Speaker Outdoor Terbaik Harga RP 100.000-an? Vivan VS1 Aja!


Siapa sih yang suka banget dengerin musik? Atau suka banget nonton film dengan layar gede dan suara menggelegar yang mumpuni? Kalau saya, untuk beberapa situasi, saya memang lebih memilih untuk tidak menggunakan perangkat headset atau earphone. Saya lebih nyaman menggunakan speaker dari smartphone saya. Meski tidak terlalu berasa sensasinya, tapi di-oke-in aja. 

Sejak dulu, saya selalu mupeng memiliki perangkat speaker yang bisa saya taruh di sudut-sudut ruangan. Namun, cari speaker murah dengan suara jernih dan berkualitas rasanya cukup hanya ada di angan-angan saja, kan? Akan tetapi, semua berubah sejak negara api menyerang, eh Vivan Indonesia meluncurkan seri audio terbaru mereka. Perangkat dengan nama Vivan VS1 sukses jadi incaran! 


Bagaimana nggak? Dengan harga seratus ribuan, speaker outdoor ini memiliki kualitas yang oke punya. Secara umum, ini spesifikasi dari Vivan VS1: 

Spesifikasi Vivan VS1
Product Model
VSB830
Bluetooth Version
Bluetooth 5.0
Working Distance
< 10M
Output Power
5 W
Battery Capacity
1.800 mAh
Play Time
10 Hours
Charging Time
3 Hours
Power Input
5v==1A
Product Size
93 x 95 x 48 mm
Product Weight
270g

Nah, saya pun berkesempatan untuk langsung mencoba perangkat ini nih! Dan saya pun tercengang. 

Mudah Tersambung dengan Perangkat Smartphone 

Bagi saya yang agak gaptek ini, kemudahan menyambung perangkat adalah kunci utama untuk terus memakainya rutin. Nah, dengan adanya konektivitas bluetooth 5.0, kemudahan ini terjamin cepat dan mudah. Kita hanya perlu melakukan tiga langkah berikut: 
  • Nyalakan perangkat Vivan VS1 Outdoor Speaker 
  • Nyalakan bluetooth di perangkat masing-masing. 
  • Pilih nama device VIVAN VS1 di layar smartphone lalu sambungkan! 
  • Voila... perangkat tersambung! 
Untuk memakainya pun mudah kok. Vivan VS1 otomatis tersambung bila kita menyalakan bluetooth di perangkat. Praktis sekali, kan? Yang saya lihat juga biasanya perangkat speaker bluetooth akan ada delay sepersekian detik. Namun Vivan VS1 ini saya rasa memiliki ketepatan suara yang baik. Two thumbs up! 

Ringan Buat Dibawa Ke Mana Saja 

Namanya perangkat speaker outdoor kan ya, sudah pasti harus compact. Ukuran Vivan VS1 dengan dimensi 93 x 95 x 48 mm dengan bentuk hampir persegi ini memiliki berat yang juga ringan sekitar 270 gram. Hal ini membuat Vivan VS1 mudah untuk dibawa bahkan dimasukkan ke dalam pouch atau tas saat bepergian. Dan lagi adanya tali yang ada di perangkat jadi bisa bikin mudah diikat di tas.



Mampu Menangkap Suara dengan Jernih 

Hail to Super Bass Radiator yang ada di tengah-tengah perangkat. Dengan ukuran 50mm, suara bassnya jadi amat terasa. Saya udah mencobanya dengan lagu dengan range dari bass terendah hingga tinggi dan suaranya masih dapat ditangkap dengan jernih. Yang paling penting sih, stabil. Vivan VS1 terbukti stabil loh di segala kondisi. Saya jamin! 



Tahan Lama Buat Dipakai Seharian 

Siapa sih yang nggak pengin perangkat tahan lama? Nah, Vivan VS1 ini cocok banget buat dipakai. Dibekali baterai besar 1.800 mAh yang pastinya bisa muterin musik atau apapun hingga sepuluh jam! Saya kemarin buktiin buat dipakai di kamar. Lima jam nonstop muterin lagu dan baterai masih sisa banyak, loh! Buat mengisi dayanya pun mudah. Vivan VS1 dibekali dengan kabel microUSB dengan input 5V==1A yang pastinya hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk penuh! Apik tenan! 


Dengerin Musik dari Sumber yang Beragam! 

Ada tiga cara yang bisa digunain buat memakai speaker ini. Pertama tentu dengan memakai sambungan bluetooth. Hal ini memudahkan sekali bagi yang lebih suka musik daring. Nah, selain itu, ada dua cara lain bila nggak punya sambungan bluetooth ini. 

Pertama dengan port USB yang tersedia. Bila kalian download-download club bisa banget gunain cara ini buat maksimalin fungsi Vivan VS1. Yang kedua tentu kartu memori! Kalian juga bisa pakai ini buat memutar lagu. Dan lagi, gak perlu repot buat gonta ganti lagu atau atur volume. Ada control panel yang juga tersedia loh. Makin mantul! 



Tahan Banting di Segala Kondisi 

Kalian sering bawa speaker outdoor ke mana nih? Kalau saya sendiri penginnya dibawa piknik sama teman-teman di hutan kota! Atau sekalian nanjak gunung atau menikmatin sunset di pantai antah berantah? Cocok banget kan sambil dengerin lagu indie Fiersa Basari? Hahaha. 

Bila begitu, harusnya sih punya perangkat yang tahan banting di segal kondisi, kan? Nah Vivan VS1 ini memiliki finishing yang kokoh loh. Dengan dua warna putih dan biru tua, tampilannya jadi lebih modern. Permukaannya juga lembut buar dipegang. Halus dan mulus.  Yang kusuka juga di bagian bawahnya ada kayak lem yang bisa nempelin Vivan VS1 ke media datar kayak meja atau lemari. Praktis.



Kalau gini, apa bisa tahan? 

Tenang aja. Ini yang juga buat saya terkejut manja! Vivan VS1 telah dibekali sertifikasi IPX5 Waterproff yang artinya perangkat ini tahan terhadap percikan air. Saya pun iseng mencobanya. Dan hasilnya, suaranya masih mulus dan nggak terganggu sama sekali. Luar biasa emang! Harga seratus ribuan dapet water resistant? Gak bisa berkata-kata! 



Punya Dua? Stereo-in Aja! 

Apa lagi ini? Hahaha. 

Jadi, menurut yang kubaca, ada satu lagi fitur keren yang memungkinkan satu perangkat handphone bisa langsung tersambung dengan dua perangkat sekaligus! Saya memang belum mencobanya karena hanya memiliki satu perangkat namun menurut saya ini sangat keren. Bayangkan kalau ditaruh di sudut-sudut kamar? Atau berada dalam lingkup yang luas? Pasti keren banget. Ini bisa terjadi karena sambungan bluetooth 5.0 yang ada di perangkat yang didukung. Kalau ada rejeki lagi, rasanya pengin langsung cobain! 

Jadi, apakah Vivan VS1 rekomen bagi orang-orang? Jawabannya tergantung kebutuhan kalian. Namun menurut yang saya coba kurang lebih seminggu ini, saya sih yakin bahwa perangkat ini terbaik di kelasnya. Dengan segala keunggulannya, Vivan VS1 mampu menjadi perangkat speaker outdoor yang menjanjikan. Apalagi dengan harganya yang Rp 135.000 saja, sudah pasti kalian mendapat perangkat yang jauh dari ekspektasi. Trust me! 


Cheers!

18 komentar

  1. warnanya kece nih, cocok banget sama aku yang suka biru :3 cocok ini mah kalau dibawa buat camping yang biasanya kondisinya lembab, tapi suaranya masih tetep jernih biar suasana sama temen tetep seru

    BalasHapus
  2. Water resistant tapi kalau kelupaan dikeluarkan dari saku trus kecuci tetap rusak nggak sih kak? 😆 Sempat bingung pilih merk buat speaker bluetooth. Makasih rekomendasinya kaa

    BalasHapus
  3. Kemasannya imut banget, pas di kantong saku apalagi masuk dalam tas. Kira2 bisa dihubungkan ke laptop atau tv juga gak ya?

    BalasHapus
  4. Wooh ini juauuuh lebih murce ketimbang merk sebelah yang kutebus seharga hampir 400K mas. Huhuhu.. tau gitu beli ini dari dulu. Eh ini bisa beli onlen kan..

    BalasHapus
  5. ih chakhepppp banget sih speakernya, udah imut, warnanya kece lagi. duh yang ada mah pengen sering-sering dipakai. jadi pengen beli hehe.

    BalasHapus
  6. Waaw, ini yang dicari, murah banget harganya. Dr kemarin nyari2 di olshop speaker outdoor murah, nemu rekomendasi di sini. Thanks ya infonya.

    BalasHapus
  7. Wah keren banget nih speaker-nya.
    Kebetulan portable speaker d rumahku udah rusak.
    Kayaknya cucok kalo mau ganti pakai yg ini yaaa

    BalasHapus
  8. Aku kayaknya perlu speaker vivan ini nih. Secara, aku juga kurang sreg kalau pakai headset, bikin telingaku sakit.

    Kalau buat nonton film, pasti mantap banget nih pakai speaker vivan ini.

    BalasHapus
  9. wow mantep banget, kebetulan lagi nyari juga nih buat di kamar. Design nya juga udah modern dan harganya ini bikin hemat!

    BalasHapus
  10. Kebetulan sekali, suami dan anak sulung saya lagi nyari speaker outdoor. Di rumah ada satu, akhirnya jadi rebutan.hihihi
    Speaker Vivan ini bisa direkomendasikan, deh!

    BalasHapus
  11. Buat yang suka dengar musik ini pas banget ya speakernya.

    BalasHapus
  12. kalau lagi renang atau berada di pantai yang sepi-sepinya ini sangat mengasikkan untuk bawa vivan karena waterproff adalah kelebihan selain enteng juga bisa buat dengerin musik dimana aja tanpa takut kena air

    BalasHapus
  13. Mungil banget ya speakernya. Bagaimana demo suaranya om? Apakah setelan soundnya enak di dengar dengan harga 100ribuan?
    Kelebihannya mudah dibawa kemana mana, karena ukurannya yang mini, pas di kantong.

    BalasHapus
  14. Serius harganya seratus ribuan? waah aku mau beliin buat bapakku yang hobi setel murotal gede2 hahaha

    BalasHapus
  15. unik banget speakernya seukuran saku buat bawanya. Selain warna biru, ada lagi gak pilihan warna lainnya?

    BalasHapus
  16. harganya beneran ramah ya Mas, sebanding ya dengan kualitasnya gitu.
    Apalagi tahan banting dan water resistant gitu ya.

    BalasHapus
  17. Kalau untuk outdoor, pas banget nih. Soalnya ada talinya, buat dicantel-cantel atau biar dipegang gampang. Juga water resistant, yaaa...keciprat-keciprat gitu kan mungkin terjadi pas di luar

    BalasHapus
  18. Memang lebih nyaman di telinga sih speaker outdoor daripada ear phone. Pasang dua, serasa surround gitu yak. Sip...

    BalasHapus