Mulai Berkarir di Dunia Digital? Ini 5 Langkah Memulai Yang Bikin Kamu Auto Sukses!

 


Dunia digital saat ini sudah menjadi ranah yang sexy untuk dilakukan bagi banyak orang. Anggapannya sih, berkarir di dunia digital adalah sesuatu yang gampang. Tinggal punya hape, punya internet, download aplikasi, lalu hahahihi di depan layar sambil berharap dapat banyak cuan.

Eits, jangan salah. Mungkin yang kamu tahu itu hanya bagian luarnya saja. Ibaratnya nih, dunia digital seperti sebuah bawang. Di balik kulitnya, terdapat berlapis-lapis isinya.

Apa iya?

Kenyataannya, meski terkesan menggiurkan, kalau kamu tidak benar-benar mempersiapkan, semuanya akan jadi sia-sia.

 

JADI SEMUA HARUS DIMULAI DENGAN PERSIAPAN

Sebelum kamu terjun untuk berkarir di dunia digital, perlu kamu ketahui 5 langkah berikut ini. Pastinya, jika kamu melakukannya dengan baik dan benar, kamu pasti auto sukses.

Penasaran? Ini dia 5 langkah memulai berkarir di dunia digital!

 

#1 Ketahui Tujuan Kamu

Berkarir di dunia digital memang menggiurkan, namun kamu tidak bisa asal nyebur saja. Mula-mula, kamu harus tahu dulu tujuan kamu untuk berkarir di dunia digital itu apa.

Mungkin kamu berpikir, ah kok ribet banget sih? Cuma pengen berkarir aja.

Eits jangan salah. Tujuan adalah inti dari kamu bisa bertahan. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu tahu apa yang ingin kamu capai.

Ibaratnya, tujuan itu seperti pondasi dari sebuah rumah. Bayangkan jika rumah tanpa pondasi, jika ada badai pasti akan goyang.

Tujuan ini juga memungkinkan kamu untuk memilih bidang yang sesuai dengan kamu. Ingat, seperti yang dikatakan di atas, dunia digital ini luas. Kamu tidak akan pernah bisa menguasai semuanya.

Jadi caranya adalah tentukan tujuan kamu. Dengan mendapatkan tujuan itu, kamu tahu apa yang kamu mau.

 

#2 Upgrade Skill Kamu

Sekarang kamu sudah memiliki tujuan. Benar? Setelahnya kamu mungkin bertanya-tanya, ini mulai dari mana?

Tenang saja, selalu ada cara untuk memulai. Kamu bisa coba ikut kursus pendidikan dan pelatihan sesuai dengan bidang karir yang kamu mau.

Saat ini, sudah banyak sekali platform-platform digital yang menawarkan beragam kursus, pelatihan, hingga sertifikasi karir di dunia digital mulai dari sosial media, desain grafis, pembuatan website, dan lainnya.

Mulailah untuk investasi waktu dengan mengikuti beragam pelatihan tersebut. Ingat! Semakin banyak yang kamu tahu, semakin banyak kamu dapat ilmu.

Ibarat rumah tadi, pondasinya adalah tujuan, dinding-dinding yang menyelimutinya adalah skill kamu. Kebayang, kan?

 

#3 Bikin Portofolio Kamu

Tujuan sudah. Ilmu dan skill juga udah. Waktunya memperbagus rumah kamu!

Portfolio ibaratnya adalah sebuah showcase dari apa yang telah kamu pelajari selama ini. Portfoliolah yang menjadi pemikat bagi para calon klien kamu. Dengan portfolio yang kuat, kamu bisa menarik hati calon klien kamu.

Tapi kan saya baru memulai?

Tenang saja, kamu bisa memasukkan apa saja yang kamu buat dari pelatihan atau kursus kamu yang relevan. Biasanya setiap pelatihan atau kursus mengharuskan kamu menyelasikan sebuah proyek digital. Nah, kamu bisa menggunakan ini sebagai langkah awal portfolio kamu.

Sampai di sini, udah mulai tergerak, kan?

 

#4 Cari Kesempatan Magang

Seperti kata pepatah, mulailah dari hal-hal yang kecil.

Untuk memulai karir kamu di bidang digital ini, kamu bisa coba mencari kesempatan magang di berbagai perusahaan yang sesuai dengan bidang kamu.

Tidak melulu harus dibayar. Kamu juga bisa melakukan proyek sukarela.

Kalau begitu saya dapat apa?

Yang kamu dapatkan adalah pengalaman kerja dan jaringan profesional.

Pengalaman kerja bisa kamu tuangkan kembali ke portofolio kamu. Dan satu rahasia yang harus kamu tahu: di dunia digital, jaringan itu sangat penting. Kamu tidak akan pernah tahu di mana pintu-pintu cuan akan terbuka. Betul?

 

#5 Terus Belajar dan Belajar

Yang harus kamu tahu, dunia digital itu terus berkembang. Tren akan selalu berubah. Akan ada teknologi-teknologi baru yang akan muncul.

Untuk itulah kamu harus terus belajar. Update terus ilmu, peka terhadap perkembangan zaman, dan selalu terbuka dengan segala perubahan.

Kamu tidak mau kan ketinggalan bis yang telah melaju kencang?

Untuk itu, belajar!


***

"Jangan takut untuk memulai. Jangan takut untuk gagal. Pertama kali saya melangkah ke dunia digital, saya tidak tahu apa-apa. Tapi, berani mencoba adalah kunci untuk memahami dan tumbuh di era yang selalu berubah ini." — Mark Zuckerberg, Pendiri dan CEO Facebook


Pada akhirnya, ketika kamu memutuskan untuk memulai untuk berkarir di dunia digital, kamu sudah seharusnya membawa senjata-senjata agar kamu tidak kehilangan arah.

Jangan takut untuk gagal, karena di dunia digital pun kegagalan adalah pelajaran yang bisa kamu petik sebagai bekal kamu ke depan.

Jadi sudah siap memulai karir digitalmu sekarang?

18 komentar

  1. Klo kuliah nya di jurusan DKV berarti nanti bekerja nya termasuk di dunia digital ya?

    BalasHapus
  2. Kesempatan magang ini salah satu yang harus dimanfaatkan banget, karena dapat menambah meyakinkan portofolio dan juga dapat referensi ya. Dunia digital sangat dinamis jadi belajar memang sebuah keharusan banget.

    BalasHapus
  3. Digital dan AI, kian hari makin booming. Ulasannya cukup menarik ketika bisa memanfaatkan digital untuk menjadi ladang bisnis. Terima kasih ulasannya ya.

    BalasHapus
  4. Setuju dengan semua tipsnya. Dunia digital masih akan banyak perkembangannya ke depan. Makanya memang bener banget untuk harus selalu update dan upgrade kalau ingin berkarir di bidang ini.

    BalasHapus
  5. Wah bener banget. Soal sertifikasi digital marketing, ini penting banget. Nggak cuma buat nunjukin kemampuan, tapi juga buat ngasih kepercayaan diri lebih dan menguatkan karir di dunia digital.

    Jadi, punya sertifikasi digital marketing bakal bikin keliatan lebih pro di mata perusahaan atau klien. Mereka bakal lebih yakin buat percayain proyek-proyek penting. Biar karir juga ada progressnya ya.

    BalasHapus
  6. upgrade skill udah suatu keharusan agar tidak tertinggal jauh dari yang lain, karena digitalisasi ini berkembangnya pesat juga ya

    BalasHapus
  7. Sepakat pake banyak dengan 5 pointing di atas. Setiap pointnya, rata-rata mengantarkan siapapun yang eksis di dunia digital tetap bertahan.
    Alhamdulillah

    BalasHapus
  8. Pekerjaan berbasis remote memang menyenangkan. Bisa juga menjadi side job untuk menambah penghasilan. Asal rajin mencari peluang, In sya Allah pasti dapat.

    BalasHapus
  9. karir digital saat ini sudah tak seindah seperti yang dilihat, tapi emang yang dicari yang punya skill dan jam terbang tinggi.

    BalasHapus
  10. Tipsnya sangat bermanfaat sekali niy kak, terutama bagi yang mau memulai karir di dunia digital, yang pasti dari awal harus dikuatkan skillnya tentang dunia digital

    BalasHapus
  11. sepakat, mulai dari goals dulu supaya clear mau meniti karir seperti apa.
    kalau di tengah jalan agak selow, bisa ingat lagi goalsnya. Itu bakal jadi pemacu.

    BalasHapus
  12. Terimakasih buat tips dan triksnya. Penting banget nih

    BalasHapus
  13. Aku sudah lama menikmati karir di dunia digital ini. Sekarang saatnya membimbing anak-anakku.

    BalasHapus
  14. Betul banget sih ini, nggak sekadar punya hp, wifi lalu hahahihi trus dapat cuan :-D Terlihat gampang kali ya, tapi memang bener harus punya goal, komitmen yang lebih kuat juga dan wajib mau bersusah payah upgrade ilmu atau skill..

    BalasHapus
  15. Nah ini penting, kebanyakan terjun ke dunia digital ngak ngerti tujuannya apa dan keahlian spesifiknya apa. Dua hal pertama yang dituliskan di sini, perlu benar-benar ditemukan dulu sebelum terjun ke dunia digital.

    BalasHapus
  16. Impian besar membawa kita ke dunia tanpa batas.
    Berkarir di dunia digital bisa menjadi salah satu pilihan di dunia serba cepat seperti saat ini.

    BalasHapus
  17. Terus belajar apalagi di dunia digital kayak sekarang tuh penting banget, supaya gak ketinggalan zaman.

    BalasHapus
  18. Sebagai freelancer yang kerjanya selalu berkaitan dengan dunia digital, upgrade skill itu wajib banget deh biar gak ketinggalan di dunia digital yang bergerak cepat ini. Upgrade gadget juga perlu sih, tapi ya tergantung kebutuhan dan budget juga sih.

    BalasHapus