Tergerak Untuk Bergerak


Satu… Dua… Satu… Dua….

Satu bulan ke belakang, aku sering kali melihat adikku yang kecil melakukan olahraga kecil di rumah. Kadang sambil nonton drama Korea, kadang sambil telpinan. Pokoknya setiap hari selama satu bulan ke belakang, ada aja alasan dia untuk terus bergerak.

Suatu waktu, aku jadi penasaran untuk bertanya, “Kenapa sih tumbenan olahraga terus?”

Dia pun jawab, “Iya kan harus tetap bergerak mas.”

“Memangnya kenapa?”

“Ene merasa mudah capek, Mas. Jadi harus latihan fisik. Bikin sehat juga kan?”

Sebenarnya itu adalah pertanyaan retoris. Dasaran aku aja yang memang malas untuk bergerak. Hahaha. Namun melihat adik aku yang biasanya sepemikiran dengan aku mulai berubah, aku jadi kepikiran: apakah ini waktunya bergerak?

Latihan Fisik Bin Asyik

Dilansir dari laman Halodoc, salah satu cara untuk menjaga tubuh untuk tetap sehat adalah dengan latihan fisik dan berolahraga. Latihan fisik yang rutin memiliki banyak sekali manfaat di antaranya:

1.      Mengontrol berat badan

Latihan fisik membakar banyak lemak di badan sehingga bobot tubuh menjadi stabil dan tidak mudah naik. Kalori yang dibakar dapat membuat tubuh semakin bertenaga.

 

2.      Risiko Penyakit Menjadi Turun

Di musim pancaroba seperti saat ini, banyak sekali penyakit yang mudah menghampiri seperti demam, flu, pilek, batuk, dan lainnya. Latihan fisik melancarkan peredaran darah sehingga beragam risiko penyakit menjadi turun.

 

3.      Meningkatkan Stamina

Latihan fisik memperlancar peredaran oksigen ke seluruh tubuh sehingga stamina semakin kuat dan sistem kekebalan tubuh menjadi semakin meningkat.

 

4.      Kualitas Tidur Terjaga

Dengan latihan fisik yang optimal maka tubuh akan jauh lebih rileks sehingga kualitas tidur jadi lebih baik.

 

5.      Memperbaiki Mood

Tahukah kamu jika latihan fisik juga merangsang hormon-hormon yang membantu kamu jadi lebih tenang dan senang?

 

Latihan Fisik Mencegah Penyakit Tidak Menular

Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang yang perkembangannya berjalan perlagan dalam jangka waktu yang lama. Penyakit tidak menular lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik. Saat ini, Indonesia pun memiliki risiko penyakit tidak menular yang banyak loh.

Salah satu pencegahan penyakit tidak menular adalah dengan latihan fisik. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan pun mencanangkan #SumselBergerak sebagai campaign untuk terus bergerak mencegah penyakit tidak menular. Latihan fisik yang dilakukan dapat meningkatkan daya tahan jantung dan pembuluh darah sehingga risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke dapat diminimalisir. Latihan Fisik melancarkan peredaran oksigen dan membantu sistem kardiovaskular untuk berkerja lebih maksimal sehingga tubuh jadi lebih kuat loh.

Beberapa aktivitas latihan fisik yang bisa dicoba yaitu:

 

1.      Latihan Aerobik

Gerakan latihan aerobik yang berirama dan berterusan membuat kalori semakin banyak terbakar dengan merangsang peningkatan denyut jantung dan pernapasan.

 

2.      Jalan Kaki

Meski terlihat sederhana, aktivitas jalan kaki membantu peredaran darah menjadi lebih lancar sebab meningkatkan jumlah oksigen yang berguna bagi tubuh.

 

3.      Jogging

Lari santai atau jogging bisa banget kamu lakuin rutin agar terhindar dari penyakit tidak menular. Namun tetap harus bisa dilakukan dengan benar agar risiko cedera menjadi minim.

 

4.      Bersepeda

Meningkatkan metabolisme dengan bersepeda bisa banget dilakukan untuk menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

 

Jadi, empat cara tadi bisa banget dilakuin untuk terus bergerak bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Yuk Bergerak!

Tidak ada komentar

Posting Komentar