Energi Cukup Gak Bikin Gugup

 

Listrik dan Gas.

Dua kata ini amat berarti bagi kehidupan manusia. Dengan listrik, kita dapat melakukan banyak hal. Listrik dan gas menjadi sumber energi utama yang kita butuhkan terutama untuk menjalankan banyak peralatan elektronik penting seperti lampu dan lainnya. Akan tetapi, di Indonesia sendiri, masih banyak orang yang tidak dapat menikmati sumber energi ini. Masih banyak kebutuhan listrik yang tidak dirasakan oleh masyarakat khususunya perdesaan.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan sebagai Organisasi Perangkat Daerah di bidang Energi memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan energi bahan bakar yang ada di Sumatera Selatan. Hal ini agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan dimanfaatkan untuk kemajuan daerah sesuai dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yaitu membangun Sumatera Selatan berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung sektor pertanian, industri, UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan baik di perkotaan maupun di perdesaan.

Untuk mencapai visi misi tersebut, sasaran strategis dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan yaitu untuk mengoptimalkan pengembangan energi berkelanjutan di masyarakat dengan menyediakan kecukupan kebutuhan energi bahan bakar dan listrik bagi masyarakat.

 


Desa Listrik, Bukti Kehadiran Pemerintah

Desa adalah perkumpulan terkecil di dalam masyarakat. Di Sumatera Selatan sendiri memiliki kurang lebih 2.853 desa yang tersebar di seluruh provinsi. Terkadang, desa-desa ini terletak di daerah-daerah terpencil sehingga tidak memiliki banyak akses untuk mencukupkan kebutuhan mereka termasuk salah satunya listrik.

Oleh sebab itu, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan memiliki target realisasi yang tidak main-main: 100% desa di Sumatera Selatan harus teraliri listrik. Perlahan namun pasti, persentasenya pun meningkat hingga di tahun 2022, 99.01% desa di Sumatera Selatan telah teraliri listrik. Jika dihitung, tinggal 33 desa lagi loh yang belum dialiri listrik. Angka ini sedikit mengingat akses yang tidak mudah menjangkau desa-desa tersebut.

Energi listrik ini didapatkan tidak hanya dari listrik yang dikelola oleh PLN, namun juga menggunakan sumber penerangan listrik yang dikelola oleh instansi atau pihak lain seperti Pemda, Koperasi, CSR Badan Usaha, maupun swadaya masyarakat. Kita doakan semoga target 100% desa teraliri listrik bisa cepat tercapai ya!

 

Energi Baru Terbarukan

Energi Baru Terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber energi yang terbarukan seperti panas bumi, angin, bioenergi, sinar matahari, aliran air terjut, dan gerakan suhu lapisan air laut. Dengan krisis energi yang terus menerus meningkat sepanjang tahun. Pola industri sekarang mengacu pada keberadaan energi ini. Masyarakat diminta untuk mengkonsumsi banyak energi terbarukan termasuk di Sumatera Selatan.

Pada tahun 2022, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan memiliki target realisasi sebesar 21% dari total konsumsi energi di Sumatera Selatan. Dan ternyata realisasinya melebihi ekspektasi loh. Sebesar 23.14% energi terbarukan dikonsumsi oleh pengguna dari total konsumsi final energi secara umum. Wah!

 

Gas Tersambung Bikin Untung

Indikator terakhir dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan adalah dengan tersedianya sambungan gas rumah tangga. Seperti yang kita ketahui, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mencanangkan program gas rumah tangga terutama di perkotaan. Nah, jaringan distribusi gas bumi ini dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga yang efektif dan efisien khususnya di daerah dekat dengan sumber gas bumi.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan memiliki target realisasi sebesar 10.000 sambungan namun realisasinya baru sekitar 84%nya saja. Ini tetap merupakan suatu pencapaian sebab mengubah pola masyarakat ke gas bumi memerlukan tantangan tersendiri.

Nas semua itu bisa disaksikan di Sumsel Energy Festival loh. Jadi, yuk tonton bersama.

Tidak ada komentar

Posting Komentar