10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Lingkungan 2020

Teknik lingkungan merupakan salah satu jurusan di fakultas teknik yang memiliki prospek dan peluang kerja sangat cerah. Bahkan di tahun 2020 akan semakin menjanjikan. Tidak bisa dianggap remeh lulusan jurusan teknik lingkungan juga akan digaji cukup tinggi. Jadi tidak perlu lagi ragu jika ingin mengambil jurusan ini. Apabila masih belum yakin simak 10 prospek dan peluang kerja lulusan teknik lingkungan 2020 berikut ini. 

Sumber Gambar: OnlineDegress.mt

Alasan Harus Memilih Jurusan Teknik Lingkungan 


Selain memiliki prospek yang cerah memilih jurusan teknik lingkungan juga memiliki tujuan mulai. Bagaimana tidak adanya jurusan ini bertujuan untuk menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan sehat. Selain itu juga memiliki upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan supaya bisa dinikmati dan bermanfaat untuk generasi selanjutnya. 

Lulusan jurusan teknik lingkungan dipersiapkan untuk memiliki peran vital dalam menjaga sumber daya air di era modern seperti saat ini. Hal ini didasari perkembangan industri modern yang selalu dibarengi dengan dampak buruk kepada lingkungan, terutama sumber mata air. Menjaga kualitas sumber mata air secara tidak langsung bisa mengurangi terjadinya berbagai penyakit. 

Inilah 10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Lingkungan 2020 

  • Manajer Lingkungan 
Sumber Gambar: Dimolanka.com

Sepuluh prospek dan peluang kerja lulusan teknik lingkungan 2020 yang pertama adalah manajer lingkungan. Tugas dari pekerjaan ini adalah memeriksa lingkungan perusahaan, lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba. Tugas lainnya dari manajer lingkungan adalah mengidentifikasi dan memecahkan masalah lingkungan serta menentukan perubahan apa saja yang perlu diterapkan. 

  • Ahli Ekologi 
Sebagai ahli ekologi bertugas untuk mengidentifikasi, merekam dan memantau spesies beserta habitatnya. Saat ini ruang lingkup kerja dari ahli ekologi semakin luas, ini disebabkan oleh perkembangan zaman. Bahkan seorang ahli ekologi terlibat langsung dalam kebijakan maupun manajemen perusahaan. 

  • Konsultan Lingkungan 
Ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di jurusan teknik lingkungan bisa dimanfaatkan untuk bekerja sebagai konsultan lingkungan. Tugas utama konsultan lingkungan adalah melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi tingakt kontaminasi lingkungan air, udara, dan darat. Biasanya konsultan lingkungan bekerja untuk lembaga pemerintah atau organisasi yang berhubungan dengan industri air. 

  • Insinyur Energi 
Sumber Gambar: Chrom.com

Insinyur energi merupakan satu di antara 10 prospek dan peluang kerja lulusan teknik lingkungan 2020. Biasanya insinyur energi bekerja di bidang produksi energi dari sumber daya alam. Seperti ekstraksi minyak dan gas, tenaga air, biofuel dan sebagainya. tujuannya untuk menemukan pasokan energi yang bersih, efisien dan inovatif. 

  • Manajer Pengelolaan Energi 
Tugas utama dari pekerjaan ini adalah mengatur dan memonitoring penggunaan energi dalam suatu perusahaan. Seorang manajer pengelolaan energi selalu berusaha untuk meningkatkan efisiensi energi dengan cara mengevaluasi penggunaan energi dan menerapkan kebijakan dan juga berbagai perubahan. 

  • Pengelolaan Limbah 
Lulusan teknik lingkungan bisa bekerja sebagai pengelolaan limbah yang bertugas untuk mengelola limbah supaya tidak tidak memberi dampak buruk pada lingkungan. Pengelolaan limbah juga bertanggung jawab dalam mengelola limbah serta membersihkan lingkungan. 

  • Petugas Daur Ulang 
Sebagai petugas daur ulang tidak bisa dipisahkan dengan sampah. Keberadaannya cukup memiliki pengaruh kepada sesama maupun lingkungan. Alasannya bisa mengurangi jumlah sampah yang ada di masyarakat. 

  • Pemeliharaan Kualitas Air 
Sumber Gambar: Freepik.com

Sepuluh prospek dan peluang kerja lulusan teknik lingkungan 2020 selanjutnya adalah menjadi pemeliharaan kualitas air. Tugasnya untuk menjaga seluruh aspek kualitas air melalui analisis ilmiah dan penetapan standar sesuai undang-undang khusus. Nantinya mereka akan membandingkan hasil tes, mencari kekurangannya, mengambil tindakan serta memberikan solusi tentang masalah kualitas dan regulasi air. 

  • Konservasi Alam 
Ternyata lulusan teknik lingkungan bisa bekerja menjadi petugas konservasi alam. Tugas utamanya adalah melindungi, mengelola dan meningkatkan kualitas lingkungan yang dilindungi. Seperti gunung, sungai, padang rumput, hutan dan daerah pesisir. Konservasi alam memiliki peran dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai lingkungan alam. 

  • Dosen Teknik Lingkungan 
Sepuluh prospek dan peluang kerja lulusan teknik lingkungan 2020 yang terakhir adalah menjadi dosen. Selama ini dosen jurusan teknik lingkungan masih jarang peminatnya sehingga peluangnya terbuka lebar untuk lulusan teknik lingkungan. 

Nah itulah informasi tentang 10 prospek dan peluang kerja lulusan teknik lingkungan 2020. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik lingkungan? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya 
Cheers!

18 komentar

  1. Banyak juga ya peluang kerja lulusan teknik lingkungan. Tapi kalau di kampungmu belum ada sarjana lulusan dari teknik lingkungan. Kalau di kampungku kebanyakan sarjana lulusan dari pendidikan guru sekolah dasar.

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya peluang kerja lulusan teknik lingkungan. Tapi kalau di kampungku belum ada sarjana lulusan dari teknik lingkungan. Kalau di kampungku kebanyakan sarjana lulusan dari pendidikan guru sekolah dasar.

    BalasHapus
  3. Aku juga anak Teknik loh btwe, tapi teknik informatika sih. Yaa sesama anak teknik mirip-mirip lah peluang kerjanya, intinya kalau udah passion sih pasti jadi. Thanks ya sharingnya

    BalasHapus
  4. Wah, peluang lulusan jurusan Lingkungan Hidup semakin terbuka lebar ya, Mas Bimo. Jadi semakin semangat pastinya untuk segera lulus dan bekerja. Dan Memang memang sat setau saya, jurusan teknik apapun, lebih fleksibel masuk ke dunia kerja mana pun. Terutama jurusan Lingkungan Hidup ini, bisa sangat berkontribusi menjaga lingkungan Indonesia.

    BalasHapus
  5. Aku dulu pernah punya keinginan kuliah teknik lingkungan. Terus mikir. Terus gak jadi, deh.

    BalasHapus
  6. Keren kak. Kayaknya susah masuk sana ya. Pernah denger2 dari temen yang jurusannya itu. Butuh perjuangan banget.

    BalasHapus
  7. Ya Rabbana jurusan Teknik,teman saya bisa dibilang cepat selesai di teknik sipil Alhamdulillah pokokny keren, tahunya jadi pegawai Bank dia.

    BalasHapus
  8. Banyak ya prospek dan peluangan kerja lulusan teknik lingungan ini. Apalagi sekarang dengan digencarkannya teknologi terbarukan, kayaknya peluang kerja teknik lingkungan ini bisa makin luas

    BalasHapus
  9. wah ternyata kece-kece juga ya, lulusan teknik lingkungan. saya punya teman juga lulusan teknik ini dan terlihat kok banyak orang yang pakai jasanya dia untuk menjadi konsultan lingkungan.

    BalasHapus
  10. Di kampus tempat aku mengajar ada program studi Teknik Lingkungan. Menarik lho menurutku. Soalnya keilmuannya masa depan banget. Orang mah kan menghindari masalah limbah. Tapi mereka pakarnya...

    BalasHapus
  11. Klo lulusan manajemen bisa kerja dimana saja ya mas?

    BalasHapus
  12. banyak ya prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan. asal rajin nyari lowongannya insyaAllah dapat aja kerjaan

    BalasHapus
  13. Banyak temanku yang lulusan teknik, sampai sekarang masih kirim-kirim lowongan. Mungkin postingan ini perlu ku forward ke mereka supaya dapat lebih banyak refrensi.

    BalasHapus
  14. Lebih ke lapangan gitu ya kak? Aku jurusan Sasing tapi pengin concern juga ke lingkungan akhir-akhir ini. Ini prospek berarti ya kak karena kebutuhannya banyak dan harus profesional

    BalasHapus
  15. Banyak juga ya ternyata prosepek untuk sarjana teknik lingkungan. Kebetulan saya enggak punya teman dari teknik lingkungan, eh ada sih tapi teman di dumay dan saya tahunya dia PNS gitu. Jadi informasi ini menambah pengetahuan saya, thx

    BalasHapus
  16. kakak sepupuku juga ada yang di teknik lingkungan nih dan memang bekerja sesuai dengan backgorund nya yaitu di pengujian kualitas air. Seru banget sih emang jadi anak teknik, karena aku jg anak teknik, tapi teknik kimia hehe

    BalasHapus
  17. Prospeknya bagus banget ya klo bisa sekolah di bidang teknik apalagi spesialis lingkungan begitu. Sekarang ilmuwan teknik lingkungan kayaknya paling banyak dicari ya. Karena banyak yg membutuhkan.

    BalasHapus