Bingung Mau Ganti Oli? Ini Panduan Lengkap Buat Kamu yang Punya Kendaraan Baru!


Perkara mengganti oli memang menjadi salah satu hal yang penting, namun sering kali menjadi tantangan bagi pemilik kendaraan, terutama bagi mereka yang baru memiliki kendaraan. Prosesnya sebenarnya sederhana, tetapi memilih oli yang tepat seringkali membuat bingung, mengingat banyaknya pilihan oli di pasaran.

Bagi pemilik kendaraan baru, tantangan terbesar adalah memahami jenis oli yang sesuai dengan kendaraan mereka. Memilih oli yang salah bisa mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari penurunan kinerja mesin hingga kerusakan yang lebih serius.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan, terutama yang baru, disarankan untuk melakukan riset yang cukup sebelum memutuskan oli yang akan digunakan.

Untuk itulah,  berikut ada 5 panduan sederhana yang bisa kamu praktekkan untuk membantu kamu memilih oli yang baik untuk kendaraan kamu!


#1 Baca Buku Manual Kendaraan

Membeli kendaraan pasti punya juga buku manual, kan? Nah, kamu bisa memulai dengan membaca buku manual kendaraan yang kamu punya. Biasanya, setiap kendaraan memberikan rekomendasi spesifik jenis oli yang disarankan untuk mesin kendaraannya. Beda mesin beda tipe oli juga. Inilah hal penting untuk memastikan bahwa oli yang kamu pilih sesuai dengan mesin kendaraan kamu.


#2 Cek Kondisi Kendaraan

Setelah mengetahui apa saja spesifikasi oli yang sesuai dengan kendaraan kamu, selanjutnya kamu bisa cek terlebih dahulu pemakaian operasional kendaraan kamu. Maksudnya, apakah kendaraan kamu dalam kondisi yang ekstrem, atau sering dipakai di medan yang berat? Hal ini juga berpengaruh ke jenis oli yang akan kamu pakai. Termasuk jika kamu hanya memakainya di lingkungan perkotaan, maka beban mesin akan jauh lebih ringan.


#3 Pilih Jenis Oli yang Sesuai

Oli tidak hanya satu jenis saja. Ada beberapa jenis oli yang tersedia di pasaran, loh termasuk oli konvensional, oli sintetis, dan oli semi-sintetis. Oli konvensional terbuat dari bahan dasar minyak mentah alami dan cenderung lebih terjangkau, sementara oli sintetis diproses secara kimia untuk menciptakan molekul yang lebih seragam dan stabil, yang dapat meningkatkan perlindungan dan kinerja mesin. Oli semi-sintetis adalah campuran dari kedua jenis tersebut. Pilih jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraanmu dan sesuai dengan rekomendasi produsen.


#4 Perhatikan Standar dan Sertifikasi

Ketika memilih oli, pastikan untuk memperhatikan standar dan sertifikasi yang diberlakukan oleh otoritas industri, seperti API (American Petroleum Institute) atau ACEA (European Automobile Manufacturers' Association). Oli yang memenuhi atau melebihi standar ini biasanya menawarkan kinerja yang lebih baik dan perlindungan yang lebih baik terhadap mesin.


#5 Kualitas dan Merek

Terakhir, pertimbangkan kualitas dan reputasi merek oli. Memilih merek oli yang terkenal dan memiliki reputasi baik dapat memberikan jaminan kualitas dan performa yang baik. Lakukan riset tentang merek-merek oli yang tersedia di pasaran dan baca ulasan dari pengguna lain untuk mendapatkan wawasan tentang kualitas dan kinerja oli tersebut.


Tips “Mudah” Buat Kamu

Tahukah kamu, jika satu kendaraan biasanya memiliki oli dengan merek yang sama seperti Oli Honda untuk kendaraan Honda juga. Pastinya Oli Honda ini dibuat sesuai dengan spesifikasi kendaraan Honda yang ada jadi kamu bisa langsung pilih sesuai dengan jenis kendaraan kamu.

Memilih oli yang tepat untuk kendaraan memang perkara susah-susah gampang awalnya. Kamu harus perhatikan 5 hal yang ada di atas. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, kamu dapat memastikan bahwa kamu memilih oli yang baik yang tidak hanya melindungi mesin kendaraanmu, tetapi juga meningkatkan kinerja dan umur mesin secara keseluruhan.

6 komentar

  1. Aku urusan oli gak berani pilih yang murah tapi gak jelas. Dan sebagai pengguna setia Honda puluhan tahun dari zaman ortu, ya udah bener pilih Oli Honda emang 👍👍

    BalasHapus
  2. Menarik banget infonya jadi bisa lebih aware lagi sama oli kendaraan, apalagi sebagai cewe yang suka lupa dan ngga terlalu tau tentang mekanik bisa terbantu sama info ini 👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  3. Aku sih biasanya terima beres aja kalo urusan oli...cuma sama orang bengkelnya biasa dikasih oli honda ini juga sih

    BalasHapus
  4. Bagi pengguna kendaraan yang baru banget nih, butuh banget memang panduan seperti ini. Terbantu banget!

    BalasHapus
  5. Tips mudahnya membantu sangat nih. Biasanya bingung kalau ke bengkel. Hahaha. Ini udah ada panduannya jadi enak banget bilangnya. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  6. Salah satu perawatan rutin untuk Honda Varioku adalah pergantian oli secara berkala. Planet ban ini adalah pilihan utama karena banyak pilihan dan layanan prima yang ditawarkan.

    BalasHapus