P2P Lending Aman dan Menguntungkan Buat Milenial


“Belum berinvestasi di platform Peer to Peer (P2P) Lending ini?” 

Ajakan itu aku terima bukan hanya sekali, namun berulang kali. Ya, salah satu temanku getol banget berbicara tentang investasi tiap kali kami ketemu. Bukan tanpa alasan memang. Baginya, saat ini anak muda sudah harus mulai melek investasi. Apalagi di era global saat ini. 

Akan tetapi, berbanding terbalik dengan keyakinannya tentang investasi, aku sama sekali tidak pernah tertarik. Bagiku, investasi itu bagian dari ‘buang-buang uang’. Ya, maafkan pikiran bodohku dahulu. Tapi, mungkin banyak juga yang berpikiran demikian. Maksudku, ketika kita menyisihkan sebagian uang untuk ditaruh dalam lini investasi namun hasilnya baru kita bisa nikmati sepuluh dua puluh tahun kemudian? Kok agak sia-sia, ya? Belum lagi paradigma bahwa investasi cuma bisa dilakukan oleh orang-orang berdasi. Aku yang notabene milenial yang nggak kerja kantoran nggak bisa relate. 

Coba siapa yang juga berpikir demikian? 

Nah, anggapan itu berubah sedikit demi sedikit ketika aku mulai mempelajari lebih lanjut tentang investasi. Ternyata, apa yang selama ini aku pikir itu salah besar! Investasi ternyata penting banget bagi para milenial. Apalagi untuk masa depan. Investasi memiliki manfaat jangka panjang dan jangka pendek yang sayang banget buat dilewatkan. 

Misalnya nih, semakin lama kita berinvestasi, nilai investasi akan terus meningkat lho!. Dampaknya tentu bisa kita nikmatin kemudian hari. Hasil dari investasi mampu bikin kita ‘merdeka’ dari segala prahara keuangan yang mungkin menerjang kemudian. Mau bisnis juga bisa! Modal yang kita sisihkan sedikit demi sedikit ini mungkin bisa jadi modal bisnis masa depan. 

Win win solution! 



Mengenal Peer to Peer (P2P) Lending, Hype di Ranah Investasi 

Setelah mempelajari hal tersebut, aku pun merasa mantap ingin berinvestasi. Di era teknologi informasi yang berkembang pesat seperti sekarang, banyak sekali potensi-potensi investasi yang turut hadir. Tentunya masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Namun, tak sedikit juga yang menawarkan pola investasi abal-abal yang malah merugikan. Untuk itu kita perlu jeli dalam memilih investasi yang cocok bagi diri kita. Nggak mau kan malah nantinya kita gigit jari sebab dana yang kita investasikan nggak kembali alias hilang? 

Nah, salah satu pola investasi yang ada adalah P2P Lending. P2P Lending yaitu pemberian pinjaman berupa uang atau modal kepada individu atau kelompok bisnis melalui sistem elektronik. Sederhananya seperti marketplace online yang memiliki toko-toko di lamannya. Kita dapat memilih dan membeli di toko mana akan membeli. Dalam hal ini, bukan barang yang kita beli melainkan uang kita sendiri yang kita pinjamkan ke toko-toko daring tersebut. 

Investasi melalui sistem P2P Lending ini lagi hype banget di kalangan milenial. Hal ini dikarenakan prosesnya yang mudah dan kekinian banget. Seperti crowdfunding di luar negeri. Cukup lewat aplikasi atau web resmi investasi bisa dilakukan. Dan satu hal lagi, nilai investasinya yang mulai dari ratusan ribu yang bikin milenial girang. Keuntungan yang didapat pun beragam tergantung di mana tempat yang ingin kita investasikan. Selain itu, kita pun dapat membantu bisnis atau usaha yang sedang berkembang, seru bukan? 

Akseleran, Investasi Pendanaan yang Cocok untuk Milenial 

Nah, salah satu penyedia jasa P2P Lending adalah Akseleran. Aku menemukan platform ini dan mulai tertarik dengan sistem yang mereka beri. Kemudahan akses dan keterbukaan informasi menjadi nilai lebih Akseleran di mataku. Informasi yang mereka kasih di website beserta jajaran orang di belakangnya memberikan rasa aman, setidaknya bagiku yang ingin memulai. 

Akseleran dengan nama panjang PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia adalah sebuah startup yang menyediakan jasa untuk menghubungkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usahanya dengan para pemberi pinjaman yang ingin mendanai. Dalam hal ini, Akseleran sebagai perusahaan P2P Lending menyediakan dua fitur yaitu jasa kepada para peminjam (borrower) yang berupa akses permodalan pelaku usaha dan peluang pemberi pinjaman (lender) dengan keuntungan bunga yang kompetitif. Sejak didirikan pada tahun 2017, hingga saat ini Akseleran mampu menjadi pilihan bagi para investor pemula yang ingin mencoba mengembangkan dana serta membantu berbagai pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. 

Yang paling penting dalam melihat sebuah bisnis investasi adalah keamanan lembaga penyedia jasa. Akseleran sendiri sudah resmi memiliki izin usaha sebagai perusahaan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi loh! Hal ini tertuang dalam keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam surat tanda berizin KEP-122/D.05/2019 pada tanggal 13 Desember 2019 lalu. Jadi untuk masalah kredibilitas sih Akseleran sudah dijamin! Jadi sama sekali nggak perlu khawatir.


Hingga saat ini pula sudah lebih dari 2.000an peminjam dengan total pinjaman yang tersalurkan lebih dari Rp1,1 triliun hingga Akhir Maret! Uang semua tuh! sepanjang tahun 2020, yakni hingga 2 April 2020 tercatat total pinjaman yang tersalurkan sudah menyentuh angka lebih dari Rp191 miliar! Dan di akhir 2020, Akseleran bersiap menyalurkan total pinjaman usaha kepada UKM di seluruh Indonesia sebesar Rp2 triliun. Bukan abal-abal kan? Akseleran P2P Lending yang aman, mudah dan menguntungkan! 

Cara menggunakan Akseleran pun mudah dan kekinian banget. Lewat aplikasi yang diunduh di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS), mengembangkan dana mudah hanya lewat jari, loh! Ada dua tahap penting yang perlu dilakukan agar bisa langsung berinvestasi pendanaan ke berbagai jenis usaha yang membutuhkan pinjaman. 

Langkah Aktivasi

Langkah ini tentunya buat kita agar terdaftar di basis data Akseleran. Bahasa kerennya itu registrasi. Di sini kita diminta untuk memasukkan data diri kita agar akun kita bisa digunain. 
  1. Pastinya download dulu aplikasinya lewat Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS), atau bisa melalui website Akseleran di www.akseleran.co.id/daftar ya! 
  2. Buka aplikasi lalu coba lihat informasi yang tersedia. Baca yang benar buat lebih tahu apa itu Akseleran. 
  3. Klik daftar lalu masukkan email dan password kita. Jangan lupa baca persetujuan yang ada di sana pula ya untuk kebijakan privasi dan aplikasi. 
  4. Nah, ini yang terpenting! Masukkan kode referral yang ada buat dapetin saldo gratis dari Akseleran! Nggak punya? Masukkan kode AKSLBIMO327602! Tunggu notifikasi saldo gratis Rp100.000! Lumayan, kan? 
  5. Nah, setelah itu, silakan verifikasi akun dengan membuka email yang dikirim oleh Akseleran. Ada tautan yang harus diklik oleh kita. 
  6. Mulai untuk verifikasi nomor ponsel nih, Masukin nomor HP kita, lalu tunggu SMS OTP yang masuk. Setelah itu silakan klik untuk mengaktifkan! 
  7. Untuk preferensi, kita pilih Lender untuk berinvestasi pendanaan! Kemudian karena kita bukan badan usaha atau lembaga kita pilih perseorangan deh. 
  8. Voila, akun sudah bisa digunain! 

Langkah Verifikasi Data Diri

Verifikasi ini diperlukan buat kita sebagai penjamin nih. Untuk itu kita harus siapin KTP dan NPWP. Langkahnya nggak ribet, kok! 
  1. Foto KTP kita beserta foto selfie kita memegang KTP. Bila sudah, lihat data yang terisi, pastikan semuanya lengkap dan benar. 
  2. Masukkan nomor rekening bank pribadi atas nama kita, ya! 
  3. Nah, tahap selanjutnya adalah proses e-KYC. Jadi, biar legal dan dijamin undang-undang, maka dokumen legal harus ditandatangani dengan e-KYC ini. langkah-langkahnya cukup ikuti saja tahapan yang ada di aplikasi ya! 
  4. Cek email yang kita terima, dan bila ada tulisan berhasil, selamat! 

Mengembangkan Dana di Akseleran 

Setelah semua tahap terpenuhi, kita udah bisa gunain nih. Di halaman depan aplikasi banyak sekali usaha-usaha yang butuh modal. Kalian bisa pilih salah satu yang mana yang kalian rasa tertarik untuk memberi pinjaman. 
  1. Cukup klik satu usaha atau campaign yang bikin kalian tertarik di halaman utama. 
  2. Selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman data yang ingin kalian pinjamkan dana mulai dari dana yang telah terkumpul, jumlah pinjaman bunga, tenor, hingga akhir penggalangan dana. Tak lupa, pelajari data lain seperti identitas usaha, highlight usaha, jadwal angsuran, hingga histori pinjaman. 
  3. Bila kalian telah yakin, silakan klik berikan pinjaman di halaman yang sama. Dan sehabis itu kalian akan dibawa ke halaman konfirmasi. 
  4. Masukkan dana yang ingin kalian pinjamkan. Enaknya nih kalian bisa mengembangkan dana mulai dari Rp100.000! Mau lebih pun bisa, kalian cukup tambah dana dengan transfer ke bank yang bekerja sama dengan Akseleran. 
  5. Selanjutnya silakan klik lanjutkan dan beri pinjaman! Dan tunggu hingga dapat notifikasi lebih lanjut. 
  6. Bila selesai, selamat kita udah mulai mengembangkan dana nih!

Tarik Hasil Investasi Pendanaan 

Selama masa tenor, peminjam akan membayar dana yang dipinjam dan membayarkan bunganya. Nah, kita sebagai pemberi pinjaman (lender) akan menerima bunga yang diberi tiap bulan berdasarkan jumlah tenor yang ada. Lumayan bukan? Hasilnya bisa langsung kita dikirimkan ke rekening tabungan kita loh! Mudah dan praktis banget! Cukup lewat laman Dana yang ada di aplikasi! 


Tujuh Alasan Milenial Harus Mengembangkan Dana di Akseleran 

Nah, setelah mengetahui seluk beluk Akseleran di atas, kalian masih ragu? Nih, aku beri enam alasan kenapa kalian harus banget Mengembangkan Dana. 

  • Pertama tentunya AMAN. Ya, Akseleran sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, Akseleran pun sudah mendapatkan sertifikasi ISO27001 full scope. Jadi Nggak perlu khawatir lagi! 
  • Dua pastinya MUDAH. Seperti yang kalian tahu, proses kita mengembangkan dana itu cukup dengan satu jari saja bila lewat aplikasi. User interface-nya pun mudah untuk diikuti sehingga cocok bagi Generasi Z. 
  • Tiga itu TERJANGKAU. Kalian bisa berinvestasi mulai dari Rp100.000. Nggak seberapa dibandingkan dengan banyak boba yang kalian minum sebulan kan? 
  • Empat adalah TRANSPARAN. Sebelum kalian memberikan pinjaman, kalian bisa melihat dan menelaah terlebih dahulu profil peminjam. Nggak ada yang ditutupi. Data-datanya lengkap. Kita juga dapat melihat progres dari dana yang kita pinjamkan di kolom portofolio. 
  • Lima yang nggak boleh ketinggalan yaitu MENGUNTUNGKAN. Dengan sistem P2P Lending, kita bisa melihat, mengontrol, dan memutuskan mana saja peminjam yang memiliki keuntungan bunga paling besar ke kita. Alternatif investasi yang apik bukan?? 
  • Enam sudah tentu LENGKAP. Berbeda dengan aplikasi sejenis, di Akseleran ini, fitur-fitur yang dikasih itu lengkap banget mulai dari fitur auto lending, dokumen kita, hingga kalkulator finansial yang pastinya berguna banget buat milenial yang baru mulai investasi. Fitur-fitur ini membuat kita semakin paham dan memiliki proyeksi bagaimana pendanaan kita akan berjalan. Bagus bukan? Nggak beli kucing dalam karung! 
  • Tujuh sebagai pelengkap yaitu PROMO! Ya, Akseleran banyak sekali menghadirkan promo yang menguntungkan bagi para penggunanya nih. Untuk pemberi pinjaman (lender) sendiri, dengan sistem referral kita juga bisa dapet untung. Apalagi saat pertama sign up. Ada saldo cuma-cuma senilai Rp100.000! Pakai kode AKSLBIMO327602 ya! 

Aku rasa, bagi milenial yang ingin memulai investasi pendanaan atau mengembangkan dana, Akseleran bisa jadi pilihan P2P Lending yang aman, mudah dan menguntungkan. Dengan kelebihan yang banyak tersebut, kita para milenial ternyata juga dapat mengembangkan dana dengan mudah, bukan? Tertarik untuk mencoba? Yuk mulai mengembangkan dana!


Cheers!

16 komentar

  1. Banget, keamanan adalah nomor satu, jika sudah merasa aman, mendapat keuntungan apalagi dimudahkan. Menarik Bim infonya:) makasih yaa...

    BalasHapus
  2. Akseleran udah mudah, aman, terjangkau, transparan, menguntungkan dan banyak kelebihan lainnya. Kayaknya aku mau coba investasi pendanaan ini
    Thanks infonya kak bimo

    BalasHapus
  3. Jadi tahu soal investasi kece dari tulisan ini. Dan sekarang invest pun udah bisa modal jari ya Bimo. Ntar aku pelajari lagi, soalnya ngerasa duit di tabungan cepat menguap (padahal jumlahnya pun tak seberapa itu). Penting emang berinvestasi untuk masa depan dengan anak bini eaa

    BalasHapus
  4. waaa sekarang investasi pun udah sangat dipermudah dan udah banyak yang ngajakin kaum milenial yaa, kalo aku sendiri masih harus banyak belajar soalnya banyak yg belum paham hehe

    BalasHapus
  5. Benerrr, investasi bakal dirasain banget manfaatnya di suatu saat nanti. Istilahnya tu menanam dulu di awal, memanen di akhir uhuy. Makasih kak Bimo infonya :D

    BalasHapus
  6. investasi ini memang bagus ya untuk masa depan. tapi salut juga kaum milenial udah mulai berinvestasi

    BalasHapus
  7. Wah asyik, bisa langsung dapat saldo Rp 100.000
    Mau coba ah, udah lama pingin coba invest di p2p lending

    BalasHapus
  8. Wah sekarang ada platformnya ya untuk berinvestasi dan bisa dijalankan secara Online.. Ini pas banget untuk kaum milenial ya Bimo..

    BalasHapus
  9. Tips keren soal investasi. Peer to peer hampir kebaca jadi beer to beer, becanda. Salam pagi Bimo. Keep writing ya.

    BalasHapus
  10. Aku sudah coba ni kak..
    Seru ya, karena mulai dari 100K, smua orang bs coba investasi, termasuk kaum milenial

    BalasHapus
  11. Sepertinya investasi yang gampang untuk yg pemasukannya ga jelas kaya aku ๐Ÿ˜‚

    Makasih ulasannya, Bim.. Vote bermanfaat ๐Ÿ˜›

    BalasHapus
  12. Sekarang banyak baget ya Kak, model investasi kayak gini. Ada yang syariahnya nggak ya, Kak? Kalau ada pengin nyobain, kalau belum ada, nunggu ada deh.

    BalasHapus
  13. Setuju tapi harus pinter banget milih biar ga jebol kena tipu ya
    Aku ikut p2p lending di tanifund ratenya lumayan12% ke atas

    BalasHapus
  14. Wahhh baru tau. Sangat bermanfaat sekali ilmunya kak bimo ๐Ÿ’ƒ

    BalasHapus
  15. Informasinya menarik sekali tapi kenapa ya aku belom mau ikutan hal hal ini

    BalasHapus
  16. waah saya baru tau kak. sepertinya menarik sekali ya untuk dicoba hehehe

    BalasHapus