Ketahui Apa Saja Gejala Penyakit Diabetes yang Harus Diwaspadai!

Selama ini banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya sedang mengalami penyakit diabetes. Hal ini akibat kurangnya pengetahuan tentang gejala penyakit diabetes. Sebenarnya ketika mulai menyerang penyakit diabetes selalu memiliki gejala awal. Akan tetapi, banyak orang yang mengabaikan gejala tersebut hingga pada akhirnya penyakit diabetes menjadi semakin parah. Penyakit ini jika terus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada organ lainnya seperti mata, saraf, ginjal, jantung dan pembuluh darah. Lalu apa saja gejala penyakit diabetes? Simak ulasan di bawah ini. 

Sumber Gambar: BoaConsulta.com


Apa Itu Penyakit Diabetes? 


SumberGambar: DiabetesSelfManagement.com

Munculnya penyakit diabetes ditandai dengan kenaikan kadar gula darah melewati batas nilai normal. Penyakit ini bisa berlangsung cukup lama atau bisa disebut dengan penyakit kronis. Jumlah kadar gula yang terlalu banyak akan mengakibatkan terjadinya penumpukan dalam darah. 

Apabila diabetes ini tidak segera dikontrol dengan baik, maka bisa berakibat fatal. Sesuatu yang buruk bisa saja terjadi seperti timbulnya berbagai komplikasi yang sangat membahayakan nyawa. Nah, apa saja gejala penyakit diabetes baik gejala awal ataupun gejala utama? 

Gejala Awal Penyakit Diabetes 

SumberGambar: Diabetes.co.uk

Seperti yang diketahui penyakit diabetes merupakan penyakit kronis dan bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Lebih memprihatinkan lagi banyak orang yang tidak menyadari sedang menderita penyakit ini akibat tidak mengetahui apa saja gejala penyakit diabetes. Gejala penyakit ini sebenarnya dapat terbagi menjadi gejala utama dan gejala awal. Berikut ini merupakan gejala awal penyakit diabetes: 

  • Pandangan Kabur 
Jika sedang menderita penyakit diabetes maka ditandai dengan pandangan yang dari hari ke hari semakin kabur. Kondisi tersebut terjadi karena gula darah yang cukup tinggi dapat memicu adanya penumpukan protein di dalam lensa sehingga mengalami katarak. Kadar gula darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan pembuluh darah kecil di mata terganggu sehingga retina tidak bekerja dengan baik. 

  • Kaki Sakit dan Mati Rasa 
Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kerusakan pada saraf-saraf tubuh. Tidak semua orang merasakan gejala ini, tetapi pasti merasakan mati rasa. Sering kesemutan, dan rasa sakit pada tubuh terutama di bagian kaki. Biasanya gejala ini terjadi ketika seseorang sudah menderita diabetes selama 5 tahun atau lebih. 

  • Perubahan Keadaan Kulit 
Seseorang yang terindikasi diabetes akan mengalami perubahan keadaan kulit. Hal ini terjadi akibat kadar insulin cukup tinggi sehingga mendorong pigmen menimbulkan bercak hitam pada kulit. 

  • Gusi Merah dan Bengkak 
Penyakit diabetes akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan melawan infeksi. Akibatnya akan meningkatkan risiko infeksi pada gusi dan rahang gigi. Sehingga gusi akan bengkak dan mengalami luka. 

Apa Saja Gejala Penyakit Diabetes? 

Sumber Gambar: Accu-chek.com.my

  • Berat Badan Menurun Secara Berangsur-angsur 
Gejala penyakit diabetes dapat terlihat dari berat badan yang menurun secara berangsur-angsur. Seseorang yang mengalami diabetes, berat badannya akan menurun drastis dan signifikan. 

  • Nafsu Makan Meningkat 
Gejala penyakit diabetes selanjutnya adalah nafsu makan meningkat. Kondisi ini terjadi karena sel dalam tubuh membutuhkan asupan glukosa yang lebih banyak. Asupan glukosa tersebut bisa diperoleh melalui makanan. 

  • Sering Buang Air Kecil 
Sering buang air kecil pada malam hari juga bisa menjadi salah satu dari apa saja gejala penyakit diabetes. Gejala ini menjadi salah satu yang paling dipahami oleh penderita penyakit diabetes. Hal tersebut karena buang air kecil merupakan gejala awal dari diabetes. Ketika dalam kondisi ini alangkah baiknya segera pergi ke dokter. 

  • Lambatnya Penyembuhan Luka 
Gejala penyakit diabetes selanjutnya adalah penyembuhan luka sangat lambat. Kadar gula darah tinggi bisa mempengaruhi aliran darah sehingga menyebabkan kerusakan saraf di tubuh sehingga mengganggu proses penyembuhan luka. 

  • Rentan Terserang Infeksi 
Ketika mengalami penyakit diabetes mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terserang infeksi bakteri maupun jamur. Mikroorganisme tersebut membutuhkan asupan glukosa sebagai sumber energi. Biasanya infeksi tersebut terjadi pada lipatan kulit yang lembab dan hangat. 

Bagi penderita diabetes akan sangat dianjurkan untuk memahami apa saja gejala penyakit diabetes baik gejala awal ataupun gejala utama. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan penanganan yang tepat terhadap penyakit ini. 

Itulah informasi mengenai apa saja gejala penyakit diabetes yang harus diwaspadai. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal penyakit diabetes? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya. 
Cheers!

16 komentar

  1. aku baru tau kalau ternyata perubahan warna Kulit dan gusi memerah juga termasuk gejalanya. berarti cek kesehatan juga penting ya

    BalasHapus
  2. Membaca tentang penyakit diabetes lgsg teringat anak tetangga yang sudah menderita diabetes akut, bahkan sampai komplikasi dan timbul penyakit lain. Jadi kita hrs waspada ya, dengan adanya tanda-tanda atau gejala awal atau bahkan akibat yang disebabkan oleh penyakit ini, kita harus secepatnya mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat ....TFS mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di keluarga saya, ayah yg kena. badannya makin mengurus. jd yg perlu ditangani adalah perbaikan gizi dan pengobatan penyakitnya

      Hapus
  3. Artikel bermanfaat kak, apalagi diabetes ini merupakan salah satu penyakit yang perlu perhatian ekstra

    BalasHapus
  4. Wah, ternyata diabetes ini gejala dan penyebabnya banyak juga ya, Mas. Selama ini, saya tahunya, kalau diabetes, tidak boleh banyak makan makanan yang mengandung luka, juga usahakan jangan ada luka, karena lama sembuh. Ternyata harus diperhatikan banyak hal.
    Terima kasih sharingnya, Mas Bimo.

    BalasHapus
  5. Wah harus waspada sejak dini ya, mas? semoga kita terbebas dari penyakit diabetes.. amin..

    BalasHapus
  6. tetangga saya ada yang menderita diabetes, memang berat badannya jadi turun drastis. Selagi masih muda memang kita harus bisa menjaga pola makan biar terhindar dari diabetes ini

    BalasHapus
  7. Eyang kakungku dulu juga Punya diabetes. Memang harus telaten merawatnya biar gula darahnya tetep stabil. Alhamdulillah sehat. Btw, gejalanya banyak Juga ya.. jadi was-was. Kayanya perlu check up biar tenang nih.

    BalasHapus
  8. Bener-bener harus aware sejak awal ya, sebelum terlambat. Untung ada update post dari web CekAja. Jadi bisa kroscek gejala, sambil tetap periksa ke tenaga medis.

    BalasHapus
  9. Diabetes ini memang silent killer yah, tiba-tiba aja menyerang dan bikin susah (kayak gampang infeksi/luka tidak sembuh-sembuh). Jadi khawatir dengan diri sendiri, apalagi karena suka konsumsi minuman manis :(

    BalasHapus
  10. Artikelnya bermanfaat ini dan jadi tahu gejala diabetes. Mana aku ya ada keturunan diabetes juga, jadi mesti waspada banget. Baca artikel ini malah jadi tahu kalau ada perubahan warna kulit juga harus diwaspadai ya

    BalasHapus
  11. Mesti lebih menjaga kesehatan sejak dini ya, penyakit diabetes soalnya mengundang banyak penyakit lainnya untuk datang juga. Waspadai dan tangani sejak dini biar gak berlarut-larut penyakitnya

    BalasHapus
  12. Tanda2 ini sebaiknya dilihat ketika mulai berumur berapa ya kak? Karena aku baca casenya sih diabetes sebenernya bisa juga dialami pas masih muda. Nah, perlunya menjaga kesehatan ya ini, yuk mari semua sayangi badaaan *sekaligus self reminder

    BalasHapus
  13. Ini penyakit jangan dianggap enteng. Kalau sudah tau dan muncul gejala, harus segera diobati. Biar ga semakin parah.

    BalasHapus
  14. Ternyata untuk gejala awalnya diabetes yg paling kelihatan itu sering kencing malam.. wah nambah ilmu nih

    BalasHapus