Perlengkapan yang Harus Dibawa Pemula Ketika Pertama Ke Luar Negeri

Siapa di sini yang pertama kali akan pergi ke luar negeri? Rasanya pasti deg-degan dan sedikit cemas. Aku masih ingat beberapa tahun lalu, ketika waktu berangkat makin hari makin dekat, kepalaku blank. Meski sudah baca-baca persiapan apa saja yang harus dilakukan, tapi aku tetap was-was.

Pikirku, pengalaman pertama pergi ke luar negeri bisa jadi sesuatu yang luar biasa atau malah jadi malapetaka jika kita tidak mempersiapkannua dengan matang. Untunglah, setelah 'sadar' aku mulai menulis hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan.

Sumber Gambar: Freepik.com

Sebagai pemula, orang kira pergi ke luar negeri hanya modal paspor doang. Ku pun mengira demikian. Tapi, ternyata perintilannya itu loh banyak banget. Gak mau kan kalo tiba-tiba tersasar di negeri orang? Terus kalau ada satu dan lain hal yang terjadi di luar kuasa kita tapi kita nggak ada persiapan apa-apa? Pastinya bikin berabe dan bete.

Nah, ketika kemarin pertama pergi, aku menyusun barang-barang apa saja nih yabg harus dibawa. By the way, ini preferensi masing-masing ya. Tapi aku berharap beberapa hal di bawah bisa jadi check list kalian kalau ingin berpergian.

Perlengkapan Dokumen Penting

  1. Paspor
  2. Bookingan Hotel
  3. Bookingan Tiket Pesawat
Paspor, bookingan tiket, dan hotel jadi barang wajib yang harus dibawa. Hal ini menentukan keberlangsungan kita sebagai pemula ketika ingin bepergian. Paspor dibawa sebagai identitas warga negara Indonesia. Sementata bookingan tiket dan hotel diperuntukkan sebagai bukti bahwa kita benar-benar datang ke negara tujuan dengan tujuan berlibur. Hal ini penting mengingat terkadang saat memasuki proses pengecekan di imigrasi, dokumen-dokumen ini diminta sebagai syarat kita berkunjung.

Tips nih. Kalau aku selalu berusaha memindai (menscan) dokumen penting seperti paspor dan ktp lalu masukkan ke dalam cloud dan ponsel. Ini sebagai upaya pencegahan bila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan seperti paspor hilang atau kejadian lainnya. Dokumen penting seperti ini bisa jadi barang yang memudahkan segala proses hingga kita nantinya selamat kembali ke Indonesia.

Perlengkapan Sehari-Hari

  1. Pakaian
  2. Handuk
  3. Alat Mandi
Aku selalu menyiapkan waktu tersendiri untuk packing. Hal ini semata-mata karena aku sering terbang dengan pesawat low cost carrier sehingga perkara perlengkapan sehari-hari ini jadi yang kruisial. Nggak mau kan kalau tiba-tiba disuruh bayar bagasi karena kelebihan beban? Selain itu juga, aku mewanti-wanti perlengkapan ini agar saat jalan, semuanya jadi nyaman.

Nah, dalam hal ini, aku selalu berusaha bawa pakaian yang bisa di-mix and match. Gak perlu tampilan yang ganti tiap hari. Asal kita mampu memadupadankan, maka tampilan buat eksis sehari-hari terkesan pakai baju yang beda terus. Selain itu bawa pakaian yang sesuai kebutuhan. Misal ingin bepergian di tengah kota carilah yang nyaman dipakai. 

Pun dengan handuk. Kadang bila menginap di hostel, handuk dikenai biaya tambahan. Bawalah handuk kecil yang sekiranya bila dilipat tidak memakan banyak ruang di tas. Alat-alat mandi juga sebaiknya disimpan dalam wadah khusus sehingga gak susah ketika akan digunakan. 

Tips nih. Bawa alat mandi secukupnya. Pesawat tidak memperbolehkan membawa cairan lebih dari 100ml. Jadi usahakan di bawah itu. Dan beberapa hostel menyediakan sabun mandi yang dapat dipakai. Jika memang kesulitan, mending beli peralatan mandi yang esensial di negara tujuan ya!

Perlengkapan Eksis

  1. Kamera
  2. Ponsel
  3. Charger
  4. Powerbank
  5. Colokan Listrik Universal
  6. Kartu SIM/Modem
Liburan tanpa foto-foto mengabadikan momen rasanya hambar kan ya? Maka dari itu, aku selalu bawa barang-barang di atas sebagai sarana buat eksis. Biasanya aku membawa kamera mirrorless untuk sekadar foto lansekap. Untuk kubagikan di media sosial, cukup menggunakan ponsel. Kameranya cukup mumpuni buat dipakai jalan-jalan.

Esensi wajib yang harus dibawa adalah powerbak. Ya kadang kita jalan-jalan seharian yang nggak memungkinkan untuk mencari colokan bila ponsel kita kehabisan daya. Dan powerbank ini penyelamat. Dan jangan lupa bawa colokan universal. Lubang colokan negara lain biasanya berbeda dengan colokan di Indonesia. Gak mau kan semua kehabisan daya tapi gak bisa diisi karena berbeda lubang colokan?

Yang paling penting sih ini, kartu sim! Memang di luar negeri beberapa spot menyediakan wifi gratis. Akan tetapi itu nggak praktis kan? Kartu SIM atau modem memungkinkan kita buat mengakses internet untuk berbagai keperluan misalnya balas chat, liat peta bahkan buat eksis. Sekarang banyak paket internet dari provider lokal yang menyediakan kuota roaming. Namun, tak sedikit yang menjual kartu sim khusus yang dapat dipakai di luar negeri. Pun kita dapat menyediakan modem yang biasa diambil di bandara tujuan.

Tips nih. Aku selalu membawa semua barang di atas dalam tas kecil yang bisa dipakai buat jalan-jalan. Jadi gak perlu bawa tas ransel. Jadi lebih mudah.

Perlengkapan Perjalanan

  1. Botol Minum
  2. Kantong Plastik
Mungkin banyak yang tanya, buat apa sih bawa dua hal di atas? Kalau aku sih bawa botol minum karena pada saat ke luar negeri aku sering sekali jalan. Dan ya botol minum aku bawa sebagai bekal nggak haus di jalan. Terus kok nggak beli? Di negara seperti Singapura, satu botol minum harganya bisa 2 dollar singapura atau Rp 20.000! Nah dengan botol minum, aku bisa isi di hostel/hotel terlebih dahulu. Atau di beberapa spot menyediakan air minum gratis. Jadi nggak keluar biaya lagi!

Kantong plastik pun demikian. Aku menggunakannya untuk jaga-jaga beragam keperluan. Misalnya untuk baju kotor, atau beberapa hal yang memungkinkan penggunaan kantong plastik. Cukup bawa 1 atau dua sebagai cadangan.

Perlengkapan Kesehatan

  1. Vitamin
  2. Koyo
  3. Obat Flu
  4. Obat Diare
Beberapa obat di atas adalah obat wajib yang kubawa buat jaga-jaga. Fungsinya agar saat jalan-jalan jadi lebih nyaman. Vitamin membantu buat jaga imun karena di luar negeri kita pasti lelah. Koyo kupakai buat mengatasi pegal-pegal karena jalan seharian. Dua obat lainnya itu adalah obat sakit yang jika tidak dimakan bisa bikin liburan jadi bencana karena sakit berkepanjangan.

Perlengkapan Aplikasi

  1. Traveloka
  2. AirBnB
  3. Moovit
  4. Maps
  5. Grab
Mungkin banyak yang sudah paham apa saja kegunaan aplikasi di atas. Intinya, semua aplikasi di atas menunjang mobilitas kita saat di luar negeri. Khusus untuk moovit dan maps, kadang aku mengira-ngira kunjungan ke tempat selanjutnya dengan melihat jadwal transportasi yang ada di aplikasi ini. Jadi nggak bingung dan tersasar.

Nah, itulah beberapa perlengkapan yang aku pasti bawa ke luar negeri saat pertama kali. Kurasa itu sudah cukup lengkap untuk dipakai sebagai panduan perjalanan pertama kalian. Ada ide atau tambahan? Komen di bawah, ya!

Cheers!

16 komentar

  1. Pastinya saya tidak akan pernah lupa sama kamera
    Karena tujuan perjalanan salah satunya adalah menimbun stok konten

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat sekali kk,
    Terima kasihhh 😎
    Nanti gampang kalau aku pas mau ke Luar Negeri 🙏

    BalasHapus
  3. Meskipun bepergian ke tempat yg dekat, saya gak pernah lupa bawa plastik dan kresek. Buat jaga2 segala kemungkinan. Termasuk persediaan cemilan

    BalasHapus
  4. Botol minum atau tumbler nih penting banget ya?
    Jangankan di luar negeri,
    Kemarin teman saya nonton di bioskop di Jakarta dan keki karena sebotol air minum harganya hampir sama dengan ticket film 😁😁😁

    BalasHapus
  5. Aku malah belum pernah ke luar negeri, Bim, dan entah kapan. Infomu bermanfaat banget, tapi ada satu yang kelupaan, masker. Dan masker yang aman karena jaga-jaga wabah Covid-19.

    BalasHapus
  6. Sama, Bim. Barang2 penting aku masukan semua ke tas kecil salempang dan baju2 dimasukan di ransel. Kalau mau tidur di bus/kapal/pesawat/bandara, tas kecil selalu aku peluk

    BalasHapus
  7. Banyak nian eh persiapan berangkat keluar negeri ni. Eh kan diartikel belum di kasi tips Bawak uang cash negara tersebut atau uang elektronik buat berbelanja? Kan ini belum tau kalau lokasi tersebut pake cash atau apolah.

    BalasHapus
  8. Wah lengkap sekali Kak Bimo! Bkalan dibaca ulang nih kalo sudah deket denga waktu perjalanan pertama Rumi ke Luar Negeriiii. Bermanfaat sekaleee, thanks Kak Bim.

    BalasHapus
  9. Wah, sangat bermanfaat om info ny

    BalasHapus
  10. Begitu sampai di bagian koyo, terasa geli ;) bagian ini antara penting gak penting, tapi kalo aku lebih memilih membawa minyak telon (mirip2 ga jelas ya), mungkin untuk perempuan akan ada tambahan make up ringan? plus selembar kain alas tidur. Entah kenapa bagian ini selalu aku bawa sebagai alas tambahan ketika aku pergi. suka ga percaya sama penginapan dimanapun meskipun bintang lima sekalipun -o-

    BalasHapus
  11. Scan dokumen itu penting banget emang, Bim. Aku juga biasanya cetak beberapa dan simpan di tempat terpisah (di daily pack dan backpack), bawa pas foto juga kalau diperlukan mendadak (karena pernah baca kalau kehilangan dokumen beberapa kantor perlu pas foto).

    Kalau obat diare, selalu sedia norit. Ini obat sudah terbukti beberapa kali jadi penolong hwhw.

    BalasHapus
  12. Makasih ka infonya
    Tapi sepertinya sebelum pergi ke luar negeri persiapkan dulu budget liburannya ya hahahah
    Boleh dong ka share cara2 dpetin diskonan tiket pesawat ke luar negeri hhha

    BalasHapus
  13. Iya ya, obat angin itu gak bisa dibeli di semua tempat kayak di sini ya. Makasih infonya. Noted.

    BalasHapus
  14. Untuk handuk, sekarang ada handuk-handuk yang bahannya microfiber dan dilipat bisa kecil banget. Gak makan tempat, walau kadang pas dipakai rasanya kurang nyaman.

    Trus alat mandi juga bawanya yang di kemasan kecil-kecil hehehe.

    BalasHapus
  15. Aku suka bangeeet ini lengkaaap listnya dan ada tipsnya 😂 nah untuk emak2 kayag aku tinggal ditambahin dengan perlengkapan anak deh 😉

    BalasHapus
  16. tipsnya lengkap bisa nih dipraktekkin pas aku berangkat haji nanti. btw perjalanan ke domestik juga masih butuh juga loh perlengkapan kaya gini. satu lagi aku mau nambahin ke LN jangan lupa bawa berkas2 juga kaya visa dan ktp, surat2 penting lain jgn sampe ketinggalan cz itu ibarat NYAWA klo ke LN...

    BalasHapus