Informasi Lengkap Cara dan Syarat Pembuatan Paspor Anak 2019

Travelling menjadi salah satu aktivitas yang digemari banyak orang. Tidak hanya di dalam negeri tetapi juga ke luar negeri. Jalan-jalan ke luar negeri bukanlah suatu impian yang berlebihan karena sudah ada banyak paket akomodasi murah yang bisa dipilih. Jika ingin pergi ke luar negeri tidak hanya mempersiapkan uang tetapi juga harus memiliki paspor. Sudah merupakan peraturan universal bahwa warga negara asing masuk ke suatu negara harus dilengkapi dengan paspor, tanpa terkecuali anak-anak. Bagi anak-anak yang ingin pergi keluar negeri, berikut merupakan cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019

Sumber Gambar: blog.vitalcheck.com


Cara dan Syarat Pembuatan Paspor Anak 2019 

Membuat paspor untuk anak-anak sebenarnya tidak sulit, hanya saja memang membutuhkan banyak persiapan dan syarat yang harus dipenuhi. Berikut merupakan cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019 yang bisa menjadi referensi membuat paspor untuk anak-anak.

  • Menyiapkan Syarat Dibutuhkan 
Sumber Gambar: Acehsatu.com
Cara pembuatan paspor anak 2019 sangatlah mudah. Namun akan lebih mudah jika syarat yang dibutuhkan sudah dipersiapkan sebelum berangkat ke kantor imigrasi. Syarat pembuatan paspor anak 2019, antara lain: 
  1. Akta kelahiran anak atau surat baptis (asli dan fotokopi kertas A4) 
  2. KTP asli orang tua dan fotokopi 
  3. Kartu Keluarga asli dan fotokopi 
  4. Buku nikah atau akta perkawinan kedua orang tua 
  5. Paspor kedua orang tua (fotokopi berwarna) 
  6. Materai Rp6.000 untuk menandatangani surat pernyataan orang tua 
Setelah semua syarat yang dibutuhkan telah lengkap, lalu dilanjutkan dengan cara pembuatan paspor anak 2019 tahap selanjutnya. 

  • Datang ke Kantor Imigrasi Bersama Orang Tua 
Ketika mengurus pembuatan paspor anak, maka anak dan orang tua harus datang ke kantor imigrasi. Orang tua harus datang karena nanti akan menandatangani surat pernyataan permohonan pembuatan paspor anak. Selain itu juga harus mendampingi anak ketika sesi wawancara. 

  • Menyerahkan Berkas, Mengisi Data dan Surat Pernyataan 
Cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019 selanjutnya adalah menyerahkan berkas ke Kantor Imigrasi dan mengisi data anak lalu membuat surat pernyataan bermaterai 6000. Setelah selesai maka akan diperiksa oleh petugas. 

  • Wawancara dan Foto 
Sumber Gambar: Thedadventurer.com
Setelah berkas yang dikumpulkan sudah diperiksa petugas dan sudah lengkap maka dilanjutkan ke sesi wawancara. Pada sesi wawancara anak harus didampingi oleh orang tua. setelah selesai anak akan difoto untuk keperluan paspor barunya nanti. 

  • Melakukan Pembayaran Paspor 
Setelah anak selesai difoto selanjutnya melakukan pembayaran paspor. Pembayaran ini bisa dilakukan melalui bank yang ditunjuk oleh pihak Imigrasi. Bisa dengan ATM, transfer bank dan pembayaran lainnya. Simpan bukti pembayaran untuk mengambil paspor anak ketika sudah jadi. 

  • Mengambil Paspor Anak 

Cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019 yang terakhir adalah mengambil paspor anak. Biasanya sebelum dilakukan pembayaran sudah diberitahu kapan paspor selesai dan siap diambil. Ketika mengambil jangan lupa membawa bukti pembayaran dan lembar pengambilan paspor anak. 

Tips Mengurus Paspor Anak 


Sumber Gambar: Kumparan.com

  • Jangan Mendadak 
Memiliki rencana liburan travelling ke luar negeri sudah sejak lama dan membawa serta anak. Berarti harus segera mengurus paspor anak. Jangan meremehkan hal ini karena sangat disarankan untuk mengurus paspor anak sejak jauh hari. Hal ini karena jika ada kekurangan dokumen masih bisa dilengkapi sebelum jadwal keberangkatan. 

  • Mencari Informasi 
Orang tua disarankan untuk mencari informasi tentang cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019 melalui kantor imigrasi. Jika mencari informasi langsung dari kantor imigrasi maka akan mengetahui update informasi terkini. 

  •  Fotokopi dan Materai 
Sebelum berangkat ke kantor imigrasi sebaiknya mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Teliti dokumen tersebut sudah lengkap atau belum dan fotokopi menggunakan kertas A4. Selain itu jangan lupa membawa materai. 

  • Tersenyum dan Rapi 
Sebelum berangkat ke kantor imigrasi sebaiknya menceritakan kepada anak bagaimana suasana saat pembuatan paspor. Hal ini cukup penting supaya si kecil tidak gugup saat sesi wawancara, pengambilan foto dan biometrik. 

  • Membawa Mainan dan Camilan 
Ketika mengurus paspor tentu harus terlebih dahulu mengantre, supaya anak tidak bosan dan jenuh menunggu maka bawakan mainan dan camilan kesukaannya. 

  • Datang Siang 
Biasanya antrian mengurus paspor di pagi hari sangat ramai dibandingkan siang hari. Untuk itu sebaiknya datang di waktu siang hari bersama anak. 

Itulah informasi mengenai cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal paspor anak? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya. 
Cheers!

18 komentar

  1. Perihal buat paspor anak adakah jalur khusus sendiri? Misalnya beda antre-an dengan jalur umum pembuatan paspor.

    Sebenarnya bagian wawancara itu agar rancu juga. Yang di wawancara anaknya atau orang tua? Karena di jelaskan saat sesi wawancara anak harus di dampingi orang tua. Bukan orang tua mendampingi anak.

    Estimasi waktu pembuatan paspor anak apa sama dengan pembuatan paspor biasa?

    BalasHapus
  2. Bagian wawancara itu, anaknya ya yang diwawancarai? Pertanyaannya kira-kira seperti apa? Untuk biaya paspor anak apa sama dengan dewasa?

    BalasHapus
  3. Mengingat saat ini anak sudah punya KTP aka KTA, masih perlukah ktp asli orang tua? ngebayangin yang single parent, beda rumah pake beda kota bahkan negara, mungkin?

    BalasHapus
  4. Bener banget mostly orang-orang suka travelling ya Kak Bimo. Begitu pun dengan aku, dan di 2020 aku pengen banget "pecah telok" jalan-jalan ke luar negeri. Udah nyiapin dokumen untuk buat pasport, lagi nyari waktu yang tepat aja. Biar nanti mau ngajak anak buat pasport atau jalan-jalan udah gak kaku hehe. Informatif sekaliii.

    BalasHapus
  5. Hal yang paling berat mungkin saat sesi foto anak, apalagi yang masih bayi. Gak bisa bayangi kalo bayi tersebut nangis. Yang jadi pertanyaannya, kalo sekarangkan pakai antrian online di aplikasi. Apakah anak yang buat paspor harus ikut didaftarkan lewat aplikasi atau bisa langsung di kantor imigrasi pas hari H?

    BalasHapus
  6. Infonya sangat membantu mempersiapkan pembuatan pasport anak.Tau sendiri kadang suka riweh kalo gak ngerti prosedur dan kelengkapan.

    BalasHapus
  7. Terimakasih ka infonya. Untuk biayanya sendiri, kira2 berapa sih biaya yg dibutuhkan untuk membuat paspor (mau paspor anak atau paspor dewasa)

    BalasHapus
  8. Bawa camilan dan mainan itu penting untuk mendistraksi mereka haha. Secara anak-anak kan mudah bosen. Dulu kalau aku ajakin ponakan jalan biasanya bawa kertas sama krayon. Mulai deh tuh dia coret-coret seru sambil nunggu.

    Semoga pelayanan kanim terutama di Kota Palembang semakin lebih baik. Amin.

    BalasHapus
  9. Sekarang makin simple saja ya, daftarnya saja bisa online dan bisa sekaligus daftarin anggota keluarga. Tips yang keren dan bermanfaat ini Bim. Saya share infonya untuk adik-dik saya.

    BalasHapus
  10. Pengalaman bikin paspor anak di Palembang datang pagi lebih menguntungkan karena kalau datang siang dan ga keburu ngantri buat foto, disuruh lagi balik keesokan harinya.

    BalasHapus
  11. makasih banyak bimo infonya. Mungkin pengalaman saya bikin passport untuk anak-anak saya bisa jadi informasi tambahan juga. Di tiap kantor imigrasi juga punya jalur khusus yang diperuntukan untuk batita, ibu hamil, dan lansia. Ada yang waktu jalur khusus terbuka dari pagi sampai sore, ada juga kantor yang memberlakukan jalur khusus hanya dimulai dari pagi hari dan terbatas untuk 15 kuota. Saran saya bisa mencari tahu info lebih detail di sosial media punya kantor imigrasi yang dituju

    BalasHapus
  12. Jadi inget pas bikin paspor tahun lalu, konter khusus anak mencuri perhatian banget. Petugas imigrasi melakukan segala cara biar si bocah mau ngeliat ke kamera 😹

    Makasih infonya,Bim ...noted untuk agek kalau sudah punyo anak 😹

    BalasHapus
  13. Belum pernah bikin paspor. Semoga kapan-kapan saya bisa jalan-jalan ke luar negeri. Oiya sebelumnya makasih kak infonya nih menarik

    BalasHapus
  14. Jangan mendadak itu perlu dicatat besar dan bold. He he soalnya yg rempong sekampung kalo urusan dadakan. Makasih infonya Bim

    BalasHapus
  15. Mantep nih infonya, semoga nanti kalau udah punya anak bisa jalan-jalan keluar negeri hehehe, makasih atas infonya

    BalasHapus
  16. Waaah.. makasih, Bim. Artikel bermanfaat banget ni. Siapa tau nanti giliran Faraz mau bikin passport. Tinggal siapin dokumennya yaaa...

    BalasHapus