Cuma 5 Menit! Mengurus Perpanjangan STNK di Gramedia World Palembang!


Bagi sebagian orang, berhadapan dengan birokrasi dalam hal apapun merupakan sesuatu hal yang melelahkan. Sudah terbayang rasanya ‘dilempar’ ke sana ke mari tanpa kepastian yang jelas. Belum lagi antre dengan nomor yang bejibun. Rasanya, jika ada jalan pintas kayak pintu doraemon, hal itu bakal dilakuin. 

Namun, sebagai warga negara yang baik, mau tidak mau kita harus turut andil dalam segala hal yang menyangkut kewajiban kita sebagai warga negara. Pun aku. Hari ini, aku diberi tugas oleh orang tua untuk melakukan perpanjangan STNK motor kami yang memang sudah hampir habis masa berlakunya. 

Nah, biasanya, aku sih malas melakukan hal tersebut. Bukannya apa, di tempat aku biasa melakukan perpanjangan STNK, aku harus datang pagi-pagi sekali. Bila pos Samsat dibuka pukul 9 pagi, aku sudah harus ke sana pukul setengah 7 pagi! Itupun kalau mau dapat nomor antrean kloter pertama. Bila telat dikit? Selamat datang di sesi siang. 

Aku pun lantas mencoba mencari solusi lainnya dan baru teringat bahwa Samsat membuka layanan perpanjangan STNK di Gramedia World Palembang sejak tahun lalu! Memang aku sudah tahu informasinya sejak dulu. Akan tetapi, aku tak yakin fasilitas itu masih berjalan hingga saat ini. 


Jadilah, hari ini aku bertekad untuk mencoba. Pukul setengah 9 pagi lebih, aku langsung tancap gas ke Gramedia World Palembang. Menurut informasi yang kuterima, Samsat Gramedia World buka mulai pukul 9. Tak butuh waktu lama, lima belas menit kemudian, aku sampai. Segera aku memarkirkan kendaraan di lantai basement gedung ini kemudian mulai mencari keberadaan Samsat ini. 

Ketika aku melihat mobil berwarna kuning yang sudah bertengger di sana, aku lega. Jadi, Samsat Keliling Gramedia World ini terletak di sisi kanan pintu masuk utama Gramedia World. Bentuknya itu mobil berwarna kuning dengan tulisan Samsat Keliling Online. Segera, melihat itu aku langsung menghampiri petugas yang berjaga. 

Ada tiga orang yang berada di dalam mobil dengan bak belakang terbuka itu: dua dengan seragam polisi dan satu dengan seragam rapi hitam putih. Ketika sampai, aku langsung disapa oleh sang petugas lalu menanyakan keperluan. 

“Mau perpanjangan STNK, Pak,” Aku menjawabnya sembari menyerahkan STNK dan KTP atas namaku dan orang tuaku. 

“KTP-nya satu saja. Ini atas nama siapa?” 

“Orang tua, Pak.” 

Ia pun mengambil lembar STNK dan KTP atas nama orang tuaku lalu aku dipersilakannya duduk. Tak ingin menyiakan kesempatan, aku langsung mencoba foto-foto. Eh, lima menit kemudian, nama orang tuaku dipanggil. Loh? Ada apa ini? Banyak pikiran negatif yang muncul di kepala. Kukira ada kesalahan yang kuperbuat. Aku pun cepat-cepat menghampiri. 

“Seratus tujuh puluh ribu, Pak,” seseorang yang berbaju putih itu bilang sembari menyerahkan lembaran STNK baru beserta KTP orang tuaku. 

Aku ternganga sebentar kemudian sadar. Segera aku mengambil uang yang ada di dompet lalu menyerahkan uang tersebut. Ia pun dengan cekatan memberikan kembalian sembari mengucapkan terima kasih. 

Selesai? Ya! 

Cuma itu? Ya! 

Hanya lima menit? YA! YA! YA! 

OMG. Pernah tahu nggak rasanya kayak dapet pencerahan dan seluruh dunia mendadak terbuka. Aku sama sekali nggak tahu mengurus perpanjangan STNK kendaraan bermotor semudah itu! Lupakan antrean panjang nan lama. Lupakan juga menunggu sistem pembayaran yang sering gangguan. Cuma lima menit saja tanpa neko-neko di baliknya! Luar biasa. 


Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum ke Samsat

Secara garis besar, apa saja yang perlu dipersiapkan itu sama seperti saat kita membayar di Samsat Keliling lainnya. Di Palembang sendiri, pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan di PTC Mall, PS Mall, hingga PIM. Mudah bukan? Kini dengan adanya di Gramedia World sangat membantu dan mempermudah para warga negara menunaikan kewajibannya.
  • Nah, hal-hal yang perlu dibawa ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan itu: 
  • STNK Asli 
  • KTP Asli dengan nama dan alamat yang sama dengan pemilik kendaraan. Bila tidak punya, bawa surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dukcapil dan kartu keluarga. 
  • Jika diwakilkan, bila memiliki alamat yang sama dengan pemilik kendaraan (memiliki hubungan keluarga) cukup membawa KTP pemilik kendaraan dan yang mewakili. Seperti aku tadi, petugas akan menanyakan hubungan keluarga dengan pemilik kendaraan sekaligus mengecek keabsahannya melalui KTP yang diberi. 
  • Jika diwakilkan orang lain, jangan lupa membawa surat kuasa pemilik kendaraan yang diwakili dengan tanda tangan materai beserta fotokopi KTP-nya. 

Sama saja bukan? 

Tata Cara Pembayaran Pajak 

Lagi-lagi, aku yakin tata cara pembayaran pajak kendaraan di Samsat Keliling manapun itu sama. Yang membedakan mungkin durasinya. Di Gramedia World Palembang sendiri, tak ada antrean yang panjang. Jadi durasi bisa dipersingkat. 
  • Hampiri mobil Samsat Keliling Online lalu jelaskan maksud dan tujuan datang. 
  • Berikan segala hal yang sudah dipersiapkan tadi untuk verifikasi. 
  • Tunggu sebentar hingga dipanggil kemudian. Petugas akan memberi tahukan jumlah pajak yang harus kita bayar. 
  • Serahkan sejumlah uang yang diminta. 
  • Petugas akan memproses sebentar lalu menyerahkan STNK yang telah dicetak beserta KTP yang tadi kita beri. 
  • Selesai. 

Nggak perlu lama-lama. STNK sudah tercetak sempurna di tangan. Uhuy! 


Tips untuk Membayar Pajak Kendaraan dengan Mudah dan Cepat 

Nah, berdasarkan pengalamanku hari ini, aku ingin memberikan tips-tips yang sekiranya dapat membantu kalian untuk melakukan perpanjangan STNK dengan cepat dan mudah. 

  • Datang pagi! Ya, selalu usahakan datang lebih awal agar dapat dilayani duluan. 
  • Saat menyerahkan STNK, buka dulu plastiknya. Ini aku lihat yang kadang membuat lama. Ribetnya buka-buka plastik kadang membuat proses jadi jauh lebih memakan waktu. 
  • Pastikan semuanya sudah sesuai prosedur. Coba cek apa saja yang mesti dipersiapkan dan apakah semua sudah sesuai dengan standar. 
  • Ingat, Samsat ini hanya melayani pembayaran pajak tahunan, bukan 5 tahunan, ya! Nggak mau kan kalau disuruh balik lagi oleh petugas?
  • Jangan takut menanyakan pada petugas. Ya, saat aku tadi mengurus pajak kendaraan bermotor, ada satu orang yang tampaknya masih bingung tata caranya lalu menanyakan kepada petugas. Petugas sigap kok memberi jawaban bila memang kalian butuh bantuan. 
  • Selalu sigap dengan arahan petugas. Usahakan selalu memasang telinga kalau sewaktu-waktu petugas butuh konfirmasi ulang. 

Yap, itu saja yang bisa aku bagiin berdasarkan pengalamanku hari ini. Ada saran lagi? Hit me up di kolom komentar ya! 



Cheers! 


Samsat Keliling Online Gramedia World Palembang
Jl. Kolonel H. Burlian No. 48 Kecamatan Sukarame Palembang
Jam Operasional mulai dari 09.00 WIB - 14.00 WIB
Buka Hari Senin - Jumat


18 komentar

  1. wah kirain pembuatan stnk baru nih, karna stnk lama dah mau mati haha

    BalasHapus
  2. Enak bgt bisa lebih cepet prosesnya ya, sayangnya ditempatku blm ada samsat keliling deh. Eh apa aku yg kudet ya. Wkwk

    BalasHapus
  3. Eh, Samsat sekarang kayaknya makin banyak deh lokasinya. Gak cuma di Gramedia World aja yang baru. Di Celentang Bassilica juga baru buka.

    BalasHapus
  4. wah 5 menit? apa mungkin tak ada antrian saat melakukan perpanjangan? atau sebagai pengantri pertama ni?

    pokoknya harus bayar pajak itu penting banget. biar kagak di tilang juga sebenarnya.

    BalasHapus
  5. Wah cukup unik, bisa bayar pajak kendaran di Gramedia World, setelah ada di beberapa mall. Apalagi prosesnya cepet. Seneng tahu pelayanannya selalu ditingkatkan kek gini..

    BalasHapus
  6. Mantap nih, setelah ada dibeberapa mall sekarang udah bisa di gramedia world samsat keliling dan prosesnya juga cepat ya, alternatif yang bagus untuk kita diera yang serba praktis dan ingin cepat.

    BalasHapus
  7. Wah, baru tahu kalo di Gramedia World Palembang bisa perpanjang STNK juga, Bim. Aku biasanya perpanjang di Samsat 2, kompleks OPI Mall. Bener banget tuh, kalo perihal perpanjang2 gini harus datang lebih awal dan kelar pun lebih cepat.

    BalasHapus
  8. 5 menit aja? Keren ih.. apalagi klo sdh ad dimana2,tinggal cari yang areanya paling deket jangkauan kita😉 thx infonya Bim🙏

    BalasHapus
  9. Demi apa baru tau kalo perpanjang STNK bisa di Gramed word. Yeay, thank u informasinya kak bim, mana cuma 5 menit doang lagi. Berasa cuma beli jajan

    BalasHapus
  10. Wah aku juga baru tau nih kalo Samsat ada di Gramedia World Palembang juga. Selama ini aku membayar pajak kendaraan di Samsat Corner PTC. Sepertinya sekarang pelayanan sudah ditingkatkan dan dibenahi, sehingga makin mudah dan cepat. Semoga kedepannya pelayanan makin baik ya...

    BalasHapus
  11. Wah cuma 5 menit selesai ya? Mantap nih kalo cepat kayak gini masyarakat puas dong.. Btw, saya mau ngasih tau ke teman2 ttg info ini kalo ada layanan mobil samsat keliling di GW..

    BalasHapus
  12. Wow cepet banget yak,aku jadi penasaran pengen bayar pajak di samsat GW yangvl deket rumah

    BalasHapus
  13. Nice info. Kalau mau tanya jumlah tunggakan pajak kendaraan juga untuk bayar pajak telat bisa gak di sana?

    BalasHapus
  14. samsat keliling nih ado jugo di depan tvri. tapi yang ngantri biasonyo banyak. utk yg di wilayah kalidoni caknyo lebih deket ke yg tvri daripd gramedia world. tapi mase bayar parkir dak ee?

    BalasHapus
  15. Ini berlaku untuk yang STNK banyuasin jugo dak ye, Bim? Apo kota be?

    Nice info, btw... Baru tahu jugo kalo ternyata secepet itu 😂😂

    BalasHapus
  16. Cepatbanget ya. Aku belum perpanjang stnk nih udah telat 4 bulan. Masalahnya motor plat bandung, ktp palembang. Dulu pas beli pake ktp abalabal

    BalasHapus
  17. Waduh serba guna juga ya di gramedia, bisa perpanjangan stnk pula hihi

    Mantap kak

    BalasHapus
  18. Wah infomatif nih Bim. Jadi buat yang awam jadi tahu cara perpanjang stnk. Semoga pungli pun berkurang.

    BalasHapus