Mendarat di Kopi Darat Garden Cafe Palembang


Bisa dibilang aku orangnya malas sekali nongkrong. Kalau nggak buat urusan atau momen-momen tertentu, aku lebih suka rebahan di rumah. Alhasil referensi tempat tongkrongan yang kupunya itu sedikit. Di saat yang lain sibuk keliling kedai kopi, aku sama sekali tidak tertarik. Padahal hype-nya udah menjalar ke seantero negeri.

Nah, kemarin, setelah selesai acara Piknik Hukum dan Jiwa dari Sister Circle ID, aku bersama teman lain bingung menentukan ingin ke mana selanjutnya. Posisinya saat itu hujan baru saja menggenang. Dan awan matahari kayaknya malu-malu buat kembali ke atas. Dan di sanalah, Koh Deddy Huang tiba-tiba melempar sebuah nama tempat yang asing di telinga.

"Kopi Darat, yuk! Dekat sini. Tempatnya juga asik. Ini tipe tempat yang Bimo suka pasti!"

Mendengar itu, jiwa penasaranku meronta. Seperti yang kubilang, untuk hal-hal seperti ini yang aku suka adalah ambience tempat makan. Untuk makanan aku taruh di nomor dua. Segera, aku pun langsung mengiyakan, diikuti dengan teman-teman lain. Jadilah, siang itu aku memacu kendaraan menuju sebuah tempat nongkrong bernama Kopi Darat.


Kafe Taman di Palembang

Kopi Darat adalah sebuah kafe dengan konsep taman yang terletak di Jalan W.R. Supratman No. 2 Sekip Jaya, Palembang. Sejak didirikan akhir tahun lalu, Kopi Darat sudah jadi pilihan tepat bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Pertama kali masuk ke dalam sini, konsep tamannya langsung terasa dan nggak cuma terkesan main-main.


Pertama kali masuk dari tempat parkiran, aku sudah bisa melihat luasnya tempat ini. Aku memperkirakan kurang lebih ada 3 rumah yang dijadikan satu kawasan. Dan menariknya lagi, setiap sudutnya itu memberi kesan yang berbeda pula. Banyak sekali tanaman hijau yang ada di sekeliling Kopi Darat. Di tengahnya pun, terdapat kolam kecil yang juga dikelilingi tanaman hijau. Jika aku harus menyimpulkan dalam satu kata: Kopi Darat itu teduh.


Yang aku suka pula adalah ornamen kayu yang ada di sini cocok sekali dengan keseluruhan tema. Dan juga tiap sudur memiliki partisi yang berbeda-beda. Mau nongkrong santai bersama keluarga? Ada kursi sofa yang bisa dipilih. Atau mau kumpul sama teman-teman? Pilihan outdoor tersedia. Mau di bawah atau atas juga bebas. Dan bila ingin sekadar mencium aroma kopi yang sedang dibuat, bisa duduk di dekat meja barista. Ini yang bikin suasananya asik dan nggak ngebosenin! Pilih ajalah!



Menu Kopi Darat Garden Cafe Palembang

Jika kalian pikir Kopi Darat hanya menyajikan kopi saja, kalian salah besar. Sejak awal, mereka memang tidak melabeli diri mereka sebagai kedai kopi, tapi kafe. Jadi banyak sekali menu yang ada mulai dari makanan ringan, berat, hingga desert. Pilihan minumnya juga nggak terbatas pada kopi saja, loh! Harga menunya juga dibilang cukup terjangkau mulai dari harga Rp 20.000-an!

Kemarin, aku dan teman-temanku memesan menu rekomendasi dari Kopi Darat. Karena sudah lapar, kami memesan sapo tahu, dori telur asin, dan kwetiau untuk makan besar. Sedangkan minumannya yaitu vanila frappe, metro sekip, hingga jus. Untuk makanan ringannya sendiri ada roti bakar cokelat keju yang dapat dipesan. Lengkap kan?



Dari semua itu, aku berkesempatan mencicipi beberapa makanan. Kwetiaunya menurutku lumayan enak. Toping-nya juga royal banget. Teksturnya juga masih kenyal sehingga enak disantap. Dori telur asinnya juga creamy. Nggak terlalu overpowering. Dan yang terpenting, ikannya masih crispy! Dipadukan dengan nasi pun lemak!

Nah, untuk minumannya itu aku pesan vanila frappe. Dan bisa kukatakan ini vanila frappe paling enak yang pernah kuminum. Nggak terlalu manis namun es krimnya bikin segar sekali. Top lah! Nah yang unik itu metro sekip! Gabungan espresso dan lime bikin sensasi minum kopi yang… unik? Bagi sebagian orang mungkin suka. Sementara yang lain mungkin perlu pikir-pikir dan mencari pilihan yang lebih 'aman'.



Jadi, bagi para pemburu tempat asik buat nongkrong, kalian bisa banget mencoba Kopi Darat. Dan nggak hanya buat anak muda, Kopi Darat juga cocok banget bagi keluarga untuk berkumpul bersama. Jadi, tertarik untuk mencoba?


Cheers!

9 komentar

  1. Hi mas Bimo, salam kenal :)

    Saya juga tipe orang yang lebih fokus ke suasana sebuah tempat, while persoalan makanan itu nomor dua soalnya saya suka makan di tempat yang menyenangkan biar lebih terasa puas saat mengunyah (entah ada hubungannya apa nggak) :"""D

    By the way, dari foto-foto di atas, memang Kopi Darat Garden Cafe terlihat asik untuk bercengkerama bersama teman-teman. Konsep rustic-nya menyatu dengan suasana ala industrial merupakan salah satu favorit saya :D mungkin kalau makan di sana, even though makanannya biasa-biasa saja akan terasa jadi lezat, ya :))

    BalasHapus
  2. Suasananya kelihatan adem, mungkin karena hijau2nya yang rapi dan tertata. Keknya enak bawa anak2 kesana...semoga bisa terwujud setelah pendemik berakhir. Makasih Bim infonya, menarik sangat😍

    BalasHapus
  3. Hmmm tempatnya telihat cozy banget. Someday pingin mampir ke sini ah :)

    BalasHapus
  4. Tempatnya adem dan kayaknya bikin nyaman kalo berlama-lama di sana. Makanannya juga terlihat enak. Jadi tempat bukber seru juga nih.. semoga covid-19 segera menghilang menyambut ramadhan. Aamiin

    BalasHapus
  5. Wow kueren bingit tempatnya Bim. Hommy, sejuk dan nyaman. Apalagi menu makanannya, kelihatan enak. Kapan dicobain cuss kesini..

    BalasHapus
  6. Sepertinya ini ccok untuk kaum milenial dan anak muda ya mas?
    KOPDAR, seperti gathering aja namanya hehe

    BalasHapus
  7. pengen ngafeee tapi PSBB :(

    BalasHapus
  8. sehabis pandemi, pengen banget ke palembang.. mau icip!

    BalasHapus
  9. Masuk note kalau nanti berkunjung ke Palembang hehe

    BalasHapus