali pergi ke bank? Memang, segalanya bisa dengan mudah dilakukan lewat layanan banking. Namun, jika berada dalam situasi tak ada internet, pulsa, atau isi tabungan, mau tidak mau kita harus pergi ke bank untuk setor tunai.

Kalau aku, dulu saat masa-masa tabungan sedang bermasalah, pergi ke bank terdekat yang ternyata nggak dekat sudah bikin malas duluan. Ditambah niat untuk pergi pagi karena sesampainya di sana sudah banyak orang mengantre bak ular dengan berbagai kepentingan di teller setor tunai. Belum lagi isi-isi formulir yang harus lama antre dan setelah selesai pun, uangnya pun nggak langsung bisa diambil. Harus menunggu hingga jam kerja selesai baru bisa digunakan. Bila berada di area yang jauh dari cabang bank manapun misalnya di perdesaan, mobilitas kita dapat terganggu karena harus menyediakan waktu yang cukup lama. Apalagi, saat tahu si penerima uang tidak memiliki rekening pula, ya mau pakai apa?

Perkara mengirim uang memang menjadi perkara yang tricky. Meski dewasa ini kemajuan teknologi perbankan kian pesat tiap harinya, namun kenyataan itu masih tidak bisa menjamin kemudahan akses bagi sebagian orang. Di situasi tertentu dan terbatas, pengiriman uang yang aman, mudah, dan cepat dibutuhkan bagi setiap orang. Terlepas di mana pun ia berada. Merdeka Kirim Uang harus dapat dirasakan oleh masyarakat secara merata. Dan berkaca pada hal itu, akhirnya aku menemukan sebuah solusi yang sangat membantu: TrueMoney.




Tahukah kalian kalau ada sebuah layanan keuangan yang dapat digunakan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali dengan mudah tanpa rekening tabungan? Ya, itu adalah TrueMoney. Sejujurnya, aku baru mengetahui adanya layanan ini beberapa bulan ke belakang dan aku sangat tertarik dengan semua yang ditawarkan.

TrueMoney mulanya terkenal di Thailand pada tahun 2007 sebagai bagian unit bisnis dari Charoen Pokphand (CP) Group dan berhasil meraih peringkat tiga besar sebagai uang elektronik yang digunakan oleh masyarakat Thailand. Nah, barulah pada September 2015, TrueMoney mulai melakukan ekspansi ke Indonesia di bawah payung Ascend Group, melalui PT. Witami Tunai Mandiri. Layanan TrueMoney ini resmi dimulai pada bulan Februari 2016 dan langsung dapat membuktikan diri sebagai pemain uang elektronik yang patut diperhitungkan di Indonesia. Dengan hanya tiga bulan saja, TrueMoney telah memiliki 14.000 agen yang tersebar di seluruh Indonesia! Tak hanya itu, jumlah penggunanya pun mencapai kurang lebih 150.000 dengan 56.000 di antaranya merupakan pengguna aktif. Raihan ini membuat TrueMoney masuk jajaran lima besar layanan keuangan di Indonesia, bersanding dengan bank-bank konvensional. Keren bukan?


Kendala akses bagi setiap orang memang sudah menjalar sejak dulu. Kemajuan teknologi perbankan nyatanya tidak dapat diakses bagi semua orang. Kalangan tertentu lebih nyaman bertransaksi lewat orang yang mereka kenal. Sedangkan bagi milenial, kemudahan itu harus berada di dalam genggaman. Nah, mengetahui hal tersebut, TrueMoney menyediakan layanan kirim dan terima uang yang sangat mudah digunakan. Caranya pun beragam, tergantung yang mana yang paling nyaman bagi para penggunanya. Di sini, kita para pelanggan merdeka untuk bebas memilih metode apa yang kita sukai untuk kirim uang. Ada lewat mesin EDC di agen-agen, Alfamart, hingga langsung klik dengan aplikasi. Mudah, bukan?

Mesin Electronic Data Capture (EDC)
Bagi sebagian orang, transaksi melalui mesin EDC masih menjadi favorit.. Untuk menggunakannya pun mudah. Pertama-tama, para pengguna harus memiliki kartu TrueMoney. Untuk memilikinya, calon pelanggan cukup datang ke Agen TrueMoney terdekat yang tersebar di daerah kalian lalu mengisi formulir pendaftaran dengan membawa identitas diri (KTP/SIM/Paspor). Nantinya, petugas layanan akan melakukan verifikasi terhadap calon pengguna. Bila disetujui, pelanggan akan mendapatkan kartu yang bisa digunakan untuk transaksi melalui agen. Kartu ini nantinya dapat digunakan dengan top up dana hingga cash in.
Kartu TrueMoney dan Mesin EDC Untuk Transaksi Mudah Tanpa Bank (Dok. TrueMoney)
Jika pelanggan ingin mengirim uang, pelanggan dapat langsung datang ke Agen TrueMoney kembali. Petugas layanan akan memberikan mesin EDC lalu melakukan transfer baik cash to cash maupun potong dana langsung dari mesin. Setelah itu, pelanggan akan menerima bukti transfer. Nantinya, penerima uang cukup datang ke kios TrueMoney terdekat dan menunjukkan bukti transfer. Dan voila... uang langsung dapat diambil. Praktis kan? Dengan agen sebanyak kurang lebih 16.000 di 12 kota besar di Indonesia, sudah tentu layanan kirim uang ini jadi solusi cara mudah kirim uang tanpa ke bank.

Alfamart/Alfamidi
Untuk memperbesar jangkauan pengiriman uang, TrueMoney juga saat ini menggandeng ritel Alfamart/Alfamidi, loh. Saat ini, Alfamart/Alfamidi bisa dibilang sebagai ritel maju yang memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia. Ritelnya pun tak terbatas pada perkotaan saja, namun perdesaan kecil pun ikut disinggahi. Melihat potensi tersebut, TrueMoney dalam hal ini melakukan kerjasama dengan pihak Alfamart/Alfamidi untuk pengiriman uang sejak akhir 2017 lalu. Dengan ciri khas TrueMoney yang praktis dan mudah, pengiriman ini pun tak kalah gampang.
Mudah Kirim Uang dari Alfamart dengan TrueMoney (Dok. Sini)
Pertama, para pelanggan cukup membawa identitas diri beserta fotokopinya (KTP, SIM, Paspor) yang masih berlaku ke cabang Alfamart/Alfamidi terdekat. Setelah itu, saat di kasir, informasikan kepada petugas bahwa ingin mengirimkan uang dan petugas layanan akan memberikan formulir yang harus diisi. Terakhir, serahkan formulir beserta uang yang akan dikirim. Jangan lupa, ada biaya pengiriman Rp 15.000,- untuk pengiriman di bawah Rp 1.000.000,- dan Rp 25.000,- di bawah Rp 5.000.000. bila semua sudah diverifikasi dan lancar, maka petugas Alfamart akan memberikan bukti kirim beserta 10 digit kode MTCN kepada pelanggan. Kode inilah yang akan diberikan kepada penerima uang nanti. Dan transaksi selesai!

Cara Mengirim Uang lewat Alfamart

Bagi penerima yang ingin mencairkan uangnya pun tidak sulit. Datang ke Alfamart/Alfamidi dan bilang ke petugas bahwa ingin mencairkan uang lewat TrueMoney. Setelah itu, sama seperti pengiriman, petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Bila selesai, serahkan formulir beserta kartu identitas untuk diverifikasi kembali, dan juga 10 digit kode MTCN yang diterima dari pengirim. Dan dana pun langsung cair tanpa dipotong biaya administrasi! Hebat nggak tuh?

Cara Pencairan Uang lewat Alfamart

Layanan ini bisa dipakai di seluruh cabang yang ada di Indonesia, loh. Dan nggak terbatas pada pelanggan TrueMoney saja. Kode MTCN yang diberi pun berlaku hingga 30 hari. Jadi, bila ingin mengambil beberapa hari kemudian pun, masih bisa dilakukan. Asal ingat, jangan hilang! Bila hilang atau lupa, jangan segan menghubungi layanan konsumen di 0804 1000 100.

Aplikasi
Dewasa ini siapa sih yang nggak pegang ponsel pintar? Bagi kaum modern milenian sepertiku ponsel adalah barang wajib yang harus dibawa ketika bepergian ke mana-mana. Peran ponsel pintar sekarang sudah menggantikan pentingnya dompet bagi sebagian orang. Dengan ponsel pintar, semuanya bisa dilakukan. Bayar makan? Oke. Bayar tagihan? Tentu. Pokoknya segala hal yang berhubungan dengan uang dapat dengan mudah dicapai bila memiliki ponsel pintar. Cukup satu kali klik!
Makin Mudah dan Nyaman dengan Aplikasi (Dok. TrueMoney)
Nah, kemudahan itu pula yang dilihat TrueMoney sebagai sebuah adaptasi. Dengan aplikasi TrueMoney , pengiriman uang jadi jauh lebih mudah. Kalian hanya cukup bikin akun dengan memasukkan asal negara, nomor ponsel, nama lengkap, dan PIN yang nantinya akan digunakan oleh kalian untuk membuka aplikasi. Setelah selesai, kalian dapat melakukan verifikasi untuk memakai fitur pengiriman uang ini.
Verifikasi untuk Menggunakan Layanan TrueMoney (Dok, TrueMoney)
Untuk melakukan pengiriman sejumlah uang, pertama-tama kalian harus top up saldo TrueMoney terlebih dahulu. Nanti dari saldo inilah dapat dikirim ke penerima. Ada tiga cara top up yang bisa kita pilih loh. Sesuaikan saja sama kebutuhan kita. Pertama tentu dengan transfer bank yang cukup dilakukan dengan transfer ke akun virtual yang diberi. Kedua bisa lewat agen TrueMoney yang bisa kita temui di kios-kios bertanda khusus. Dan ketiga tentu lewat Alfamart/Alfamidi. Tinggal bilang ke kasir beserta nominalnya, saldo dapat langsung terisi.

Akun siap. Saldo ada. Tinggal kirim-kirim! Buat yang mau kirim langsung ke rekening bank, bisa banget ternyata. Tinggal pilih menu yang ada di aplikasi, pilih destinasi bank, masukkan nominal, dan kirim! Yang paling kece nih, TrueMoney bisa kirim dan langsung diterima dalam bentuk cash! Tinggal pilih menu tunai yang ada di aplikasi, isi data diri, lalu isilah nomial yang akan dikirim, dan klik kirim. Uang sudah dapat diambil di Alfamart/Alfamidi terdekat!

Tiga pilihan di atas adalah cara TrueMoney untuk memanjakan para penggunanya. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan kalian! Bagiku sendiri, kemudahan yang diberikan oleh TrueMoney adalah solusi terbaik pengiriman uang yang dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.


Bisa dibilang, TrueMoney adalah layanan keuangan yang lengkap. Sesuai komitmen mereka “Merdeka Kirim Uang” yang ingin menjadi rekan bagi orang-orang yang bukan pengguna bank dengan mudah tanpa perlu khawatir, TrueMoney memberikan banyak sekali keunggulan dibanding layanan keuangan sejenis. 
Berlisensi Resmi dari Bank Indonesia
Saat ini, banyak sekali aplikasi fintech yang bertebaran di jagat maya. Beberapa fintech ini terbukti tidak sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Imbasnya, bagi para pelanggan, fintech abal-abal ini memberikan beban bukan jadi solusi keuangan. Lihat saja berita betapa sengsaranya orang-orang yang terjebak fintech seperti ini. Nah, ini tidak akan terjadi dengan TrueMoney. Sejak tahun 2014, TrueMoney telah memiliki izin tertulis langsung dari bank Indonesia, yakni:

  • Izin Penerbit Uang Elektronik nomor 16/129/DKSP tanggal 18 Juli 2014
  • Izin Penyelenggara Transfer Dana nomor 16/152/DKSP/58 tanggal 18 Juli 2014

Keduanya diselenggarakan oleh PT. Witami Tunai Mandiri (‘TrueMoney’). Kantor layanan keuangan ini pun jelas lh yaitu di Gran Rubina Business Park, Generali Tower Lt. 19, Jalan HR. Rasuna Said Kavling C-22, Jakarta Selatan. Jadi nggak ada alasan takut kirim uang karena aman dan dijamin oleh Bank Indonesia.

Tarik Tunai Langsung Tanpa Antre Lewat Alfamart/Alfamidi
Keberadaan Alfamart/Alfamidi sebagai mitra TrueMoney memegang peran penting bagi masyarakat yang kesulitan mengakses perbankan. Dengan keberadaan Alfamart dan Alfamidi yang menjamur maka layanan transfer uang cash to cash jadi lebih mudah dijangkau. Belum lagi prosedur pengiriman uang pun mudah dilakukan. Pengiriman uang dalam negeri pun jadi lebih efektif. Tidak heran TrueMoney diklaim mampu melayani hingga 130 juta pelanggan nasional Indonesia, loh!

Bisa Kirim Uang Ke Luar Negeri!
Bila kita kebetulan sedang berada di luar negeri dan membutuhkan pengiriman uang secepatnya bagi keluarga kita di Indonesia atau sebaliknya, kita pasti kebingungan. Apalagi bagi yang jauh dari akses perbankan. Nah, TrueMoney melayani pegiriman uang ke luar negeri, loh! Bila dari Indonesia, ada lima negara yang bisa dikirimi uang ke rekening bank atau tunai yakni Malaysia, Singapura, Filipina, Nigeria, dan Pantai Gading dengan waktu bervariasi mulai dari real time hingga keesokan harinya. Bila dari luar negeri pun bisa! Untuk tunai bisa melalui jaringan Alfamart atau ke rekening bank langsung diterima saat itu juga! Biaya transaksinya pun rendah mulai dari Rp 3.500,- hingga Rp 30.000,-! Gampang banget kan? Fitur ini cocok banget bagi para pekerja atau mahasiswa yang menetap di luar negeri. Dengan adanya aplikasi TrueMoney , kirim uang ke luar negeri jadi jauh lebih mudah dan murah.
Kirim Uang Mudah Ke Berbagai Negara (Dok. TrueMoney)

Pintu Pembayaran Satu Kali Klik
Jika kalian mengira kalau TrueMoney hanya bisa mengirim uang kalian salah besar. Dengan TrueMoney, kita dapat membayar segala keperluan kita sehari-hari misalnya listrik, BPJS, pulsa telepon, internet, isi saldo GO PAY, hingga asuransi dan televisi. Semua dapat tersedia di agen TrueMoney atau langsung lewat aplikasi! Caranya pun mudah. Kalian cukup ke agen TrueMoney bila memilih pembayaran di agen atau langsung buka aplikasi. Di menu utama aplikasi, sudah terlihat ikon-ikon untuk pembayaran. Tinggal pilih sesuka hati kalian. Jadi nggak ada alasan buat telat bayar atau malas pergi ke tempat pembayaran. Dengan TrueMoney semua bisa dengan satu kali klik!
Bisa Bayar Apa Saja lewat Aplikasi (Dok. TrueMoney)

Fitur Aplikasi Lengkap yang Memanjakan
Adanya aplikasi TrueMoney memudahkan generasi sadar gawai untuk membayar banyak hal. Namun, fitur-fitur lainnya juga nggak kalah penting. Contohnya adalah fitur mutasi. Para pelanggan TrueMoney dapat dengan mudah mencari jejak transaksi apapun mulai dari pembayaran hingga pengiriman dan penerimaan uang. Fitur ini pula dapat diurutkan berdasarkan tanggal sehingga tidak ada yang terlupa. Ada pula poin yang akan didapatkan ketika bertransaksi yang bisa ditukarkan dengan beragam keuntungan! Memanjakan sekali, bukan?


Tak dapat dipungkiri sekarang keberadaan uang elektronik sedang naik-naiknya. Gempuran teknologi dari berbagai pihak memberikan pilihan yang banyak bagi masyarakat Indonesia yang modern. Hal ini berimbas semakin berubahnya gaya hidup masyarakat menjadi cashless. Namun, di sisi lain, pesatnya perkembangan teknologi menimbulkan jarak antara pemakai konvensional dan modern meski keduanya memiliki visi yang sama: transaksi yang serba cepat, praktis, mudah, namun tetap aman. Nah, di sinilah TrueMoney mengambil peranan. Layanan ini menyasar para pelanggan yang tidak memiliki buku tabungan di bank namun tetap dapat merasakan kenyamanan bertransaksi dengan mudah.

Merdeka Kirim Uang yang mereka cetuskan adalah komitmen yang nggak main-main. Bagiku,  merdeka kirim uang berarti kita tak perlu was-was lagi mengirim uang. Merdeka kirim uang juga  berarti kita bebas memilih metode apa yang kita inginkan dalam kirim uang. Dan merdeka kirim uang berarti kita bisa mendapatkan kiriman uang dalam bentuk apa saja yang kita butuhkan. Kapanpun dan di manapun. Tanpa terhalang apapun.

Dan dengan pertumbuhan TrueMoney hingga saat ini, bukan tidak mungkin keinginan itu dapat tercapai dengan baik. Konsisten menjalankan program yang dilakukan oleh TrueMoney pun perlahan membuahkan hasil yang baik. Dengan masuk ke dalam Brand Champion 2019, TrueMoney membuktikan diri. Transaksi demi transaksi dilakukan dengan menggandeng para mitra strategis untuk menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas. Dengan TrueMoney banyak kemudahan yang dapat kita dapatkan sebab TrueMoney adalah solusi untuk segala layanan keuangan.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: