SiKasep, Cara Mudah Beli Rumah di Tengah Corona


Siapa sih yang tidak pengin punya rumah? 

Banyak orang memimpikan rumah pertamanya di usia dua puluhan. Apalagi, kaum milenial. Dilansir Kompas.com, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan diperkirakan ada sebanyak 81 juta milenial yang ada di Indonesia belum memiliki rumah. Padahal, bila menilik potensinya, milenial merupakan pangsa paling besar yang ada. Keengganan masyarakat khususnya milenial dalam memiliki rumah ini disebabkan oleh beberapa faktor pendukung misalnya harga hunian yang terus naik, integrasi transportasi, hingga pola perilaku milenial yang lebih konsumtif. Kemudahan akses informasi juga patut dipertimbangkan. 

Selain itu pula, keberadaan rumah amat penting bagi masyarakat Indonesia yang memiliki penghasilan rendah. Namun berbanding terbalik dengan tingkat kesanggupan memiliki hunian. Berdasarkan data yang dihimpun dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Bank Indonesia, harga hunian yang ada di Indonesia naik 39,7% dalam satu dekade. Sementara suku bunga pinjaman untuk pembelian rumah berbanding terbalik dengan rata-rata Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal inilah yang memicu keberadaan hunian menjadi opsi kedua. 



Mengenal SiKasep, Inovasi Pembelian Rumah Subsidi 


Hunian yang layak bagi masyarakat Indonesia khususnya yang memiliki penghasilan rendah sudah jadi perhatian bagi pemerintah Indonesia dari dulu. Pada tanggal 15 Juli 2010, pemerintah membentuk Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan yang bertugas untuk menangani pemberian subsidi dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi masyarakat yang membutuhkan. Nah, FLPP ini memiliki fitur-fitur yang dibuat untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) meliputi suku bunga 5% fixed, jangka waktu hingga 20 tahun, angsuran terjangkau, bebas premi asuransi, bebeas PPN, dan uang muka ringan. Nah, dengan kemudahan-kemudahan itu, pada tahun 2020, target realisasi anggaran PPDPP ini bernilai 11 triliun rupiah atau 102.500 rumah. 



Untuk mendukung realisasi anggaran yang lebih cepat dan tepat, Kementrian PUPR melalukan program pembaharuan infrastruktur berbasis inovasi di bidang teknologi. Melalui BLU PPDPP, pemerintah meluncurkan Sistem Informasi KPR Subsidi Penuh atau bisa disingkat menjadi SiKasep pada tanggal 19 Desember 2019. SiKasep sendiri bertujuan untuk mempermudah Masyarakat Berpenghasilan Rendah dan milenial menemukan rumah subsidi impian mereka yang sesuai dengan kebutuhan mereka. SiKasep menjamin pembelian hunian bersubsidi dengan proses yang lebih mudah dan cepat. Hanya dengan satu genggaman. 

SiKasep bekerja dengan menghubungkan masyarakat, pemerintah, bank pelaksana, dan pengembang dengan sistem host to host sehingga proses pencarian, pengajuan, hingga pembelian dapat terintegrasi secara langsung. Bantuan dana FLPP dapat disalurkan dengan transparan dan tepat sehingga dapat dipantau langsung bagi semua pihak. Secara umum, terdapat empat pintu kerja dari SiKasep yaitu: 
  1. Masyarakat mengakses melalui aplikasi SiKasep. 
  2. Pengembang menyiapkan data perumahan melalui aplikasi SiKumbang, 
  3. Verifikasi dilakukan oleh bank pelaksana. 
  4. Bila disetujui, PPDPP akan memproses kemudian menyalurkan dana FLPP sembari tetap melakukan monitor pelaksanaan. 


Nah, keempat pintu itu berjalan simultan sehingga memudahkan proses pembelian rumah subsidi. Selain itu, SiKasep juga bekerja berbasis koordinat dan lokasi. Ketika kita mencari rumah, kita akan otomatis diberikan pilihan perumahan yang ada di dekat lokasi kita saat ini. Dengan mengusung konsep big data informasi-informasi mengenai perumahan tersebut tersedia sehingga data yang ditampilkan dapat lebih akurat. Ketersediaan rumah pun dapat dipantau secara real time. 

Memasuki bulan ke tujuh, SiKasep menerima respon baik dari masyarakat. Berdasarkan data yang diberikan Kementrian PUPR, terhitung dari tanggal 26 Juni lalu, sudah ada sebanyak 175.510 calon debitur yang mengakses aplikasi SiKasep. Sementara 143.48 di antaranya dinyatakan lulus pemeriksaan subsidi. Yang telah menerima bantuan pun ada! Lebih dari 70.000 telah menerima dana bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. 

Pilihan perumahan subsidi yang dapat diakses pun sudah jauh lebih banyak. Saat ini, melalui Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKembang), terdapat lebih dari 10.000 lokasi! Data yang telah terintergrasi dengan SiKasep pun mencapai 9.694 lokasi sementara rumah yang tersedia mencapai 29.135! Banyak, kan? Jadi calon pembeli dapat memilih rumah subsidi sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Untuk bank pelaksana pun, SiKasep menggandeng 37 bank yang terdiri dari 10 bank nasional dan 27 Bank Pembangunan Daerah. Bank-bank pelaksana ini diharapkan mampu memberi banyak solusi bagi calon debitur untuk memilih di mana mereka akan melakukan cicilan. Keren, bukan? 

Untuk mengakses SiKasep, masyarakat hanya perlu mengunduhnya di playstore. Selanjutnya untuk mendaftar aplikasi SiKasep, cukup ikuti langkah mudah berikut: 
  1. Masukkan data diri di aplikasi yang tersedia. Data-data tersebut meliputi Nama, Sandi, Konfirmasi Sandi, Nomor KTP, NPWP, Penghasilan Perbulan, hingga nomor HP. 
  2. Untuk proses verifikasi, ambil foto diri yang lagi memegang KTP. 
  3. Selanjutnya cukup foto KTP saja. Selesai. 
Nah untuk melakukan pencarian rumah dan mengajukan KPR melalui aplikasi SiKasep pun nggak kalah mudah loh. 


  1. Buka aplikasi SiKasep dari ponsel pintar kemudian masuk menggunakan nomor KTP dan Password. 
  2. Pilih Menu Lokasi Rumah Idaman Anda lalu masukkan data lokasi seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Kecamatan. 
  3. Selanjutnya pilih menu Perumahan Sekitar Rumah Idaman maka akan muncul daftar perumahan yang ada di sekitar pilihan kita tadi. 
  4. Klik Lihat pada daftar perumahan kemudian akan muncul data berupa foto perumahan, nama pengembang, dan alamat. Jika tertarik, silakan klik tombol Pilih. 
  5. Setelah selesai memilih, masuk ke menu Pilih Bank Pelaksana KPR Subsidi dan akan muncul 37 pilihan bank pelaksana. 
  6. Bila sudah, pantau status pengajuan di menu Cek Status Pengajuan KPR. Di sini, proses pengajuan akan terlihat per tahap. Jadi transparan. 
  7. Bank pelaksana akan menghubungi untuk menindaklanjuti pengajuan KPR.
  8. Setelah diverifikasi dan semua tahapan selesai, selamat rumah impian sudah jadi milik kita! 

SiKasep, Solusi Cari Rumah di Pandemi Corona 

Seperti yang kita tahu, pandemi Covid-19 telah menghantam seluruh negara yang ada di belahan dunia. Banyak sekali dampak yang diberi bukan hanya di bidang kesehatan, namun juga materi. Hal ini mengubah pola masyarakat dunia menjadi lebih pasif. Di Indonesia sendiri, gelombang pandemi Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda untuk turun. Meski pemerintah mencanangkan New Normal dengan mengadaptasi kebiasaan baru untuk tetap bersih dan menjaga kesehatan di tengah gempuran virus, namun ekonomi masih terlihat lesu. 

Hal ini pun berpengaruh pada sentimen masyarakat untuk membeli rumah yang semakin menurun. Selama ini proses membeli rumah dianggap sebagai proses yang melelahkan. Dalam menemukan hunian yang pas, calon pembeli diharuskan datang langsung ke lokasi, bertemu agen atau pengembang, mengurus pembayaran atau cicilan, hingga melakukan akad. Sedangkan di era sekarang, masyarakat cenderung ingin semua lebih mudah dan cepat. Bagaimana mungkin hal tersebut dapat dilakukan di tengah pandemi, bukan? 

Di era pandemi di mana interaksi sosial antar manusia dibatasi, Kementrian PUPR memastikan untuk tetap dapat memberikan pelayanan prima melalui SiKasep bagi masyarakat yang menginginkan subsidi rumah. SiKasep mengalihkan cara-cara manual yang biasa kita lakukan dan dinilai rumit menjadi lebih sederhana dengan cara yang kekinian pula. SiKasep adalah cara baru yang diharapkan dapat menjangkau lebih luas masyarakat terlebih kaum milenial untuk memiliki rumah. 

Beberapa keunggulan penggunaan SiKasep di era pandemi seperti saat ini: 


Mudah 

Cukup pakai aplikasi, pengajuan kredit dan dana bantuan FLDP dapat diproses. Memilih hunian pun hanya dengan satu kali klik di menu. 

Transparan 

Calon pembeli dapat memantau tahapan pengajuan kredit secara real time pula sehingga tahu sudah sejauh mana proses dilakukan. 

Cepat 

Tak perlu berbelit dan pergi ke sana sini. Proses pengajuan bisa dilakukan saat itu juga melalui aplikasi sebab semua data sudah terintegrasi. 

Aman 

SiKasep memberikan ketepatan informasi kepada calon pembeli meski tidak melihat langsung atau melalui kontak fisik. Meski tanpa melihat langsung rumah yang kita pilih, kita tidak perlu takut untuk membeli rumah sebab melalui SiKasep setiap pengembang memberi data perumahan dan dapat dicek kebenarannya di aplikasi sehingga kemungkinan ditipu oleh pengembang menjadi minim. Data yang kita berikan pun dijamin keamanannya oleh Badan Siber dan Sandi Negara. 

Dengan pemakaian yang mudah pula, SiKasep diharapkan mampu jadi solusi membeli rumah di era pandemi seperti saat ini. Tak perlu keluar rumah, kita dapat mengakses beragam pilihan rumah yang ada kemudian memilah sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Proses yang mudah dan transparan menjadi kelebihan tersendiri yang kita dapatkan. Selain itu, dengan layanan yang terintegrasi, semua layanan jadi lebih cepat dan tidak bertele-tele lagi. Tidak ada ceritanya pergi ke lokasi-lokasi rumah bolak-balik. Dan tidak perlu capek-capek ke bank mengajukan KPR. Dengan SiKasep, rumah masa depan bisa didapatkan hanya dalam satu genggaman!

7 komentar

  1. Informatif skli bang. Aku termasuk melenial yang abg sebutkan itu.

    BalasHapus
  2. ya ampun kirain singkatan apa, ternyata Sistem Informasi KPR Subsidi Penuh
    Dan programnya pemerintah ya?
    Karena si kasep artinya si ganteng di etnis sunda
    Eniwei kepemilikan rumah emang membantu meningkatkan kesehatan mental warga, karena pemiliknya merasa tenang, nyaman dan percaya diri
    Jadi banyak alasan/manfaat yang membuat seseorang/keluarga harus memiliki rumah

    BalasHapus
  3. Wah mantap ya, skrg beli rumah makin mudah dan nyaman, berkat si kasep

    BalasHapus
  4. Maulah punya rumah sendiri. Aplikasi seperti ini bisa jadi referensi bagi yang masih awam ini itu. Banyak-banyak kumpulin rupiah dululah aku lanjut menata apa yang ingin digapai

    BalasHapus
  5. Wah..hebat sekali aplikasi si kasep.
    Jangkauannya sudah seluruh Indonesia.
    Semoga semakin banyak kepala keluarga yang terbantu.

    BalasHapus
  6. Namanya menarik ya terutama menarik hati para perempun..xixixi. Semoga dgn aplikasi ini makin banyak yg terbantu ya..

    BalasHapus
  7. wah keren. aplikasi SiKasep pasti bakal jadi incaran bnyk orang nih karena bermanfaat banget memberikan informasi ttg rumah subsidi. terimakasih ya informasinya kak

    BalasHapus